Begini Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Daring Zoom, Hingga Cara Menghapusnya dari Smartphone

Belom Lama Ini, Aplikasi Zoom yang Populer dijadikan Sarana Meeting Online di Banyak Perusahaan Memiliki Pro & Kontra. Kira-kira Apa, Ya? Cek Selengkapnya!

Aplikasi Zoom
Photo: teknologi.id

Sejak wabah Covid-19 merebak di Indonesia, banyak pekerja kantoran yang terpaksa menerapkan WFH (Work from Home) sebagai salah satu solusi dan dukungan kebijakan Pemerintah untuk meminimalisir kontak fisik dan sosial agar penyebaran virus tidak kian bertambah. Untuk itu, beberapa cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan harian tetap produktif, serta antara satu divisi dengan divisi lainnya masih bisa berkomunikasi tanpa hambatan. Aplikasi Zoom merupakan aplikasi telekonferensi jarak jauh yang memungkinkan kamu bisa bertatap muka di depan layar dengan beberapa orang atau lebih dari 5 orang sekaligus. Zoom didirikan oleh Eric Yuan, insinyur perangkat lunak asal Tiongkok pada 2011.

Baca Juga: Tunda Mudik, Berikut 3 Aplikasi Video Call Terbaik untuk Silaturahmi saat Lebaran!2020/04/14

Jika kamu belum pernah mencoba aplikasi Zoom atau sudah pernah mencoba, namun belum paham benar kelebihan dan kekurangannya, terutama penggunaan dari handphone atau smarphone, berikut ulasan selengkapnya!

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom dari Smartphone

Kelebihan

Photo: hypebae.com

Untuk kamu yang lebih senang menggunakan aplikasi Zoom dari handphone atau smartphone, kelebihan utama yang bisa langsung dirasakan adalah kemudahan melakukan conference call atau meeting video dimana saja dan kapan saja. Selain itu, melalui smartphone juga bisa melihat atau mengirim gambar, dokumen, atau video dari Cloud Files. Kalau penggunaan Zoom di laptop, hal di atas tidak bisa dilakukan.

Kekurangan

Akhir-akhir ini, penggunaan aplikasi Zoom menerima banyak pro dan kontra yang datang bukan saja dari ranah Indonesia, melainkan negara lainnya. Beberapa kontra menyebutkan bahwa Zoom tidak memiliki security system yang baik. Salah satu hal yang dapat menjelaskan perihal ini dikarenakan aplikasi tersebut yang tidak menggunakan enkripsi end to end, walaupun di situs resmi Zoom tertulis bahwa mereka menawarkan fitur ini di semua layanan mereka.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film 2020 Terbaik untuk Menemani Work from Home

Zoom hanya menggunakan enkripsi TLS (Transport Layer Security), teknologi yang sama digunakan untuk mengamankan situs web, https, dan sejenisnya. Artinya, koneksi antara Zoom dan pengguna sama seperti membuka situs Gmail, Facebook atau situs lainnya. Tidak adanya enkripsi end to end menyebabkan banyaknya celah untuk mengakses konten, seperti video yang dilakukan pengguna selama menggunakan layanannya. Dampak lainnya, konten-konten yang terekam di aplikasi Zoom jadi mudah dicuri atau bocor.

Photo: selular.id

Untuk penggunakan aplikasi Zoom di handphone, Zoom hanya membatasi 4 akun secara langsung, berbeda dengan penggunaan di laptop yang bisa mencapai 49 akun sekaligus. Kekurangan lainnya, Host tidak bisa membuat, mengubah, mengirim polling, atau menyiarkan video meeting mereka secara live di Facebook.

Cara Menghapus Akun Zoom di Smartphone

Perlu kamu ketahui, untuk menghapus akun Zoom tidak bisa di-setting melalui smartphone, namun hanya bisa dilakukan jika kamu online dan menggunakan versi desktop PC atau Mac. Berikut langkah-langkahnya:

Photo: businessinsider.sg
  1. Masuk ke akun Zoom di situs Zoom versi PC atau Mac.
  2. Klik pilihan Account Management atau Manajemen Akun.
  3. Selanjutnya, pilih menu Account Profile/Profil Akun.
  4. Pilih Terminate My Account atau hapus akun saya.
  5. Klik ‘Yes’/Ya untuk menghapus akun Zoom kamu. Secara permanen, akun Zoom akan terhapus.
  6. Kemudian kamu akan kembali ke laman utama Zoom yang memuat pesan “penghapusan akun berhasil”.
Photo: businessinsider.sg

Nah, itu tadi sekilas tentang aplikasi Zoom yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu yang ingin mencobanya sendiri.

belanja online Banyak Promo #Darirumahaja bersama alfacart.com!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here