5 Fakta Menarik Seputar Hari Anak Nasional

5 Fakta Menarik Seputar Hari Anak Nasional

5 Fakta Menarik Seputar Hari Anak Nasional
Sumber: Photo by ajay bhargav GUDURU from Pexels

Tepat pada tanggal 23 Juli, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Ada banyak cara untuk merayakan Hari Anak bersama anak. Tapi di balik perayaannya ada fakta-fakta menarik yang harus diketahui mengenai perayaaan Hari Anak Nasional.

Setiap anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara, atau bahkan dunia. Masa depan anak serta tumbuh kembang anak akan menentukan bagaimana nasib negara di tangan penerusnya. Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Nah, kira-kira kenapa ya bisa sampai ada peringatan khusus untuk Hari Anak? Yuk simak fakta mengenai Hari Anak di bawah ini.

  1. Dirayakan berbeda-beda di tiap negara

Jika Indonesia merayakan Hari Anak, tepat di tanggal 23 Juli, perayaan Hari Anak di negara lain dirayakan di hari dan tanggal berbeda. Ada juga beberapa peringatan seputar anak lainnya seperti: Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November.

2. Makna Hari Anak

Tak sekadar perayaan biasa, Hari Anak memiliki makna meningkatkan kepedulian kita terhadap generasi penerus bangsa. Diharapkan dengan adanya perayaan Hari Anak ini akan meningkatkan kepedulian terhadap hak-hak anak tanpa adanya diskriminasi.

3. Menjadi Libur Nasional di Negara Turki

Indonesia menjadi satu dari 150 negara yang merayakan Hari Anak. Namun ternyata di Turki Hari Anak bahkan dijadikan momen libur nasional. Perayaan Hari Anak di Turki diperingati setiap tanggal 23 April.

4. Hari Anak Nasional di Indonesia Dicanangkan oleh Presiden Soeharto

Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Presiden Soeharto) Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Bahkan Hari Anak ini juga bertepatan dengan ulangtahun salah satu putra Presiden Soeharto, yakni Bambang Trihatmodjo, yang merupakan putra ketiga presiden kedua RI.

5. Berbeda dengan Hari Anak Sedunia

Momen Hari Anak Nasional ini ternyata berbeda dengan Hari Anak Internasional. Secara serentak dunia merayakan Hari Anak Sedunia atau International Children’s Day ditetapkan pada 20 November 1959 oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Itu tadi fakta-fakta menarik seputar Hari Anak Nasional. Yuk mulai peduli dengan masa depan anak yang akan berpengaruh ke masa depan bangsa kita. Jangan lupa spesial Hari Anak, nikmati diskon hingga 70% belanja di Alfacart.

spesial memperingati hari anak nasional. Temukan diskon hingga 70% belanja perlengkapan anak HANYA DI ALFACART.COM

Baca juga: Cara Untuk Mencegah dan Mengatasi Rasa Kantuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here