4 Makanan ini Boleh Kamu Konsumsi Usai Olahraga

Makan usai olahraga? Temukan 4 makanan yang boleh kamu konsumsi usai olahraga.

4 Makanan yang boleh Kamu Konsumsi Usai Olahraga
Designed by Freepik

Banyak di antara kita yang bingung untuk memulai hidup sehat. Padahal ada banyak pilihan jenis olahraga ringan yang bisa kita lakukan, seperti: jogging, senam, bersepeda, dan lainnya. Nggak perlu khawatir juga lho, Alcartian. Usai berolahraga ternyata kita tetap boleh mengkonsumsi makanan. Yuk, cari tau 4 pilihan menu makanan yang boleh kamu konsumsi usai olahraga.

Hal yang wajar jika setelah berolahraga kita lapar dan ingin segera mengkonsumsi makanan. Tapi kembali lagi, jika mengingat tujuan olahraga ialah untuk menjaga kesehatan dan menjaga berat badan, maka kamu harus selektif memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi usai olahraga. Jangan sampai karena salah pilih makanan, hasil olahraga kamu jadi tidak maksimal dan sia-sia.

Faktanya setelah olahraga, otot menggunakan glikogen sebagai bahan bakar. Nah, untuk mengembalikan kadar glikogen tersebut, maka diperlukan makanan bernutrisi. Makanan bernutrisi ini dapat membantu proses tersebut lebih cepat. Berikut 4 pilihan menu makanan yang boleh kamu konsumsi usai olahraga.

  1. Buah-buahan

Pastinya buah-buahan ada di daftar nomor 1 nih. Selain menyegarkan, buah-buahan juga punya pemanis alami yang berguna mengembalikan energi yang hilang. Buah apa saja sih yang boleh dikonsumsi usai olahraga? Kamu bisa konsumsi pisang. Pisang memiliki antioksidan yang berguna meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. Selain pisang, pilih buah yang banyak mengandung air agar tubuh kembali fit dan segar. Blueberry, kiwi, atau nanas bisa menjadi pilihan yang tepat. Buat kamu yang nggak suka buah-buahan tenang aja. Masih ada pilihan menu makanan lainnya. Simak di bawah ini.

2. Ikan Salmon

Nggak perlu diragukan lagi, kalau salmon merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk kamu yang ingin tetap ramping dan sehat. Salmon ini kaya akan protein dan asam lemak Omega-3 yang dapat memulihkan tubuh dengan cepat. Kamu bisa olah ikan salmon ini dengan cara dipanggang, dibakar atau diasap.

3. Roti Gandum + Telur Ayam

Nah, kalau mau yang lebih mudah disajikan kamu bisa pilih menu roti gandum + telur ayam. Roti gandum mengandung banyak serat yang dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang saat berolahraga. Sedangkan telur kaya protein dan lemak baik yang berguna untuk pertumbuhan otot. Kombinasi yang tepat banget kan? Nah untuk pengolahannya kamu bisa rebus telur dan letakkan di atas roti yang telah dipanggang.

4. Roti Gandum + Daging

Kata siapa kamu nggak bisa makan enak abis olahraga? Ternyata kamu boleh konsumsi daging usai olahraga lho. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, roti gandum bisa mengembalikan energi tubuh kamu yang hilang usai olahraga. Nah kamu bisa ganti telur ayam dengan daging lho. Caranya masak daging cincang dengan bawang merah, kecap manis, lada, saus tomat, dan garam selama 5-7 menit.

Selain memerhatikan menu makanan, kamu juga harus memerhatikan konsumsi air putih. Idealnya kita disarankan untuk minum air putih sebanyak 250 ml, 30 menit setelah berolahraga. Itu tadi beberapa pilihan menu makanan yang boleh kamu konsumsi usai olahraga. Selamat mencoba, Alcartian!

Baca juga: Cara Terbaik Agar Bahan Masakan Yang Kamu Olah Tidak Kehilangan Nilai Gizinya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here