4 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Protein dari Telur

4 bahan makanan alternatif pengganti protein dari telur

4 bahan makanan alternatif pengganti protein dari telur
Sumber: Designed by Freepik

Tak dapat dipungkiri telur ayam menjadi salah satu bahan makanan yang sering kita gunakan sehari-hari. Selain kaya akan kandungan protein, telur juga mudah didapatkan dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Dari sisi harga pun telur cukup terjangkau.

Ada banyak jenis olahan makanan sehari-hari yang menggunakan bahan telur. Misalnya telur dadar yang biasanya digunakan sebagai lauk pelengkap dan disajikan dengan nasi atau kentang. Ada juga telur rebus yang kemudian diberikan berbagai bumbu untuk memberikan rasa. Tak hanya itu telur juga kerap menjadi bahan ketika membuat kue.

Beberapa hari lalu harga telur sempat melonjak tinggi mencapai Rp 30.000 per kg. Padahal harga normal biasanya hanya sekitar Rp 22.000 hingga Rp 24.000 per kg. Mengatasi melonjaknya harga telur, yuk simak bahan makanan lain yang juga kaya akan protein dan dapat mudah untuk didapatkan sebagai bahan makanan sehari-hari

  1. Bahan Makanan dari Susu

Susu dan bahan makanan lain dari susu dapat menjadi bahan pengganti telur yang aman untuk tubuh kita. Beberapa bahan makanan yang mengandung susu di antaranya: keju dan yoghurt. Bahan-bahan makanan tersebut kaya akan protein dan kalsium yang baik bagi tubuh kita.

2. Bahan Makanan dari Biji Gandum

Beberapa bahan makanan yang terbuat dari biji gandum adalah tepung gandum dan roti gandum. Meski tidak memiliki kandungan protein yang sama, karena biji gandum ini tidak memiliki kandungan asam amino seperti layaknya yang ada pada telur. Namun bahan makanan dari biji gandum ini tetap sehat dan bergizi untuk dikonsumsi.

3. Tahu

Tahu yang terbuat dari bahan kedelai berkhasiat menurunkan berat badan dan kadar kolestrol di dalam tubuh. Mengkonsumsi setengah cangkir tahu berkhasiat memberikan 10 gram protein untuk tubuh.

4. Buah Apel, Pisang, Labu atau Alpukat

Ternyata buah-buahan juga dapat memenuhi kandungan protein untuk tubuh lho. Untuk buah apel dapat diolah menjadi saus apel dengan ditambah perasa kayu manis atau pala. Sedangkan untuk pisang Anda cukup menumbuknya dan mencampur dengan bahan makanan sesuai selera Anda. Untuk buah alpukat dan labu, untuk setiap takaran 65 gram kandungan proteinnya sama dengan 1 buah telur.

Nah, itu tadi bahan-bahan makanan alternatif pengganti telur yang juga kaya akan protein. Meskipun kini harga telur sudah normal kembali, bahan-bahan makanan ini dapat Anda pilih menjadi pengganti pengisi kandungan protein pada tubuh Anda. Selamat mencoba, Alcartian!

Baca juga : 6 Barang ini Bisa Bikin Anak Kembali Semangat saat Sekolah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here