4 Langkah Cara Melamar Kerja yang Benar Tahun 2019 – Ngobral Eps. 25

Cara Melamar Kerja yang Benar
Sumber: freepik

Mimpimu dapat terwujud tahun ini! Untuk mengejar cita-cita sesuai dengan yang kamu harapkan, jelas dibutuhkan usaha dan doa yang penuh keyakinan. Dan, mengenai bagaimana cara melamar kerja yang benar, jelas harus dilakukan agar posisi yang kamu inginkan dapat kamu miliki.

Bekerja di sebuah perusahaan yang diinginkan dengan jabatan yang kamu minati merupakan sebuah hal yang tidak lagi dipungkiri untuk diinginkan oleh kebanyakan orang. Hal itu memang menjadi impian besar bagi banyak orang untuk menekuni hal yang mereka sukai dan sudah menjadi tujuan hidup yang telah direncanakan. Di tahun 2019 ini pun, kamu bisa memperoleh kesempatan untuk kembali mencari peluang yang sesuai dengan kemampuan dan hobi yang kamu miliki.

Namun, seringkali yang menjadi kekhawatiran banyak orang dalam melamar pekerjaan adalah ketakutan atau kekhawatiran akan ditolak. Bisa karena alasan CV dan surat lamaran yang tidak sesuai, proses interview yang dibayangkan begitu menakutkan, hingga rasa bingung untuk berpenampilan yang baik seperti apa agar dapat sesuai dengan standar perusahaan yang kita lamar.

Di video Ngobral (Ngobrol Bareng Alfadigital) episode 25 ini, kamu akan menemukan banyak tips atau cara melamar kerja yang benar untuk kamu terapkan dalam mencari pekerjaan baru di tahun 2019 ini. Apa saja yang dibahas untuk membuat kamu berhasil melalui proses melamar kerja? Berikut tipsnya.

4 Langkah Cara Melamar Kerja yang Benar

Melamar suatu pekerjaan bukanlah yang mudah, namun juga bukal hal yang perlu dikhawatirkan. Empat langkah berikut dapat kamu lakukan ketika kamu ingin memulai untuk mencari tempat bekerja yang baru, yang menurutmu lebih sesuai dengan tujuan hidupmu. Yuk, simak keempat langkah cara melamar kerja yang benar agar kamu bisa berhasil mendapatkan posisi di perusahaan impian kamu.

1. Buatlah CV (Curriculum Vitae) semenarik mungkin

Contoh CV yang baik dan menarik dapat mencuri perhatian HRD yang bertugas sebagai ‘pintu pertama’ lamaran kerja kamu masuk. Bedakan CV dengan resume. Resume adalah rincian pengalaman kerja dalam satu halaman saja sedangkan CV adalah rincian pengalaman dalam jumlah halaman yang banyak dan detail. Kamu harus memperhatikan secara detail, apa yang diminta oleh perusahaan. Yang jelas, buatlah CV atau resume dengan informasi yang jelas dan selengkap-lengkapnya.

Jika kamu melamar pekerjaan dalam bidang kreatif, seperti desain grafis, video designer, atau copy writer, sertakan juga portofolio lengkap hasil karyamu yang dapat meyakinkan HRD bahwa kamu orang yang tepat untuk posisi tersebut.

2. Lengkapi hal-hal yang perlu dibawa saat interview

Perusahaan pasti akan memberitahu lebih dulu apa saja yang harus kamu bawa saat interview. Usahakan kamu tidak mempersiapkannya secara mendadak. Biasanya, hal-hal yang perlu kamu bawa saat interview diantaranya Job Application Form, CV yang sudah dicetak, dan dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah, KTP, dan foto. Siapkan juga alat tulis untuk tes psikotes.

3. Bijaksana dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan interview

Dalam menghadapi proses interview, usahakan dirimu tidak grogi di awal. Minum air putih dan atur nafas merupakan hal jitu yang dapat kamu lakukan sebelum menemui pewawancara. Kamu juga perlu memberikan jawaban yang detail dan jujur tentang dirimu sendiri. Tetaplah percaya diri selama proses interview, namun jangan berlebihan, karena itu justru dapat mengurangi penilaian dirimu.

4. Kenakan pakaian yang rapi dan sopan saat interview

Selain kelengkapan dokumen yang harus kamu siapkan, penampilanmu sendiri pun juga harus diperhatikan. Kenakan pakaian yang rapi dan sopan, hindari menggunakan celana pendek bahkan sendal jepit. Berusahalah berpenampilan seprofesional mungkin. Perhatikan juga aroma tubuhmu agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Sudah tahu kamu akan melamar pekerjaan di mana? Sudah tahu minat dan bakat apa yang kamu miliki? Alfacart.com juga mengajak kamu untuk menjadi bagian penting dalam menghadapi era digital yang penuh tantangan. Siap bergabung dengan kami? Cek di sini, ya. Selamat berjuang!

Baca juga: 7 Film Keren Wajib Tonton di 2019 – Ngobral Eps. 24

alfacart.com – belanja online jadi dekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here