Antisipasi Ransomware, Saatnya Amankan Datamu Sekarang!

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mempublikasikan himbauan kepada masyarakat luas agar segera melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman malware, khususnya Ransomware jenis WannaCry.

Apa itu virus ransomware?ransomware, wannacry, adalahVirus ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa “ditebus” dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus, jenis peretasan yang paling jahat, karena satu-satunya tujuan dari si peretas adalah menodong uang kepada orang yang terinfeksi.

Salah Satu program dari virus ransomware ini adalah WannaCry
virus wansomware, virus wannacry, Salah satu jenis program ransomware yang sedang tren adalah WannaCry, Ketika ransomware diaktifkan, maka data-data Anda akan ‘disandera’ oleh si peretas sampai Anda membayar si peretas dengan bitcoin. Jika Anda tidak membayarnya, maka Anda bisa ucapkan selamat tinggal kepada data-data penting itu.

beberapa jenis lain dari program ransomware, yaitu Locker dan Crypto. Dari keduanya, Crypto adalah varian yang paling berbahaya.

Siapa yang membuat WannaCry?
Jawabannya adalah tidak tahu. Tapi virus ransomware telah menjadi pilihan tercepat para pelaku kejahatan cyber pada saat ini untuk memungkinkan mereka memperoleh keuntungan dengan cepat dari virus ransomware tersebut.

Seperti yang diberitakan di beberapa media baik di dalam ataupun luar negeri, telah terjadi fenomena serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyampaikan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Di Indonesia, berdasarkan laporan yang diterima oleh Kominfo, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. Dengan adanya serangan siber ini KOMINFO menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber.

Infeksi dan Penyebaran Ransomware WannaCry:
Wannacry menginfeksi sebuah computer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke komputer lain pada jaringan yang sama.

Tindakan Pencegahan :
Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomare jenis wannacry:

  • Cabut Kabel LAN/Wifi,
  • Lakukan Backup Data,
  • Update Anti-Virus,
  • Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  • Jangan mengaktifkan fungsi macros,
  • Non aktifkan fungsi SMB v1
  • Block 139/445 & 3389 Ports,
  • Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain.
    hitachi touro, hardisk murah

 

 

 

 
Untuk konsultasi secara online bisa diakses ke : https://www.nomoreransom.org . Juga, apabila diperlukan informasi dan saran teknis, dapat diemail : incident@idsirtii.or.id .

Kontak Person Kominfo Untuk Kasus ini:
Direktur Keamanan Informasi : Aidil Cenderamata 0817758377
Wakil Ketua ID-SIRTII : Salahuddin (Didin) 0816945022

Cek Harga Hardisk Termurah di Alfacart.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here