6 Fakta Seputar Mencuci Rambut Yang Harus Diketahui!

6 Fakta Seputar Mencuci Rambut Yang Harus Diketahui

Sumber: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/close-up-of-young-relaxed-woman-at-hair-salon_1147748.htm">Designed by Katemangostar</a>
6 Fakta Seputar Mencuci Rambut Yang Harus Diketahui

Rambut adalah mahkota wanita. Maka tak heran banyak wanita melakukan berbagai perawatan rambut guna mendapatkan rambut yang indah dan dapat menunjang penampilan. Namun ternyata bukan hanya perawatan rambut saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Mencuci rambut pun ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan lho! Yuk simak 6 fakta seputar mencuci rambut yang harus diketahui.

1. Seberapa sering Anda mencuci rambut?

Anggapan bahwa mencuci rambut dapat dilakukan setiap hari, ternyata kurang tepat. Untuk menentukan seberapa sering mencuci rambut bergantung pada jenis rambut masing-masing.

Jika Anda memiliki jenis rambut yang kering dan tidak berminyak, Anda cukup mencuci rambut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Sedangkan jika Anda memiliki rambut berminyak, Anda bisa mencuci rambut setiap hari. Sebaliknya, untuk Anda yang memiliki rambut tebal, keriting, dan cenderung kering, maka mencuci rambut cukup dilakukan seminggu sekali saja.

2. Apakah boleh memakai sampo dua kali saat mencuci rambut?

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan sampo dua kali saat mencuci rambut dapat membantu membuat rambut lebih sehat. Anda juga mungkin sering mendengar, ‘berbusa, bilas, ulangi’. Faktanya anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho!

Jika Anda banyak menghabiskan waktu sehari-hari di luar ruangan, banyak menggunakaan produk penataan rambut, maka Anda dapat menggunakan sampo dua kali saat mencuci rambut. Hal ini dilakukan untuk membantu menghilangkan tumpukan kotoran dengan lebih mudah dan cepat. Tapi untuk Anda yang terbiasa mencuci rambut setiap hari, maka Anda cukup mencuci rambut satu kali saja. Pemakaian sampo yang terlalu banyak dapat menghilangkan minyak alami yang mampu melindungi rambut, sehingga rambut lebih mudah rusak.

3. Apakah rambut yang diwarnai harus menggunakan sampo khusus?

Sumber: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/hairdresser-showing-sample-of-hair-color_1907154.htm">Designed by Freepik</a>
6 Fakta Seputar Mencuci Rambut Yang Harus Diketahui

Proses pewarnaan pada rambut cenderung membuat rambut rusak, kusam dan terlihat kering. Maka dari itu rambut yang diwarnai akan lebih baik jika dicuci menggunakan sampo khusus. Selain itu sampo khusus untuk rambut yang diwarnai dapat menjaga warna rambut lebih tahan lama.

4. Apakah sampo 2in1 dapat melembabkan rambut seperti penggunaan kondisioner?

Dalam kondisi tertentu penggunaan sampo 2in1 memang lebih praktis. Misalnya saat Anda sedang di gym, travelling, atau kegiatan lainnya. Tapi untuk penggunaan sehari-hari lebih baik Anda menggunakan kondisioner. Sampo 2in1 memang mengandung pelembab namun tidak seefektif penggunaan kondisioner. Untuk penggunaan sehari-hari Anda bisa menggunakan kondisioner.  Anda bisa menggunakan Dove Daily Shine Conditioner yang dapat membuat rambut lebih mudah diatur, bebas kusut dan melindungi rambut dari kerusakan.

5. Apakah ketika musim panas dan musim hujan, kita perlu menggunakan sampo & kondisioner yang berbeda?

Selama musim hujan rambut akan cenderung menjadi kering karena tingkat kelembaban yang berkurang. Sedangkan ketika musim panas rambut dapat lebih mudah rusak karena terkena panas dari sinar matahari. Kedua musim yang berbeda ini turut menghasilkan kondisi rambut yang berbeda juga. Sehingga Anda perlu menggunakan produk yang berbeda. Untuk musim hujan Anda bisa memilih Dove Total Damage Treatment Shampoo yang dapat menutrisi rambut dan melawan rambut patah.

6. Apakah Dry Shampoo dapat menjadi solusi rambut bebas lepek ketika tidak sempat mencuci rambut?

Dry Shampo dapat menjadi solusi untuk Anda yang tidak sempat keramas. Dry Shampo mampu menyerap minyak berlebih sehingga membuat rambut terasa lebih ringan. Selain itu rambut juga akan lebih bersih dan terlihat lebih bervolume.

Nah itu tadi 6 fakta seputar mencuci rambut yang harus diketahui. Faktanya tidak semua anggapan mengenai mencuci rambut yang selama ini kita ketahui tepat untuk dilakukan. Yuk temukan produk perawatan rambut terbaik untuk Anda di Alfacart!

Baca juga: Masker Peel Off vs Masker Sheet, Mana yang Lebih Baik?

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here