5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan ini.

Sangat perlu untuk mengetahui 5 tips menjaga kesehatan saat puasa ramadhan ini. Saat menjalani ibadah puasa, seringkali kita merasa mudah lemas sambil menahan rasa lapar dan haus. Padahal berpuasa selama bulan ramadhan adalah wajib hukumnya. Selain sebagai ibadah dan kewajibannya, puasa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, selama bulan ramadhan anda perlu memperhatikan beberapa hal agar kesehatan tetap terjaga selama puasa.

Alcartian dapat mencoba tips-tips menjaga kesehatan selama puasa ramadhan yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh di bawah ini. Meski tubuh tidak diisi asupan makanan dan cairan sekitar 12 jam, tubuh yang sehat itu harus tetap diperhatikan sepanjang hari. Yuk, simak 5 tips menjaga kesehatan saat puasa ramadhan di bawah ini.

  1. Tidak melewatkan saat sahur. Jangan sampai anda melewatkan saat sahur satu ini. Untuk melakukan beragam kegiatan di hari yang baru, asupan yang benar sangat penting agar anda tetap bersemangat. Kebiasaan ngantuk di tengah hari biasanya terjadi karena kita kurang tidur. Jadi, saat malam hari, sebisa mungkin atur waktu anda agar tidak tidur terlalu malam. Untuk apa begadang jika tidak ada artinya? Saat sahur pun jangan mengonsumsi makanan yang terlalu berat, cukup makan dengan sayur, ikan, dan minum susu dengan porsi yang cukup agar tubuh tetap ternutrisi.
  2. Tidak makan berlebihan saat berbuka. Makan berlebihan saat berbuka dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Mulai dari minum air putih beberapa teguk, sedikit makan makanan manis, seperti buah kurma, dan jeda minimal setengah atau satu jam, baru anda dapat menikmati makanan besar yang telah disajikan.
  3. Sebisa mungkin minum 8 gelas sehari. Rasanya tidak mungkin selama puasa di bulan ramadhan untuk tetap mengonsumsi air 8 gelas sehari. Namun, karena tubuh kita memang memiliki 80% cairan, atur waktu sebisa mungkin saat sahur dan berbuka untuk tetap minum 4 gelas saat berbuka, 4 gelas saat sahur. Sebaiknya juga anda menghindari konsumsi kafein agar tubuh tidak mudah kehilangan cairan.
  4. Lakukan olahraga ringan dan santai. Agar tetap sehat saat puasa ramadhan, anda dapat melakukan olahraga ringan dan santai di malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.
  5. Tetap beribadah. Puasa tidak hanya bicara tentang tidak makan dan minum selama sekitar 12 jam, namun juga menahan emosi berlebih dan juga tetap menjaga hubungan yang sehat dengan Tuhan, Sang Pencipta. Tetap setia menjalankan ibadah dan shalat sepanjang hari karena ibadah juga yang dapat menguatkan kita untuk setia menjalankan puasa di bulan ramadhan ini. Jadi, tidak hanya menjaga kesehatan diri secara jasmani namun kerohanian kita pun tetap terjaga.

Miliki kualitas diri yang baik selama berpuasa dan lanjutkan kebiasaan yang baik setiap hari agar tubuh sehat, kuat dan hubungan kita dengan Tuhan dan sesama pun terjaga.

Temukan produk-produk terbaik untuk melengkapi moment ramadhan anda dan keluarga di sini.
Cek di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here