7 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Kamu Pernah Coba?

Bingung Mau Masak Apa Untuk Berbuka Hari Ini? Berikut 7 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara Yang Dapat Menginspirasi Kamu. Pernah Coba Yang Mana?

Menu Buka Puasa Unik

Selalu ada berbagai daftar menu buka puasa yang unik dari setiap budaya yang berbeda-beda di dunia. Seperti negara kita, Indonesia, yang sangat terkenal dengan kolak dan es buahnya yang selalu ada di setiap kali saat berbuka puasa. Seharian menahan rasa lapar dan haus memang sangat menyenangkan ketika berbuka dengan sajian makanan dan minuman yang berkuah, segar, dan manis. Selain itu, berbuka dengan yang segar dan manis memang dianjurkan untuk kesehatan agar tubuh kita dapat mengolah asupan dengan baik setelah seharian tidak mengonsumsi apa-apa.

Tapi, seringkali kita bingung untuk menyajikan menu buka puasa yang enak hari ini supaya tidak selalu menu yang sama setiap harinya. Untuk menciptakan keseruan saat berbuka di rumah, kamu juga bisa loh menyajikan menu buka puasa yang beda dari biasanya. Untuk mengatasi rasa bosan karena “yaa menunya itu lagi, itu lagi”, berikut 7 menu buka puasa unik dari berbagai negara selain Indonesia yang dapat menginspirasi kamu untuk dijadikan sajian berbuka yang beda dari biasanya. Mungkin kamu pernah mencoba salah satunya?

7 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara

Selain di Indonesia, yuk kenali apa saja 7 menu buka puasa unik dari negara luar yang terkenal sangat enak dan selalu melengkapi keseruan suasana berbuka.

Nasi Briyani – India dan Pakistan

Siapa yang sudah pernah mencoba nasi briyani? Menu yang satu ini sudah cukup banyak dijual di Indonesia. Keunikan bentuk nasinya yang memanjang, beda dengan nasi di Indonesia, memang sudah menjadi khas negaranya sendiri yaitu India dan Pakistan. Nasi briyani dikenal sebagai nasi yang sudah dibumbui rempah-rempah, daging, lentil (sejenis kacang), dan sayuran.

Lahm Lhalou – Algeria

Lahm Lhalou merupakan menu paling populer bagi warga Algeria selama bulan Ramadhan. Makanan pembuka yang dibuat dengan rasa manis ini ternyata menggunakan daging domba sebagai bahan utama. Menariknya, kamu tidak perlu memakai garam saat memasaknya. Cocok nih buat kamu yang tidak suka asin!

Qatayef – Arab

Qatayef sangat populer untuk dijadikan hidangan penutup di Arab. Bentuknya yang mirip dengan pancake, seringkali membuat masyarakat kita menyebutnya pancake Arab. Menu yang selalu ada di bulan Ramadhan ini ternyata diisi dengan keju dan kacang manis yang kemudian digoreng. Hmmm, sudah kebayang kan enaknya?

Pastirma – Turki

Siapa yang sudah pernah ke Turki? Pernahkah kamu mencoba menu buka puasa satu ini? Pastirma diyakini sebagai pastrami di Italia. Pastirma merupakan irisan daging sapi atau domba tipis yang dibuat dengan bumbu cenderung pedas, dapat dinikmati bersama dengan roti atau buah zaitun. Selain itu, kamu juga dapat memasaknya bersama telur untuk sarapan biasa.

Fesenjan – Iran dan Persia

Masakan yang tergolong istimewa di Iran dan Persia ini terlihat seperti sebuah kaldu kental yang terbuat dari sari buah delima dan buah kenari. Fesenjan tradisional umunya dibuat dari ayam atau bebek sebagai bahan utama. Namun, dalam varian yang lain, Fesenjan bahkan sama sekali tidak menggunakan daging apapun. Rasanya pun bervariasi, bisa cenderung asam atau manis sesuai bahan masakannya. Sajian berbuka satu ini biasa dinikmati dengan nasi putih atau kuning khas Persia.

Samosa – Pakistan

Kalau di Indonesia, banyak orang berbuka dengan gorengan saat di jalan. Nah, menu satu ini bisa jadi sajian gorengan dari Pakistan yang mengawali saat berbuka kamu. Samosa merupakan menu favorit buka puasa di Pakistan yang dibuat dalam bentuk segitiga berisi potongan daging domba, kentang, lentils, dan bawang.

Kothu Paratta – Sri Lanka

Kothu Paratta memberikan pengalaman makan roti dengan daging cincang yang berbeda. Makanan khas buka puasa masyarakat Asia Selatan ini terbuat dari roti paratta yang dicincang kemudian dimasak dengan telur, sayuran, dan daging dengan bumbu khas bernama saus salna.

Nah, dari ketujuh menu buka puasa unik tersebut, masakan mana yang menurut kamu cocok disajikan hari ini?

Baca juga: Promo Ramadhan Alfacart 2019, Belanja Hemat Penuhi Setiap Kebutuhan!

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here