5 Fakta Unik Piala Dunia 2018 yang Wajib Kamu Ketahui

Cari tahu 5 fakta unik Piala Dunia 2018 yang wajib kamu ketahui!

Simal 5 fakta unik Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia
Sumber: Designed by Freepik

Gelaran Piala Dunia 2018 sudah dimulai nih. Setelah sebelumnya pada tahun 2014, Piala Dunia digelar di Brazil, kini giliran Rusia yang jadi tuan rumahnya. Total akan ada 32 negara yang mengikuti 64 pertandingan dalam pesta olahraga paling ditunggu yang digelar empat tahunan ini.

Banyak kejadian menarik terjadi di awal-awal pertandingan Piala Dunia 2018 ini. Mulai dari hujan Penalti di awal turnamen hingga Meksiko yang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 1-0.

Nah, sudah mengikuti pertandingannya, jangan sampai kamu kelewatan fakta-fakta unik dan menarik lainnya seputar Piala Dunia 2018. Yuk, simak 5 fakta menarik Piala Dunia 2018 yang wajib kamu ketahui.

  1. Yuk, kenalan dengan Zabivaka

Sering lihat serigala berkacamata dengan baju putih dan celana merah? Yaps, dia adalah Zabivaka yang menjadi maskot Piala Dunia 2018. Zabivaka sendiri dalam bahasa Rusia memiliki arti “orang yang mencetak skor”.

Zabivaka, serigala yang menjadi maskot Piala Dunia 2018.
Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Zabivaka_2017.jpg

2. Gunakan Sistem VAR untuk Pertama Kali

Banyak kejadian tak menyenangkan yang diterima wasit saat pertandingan. Misalnya salah melihat kejadian saat pertandingan dan berujung salah menentukan keputusan. Berbeda dengan penonton yang dapat melihat tayangan ulang dengan slow motion. Wasit harus menentukan langsung saat kejadian.

Sistem Video Assistant Referee (VAR) adalah penggunaan teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih tepat atau benar. Salah satu caranya adalah dengan tayangan ulang (replay) dan video gerak lambat (slow motion). Sistem ini digunakan untuk kali pertama di perhelatan sepak bola tertinggi di dunia, Piala Dunia 2018 di Rusia. Sistem ini bahkan diklaim bisa meningkatkan akurasi penilaian wasit dari 93% menjadi hampir 99%

3. Debut Perdana Panama dan Islandia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, total ada 32 timnas yang turut serta pada pertandingan ini. Sebanyak 14 tim berasal dari zona Eropa, 5 tim dari zona Afrika, 10 tim dari zona Asia dan Amerika Selatan, dan 3 tim dari zona Amerika Utara. Piala Dunia 2018 ini jadi debut perdana negara Panama dan Islandia lho. Panama dan Islandia berhasil mencetak sejarah karena berhasil mengikuti pertandingan Piala Dunia untuk pertama kalinya.

4. Tidak ada Italia, Belanda, dan Wales

Berbeda dengan Panama dan Islandia, beberapa negara dari zona Eropa justru harus absen di pertandingan kali ini. Timnas Italia, Belanda, dan Wales harus mengubur impiannya untuk dapat bertandang ke Rusia dalam gelaran Piala Dunia 2018 kali ini.

5. Kontribusi Indonesia terhadap Piala Dunia 2018.

Meski tak ikut berkontribusi dalam pertandingan, nyatanya ada lho kontribusi Indonesia terhadap Piala Dunia 2018. Bola yang digunakan para pemain pada pertandingan Piala Dunia 2018 merupakan hasil produksi Indonesia. Pabrik pembuatan bola tersebut terletak di Majalengka, Jawa Barat.

Itulah tadi 5 fakta unik dan menarik seputar Piala Dunia 2018. Semoga menambah pengetahuanmu mengenai Piala Dunia 2018 ya!

Baca juga: Lakukan 6 Tips Ini Saat Nonton Permainan Bola Piala Dunia 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here