5 Acara TVRI Zaman Dulu Yang Bikin Kangen Generasi 80-an, Ternyata Ada Si Unyil!

Berikut 5 Acara TVRI Zaman Dulu Yang Berkesan Sebagai Hari Peringatan TVRI Tanggal 24 Agustus Ini. Selain Si Unyil, Apa Lagi Ya Yang Sulit Dilupakan?

5 Acara TVRI Zaman Dulu

Siapa yang tahu apa program TV pertama yang muncul di Indonesia? Ya, betul sekali, jawabannya adalah TVRI atau Televisi Republik Indonesia. TVRI pertama kali mulai mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Berkali-kali merubah logonya, berkali-kali memberikan tayangan seru dan ‘menyehatkan’ bagi kebutuhan tontonan masyarakat Indonesia saat itu. Dan, yang paling membanggakan adalah, siaran pertama yang ditayangkannya yaitu upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Tentunya, saat itu masih berupa siaran hitam putih.

Berhubung pada tanggal 24 Agustus ini adalah hari peringatan TVRI, mari kita bernostalgia lagi dengan beberapa tayangan TVRI jadul yang paling berkesan, apalagi bagi generasi 80-an masa kini. Biar seru, kamu juga bisa berdiskusi dengan orang tua kamu loh kira-kira acara TVRI zaman dulu mana saja yang paling sering mereka tonton. Beberapa diantaranya juga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kaum milenial masa kini, karena pasti saudara ataupun orang tua kamu sering menyebutkannya sehari-hari.

Baca juga: Kisah Sedih di Balik Lomba 17 Agustus yang Populer. Ada yang Baru Tahu?

5 Acara TVRI Zaman Dulu Terbaik Yang Paling Sulit Dilupakan

Siapa sangka ternyata “Si Unyil” sudah ada sejak tahun 70an loh! Salah satu tayangan TVRI jadul ini memang sering ditayangkan kembali di stasiun TV yang berbeda. Meski kualitas gambar yang diberikan saat itu tidak se-modern sekarang, namun jangan salah, ternyata pihak pemerintah tidak pernah lelah memberikan tayangan hiburan dan berita yang terbaik bagi masyarakat.

Hal tersebut terbukti dari adanya bentuk acara yang sama dibuat di era modern masa kini dan membuat orang tua kita dan juga generasi 80-an seperti dibawa ke masa-masa indah bersama TVRI. Jadi, biar gak makin penasaran, yuk, kita lihat apa saja 5 Acara TVRI Zaman Dulu yang masih membekas di hati sampai bikin senyum-senyum sendiri saat mengingatnya.

1. Si Unyil

Pasti sudah banyak diantara kita yang familiar dengan acara TVRI satu ini? Namun, siapa sangka ternyata Si Unyil sudah ada sejak 5 April 1981 sampai 1993 di TVRI. Si Unyil yang diciptakan oleh Suyadi ini, dulu selalu mengudara setiap hari Minggu pagi untuk menghibur anak-anak Indonesia. Tidak hanya generasi 80, anak-anak masa kini juga pasti sudah mengenal tema lagunya yang dimulai dengan kata-kata “Hom-pim-pah alaiyum gambreng!”. Lucunya, karena film ini juga kita mengenal Pak Ogah yang khas dengan kalimatnya “Cepek dulu dong!”.

2. Oshin

Tidak hanya bagi kaum 80-an, film ini ternyata juga berbekas bagi orang tua kita loh! Serial TV Jepang yang ditayangkan NHK sejak 4 April 1983 sampai 31 Maret 1984, menceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura (Tanokura Shin) dalam era Meiji sampai awal 1980-an. Ia dipanggil “Oshin” dan harus menjalani kehidupan yang keras sejak kecil hingga dewasa. Sampai akhirnya ia berhasil berjuang menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya. Serial TV ini terdiri dari 297 episode sepanjang 15 menit yang selalu dinanti-nantikan.

3. Dunia Dalam Berita

“Dunia dalam berita!” merupakan slogan yang tidak asing lagi. Tayangan TVRI jadul yang sebelumnya bernama Berita Dunia ini merupakan siaran program berita mancanegara di TVRI yang ditayangkan setiap hari pukul 21:00-21:30 WIB. Sesuai dengan namanya, program ini berisi berita internasional. Durasi 10 menit terakhir biasanya diisi dengan berita olahraga dan prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di dunia. Sejak tanggal 6 November 1988 hingga 23 Agustus 2000, stasiun televisi swasta juga wajib menyiarkan acara ini dengan merelai langsung dari TVRI.

4. Aneka Ria Safari

Salah satu tayangan TVRI jadul ini bisa dibilang sukses besar pada masanya. Merupakan suatu variety show unggulan di tahun 1980-an, Aneka Ria Safari muncul dari ide seorang Eddy Soed yang khawatir akan kesukaan masyarakat Indonesia akan lagu-lagu barat dibandingkan lagu dalam negeri sendiri. Setelah bertemu dengan Menteri Penerangan, waktu itu Ali Moertopo, akhirnya acara ini menjadi sebuah tontonan yang paling dinanti-nantikan pemirsa TVRI.

5. Aku Cinta Indonesia (ACI)

ACI atau Aku Cinta Indonesia merupakan tayangan film yang yang menggambarkan kehidupan anak muda bernama Amir (Agyl Syahriar), Cici (Dyah Ekowati Utomo) dan Ito (Ario Sagantoro) yang disingkat menjadi ACI. Film tersebut memberikan pelajaran tentang nilai-nilai kepribadian anak dan remaja yang bertanggung jawab, kerja keras, disiplin, toleransi, saling bersaing sehat, saling menghormati, dan menjaga persahabatan dengan sportif. Mungkin kalau zaman sekarang ala-ala Rangga dan Dilan sebelum masuk SMA kali ya.

Nah, itu dia 5 Acara TVRI Zaman Dulu yang paling berkesan bahkan banyak memberikan pelajaran yang baik untuk kita. Sekarang, coba tanya mereka yang lebih dulu tahu, kira-kira diantara kelima acara tersebut mana yang paling berkesan.

Baca juga: Keseruan Perayaan HUT RI Ala Alfamart Group!

Alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here