Belanja Online Bayar di Tempat, Layanan O2O Alfacart Jadi Dekat

Belanja Online Bayar di Tempat, Layanan O2O Alfacart
Belanja Online Bayar di Tempat, Layanan O2O Alfacart (Foto: ID Techniasia)

Belanja Online Bayar di Tempat, Layanan O2O Alfacart Jadi Dekat – Perkembangan bisnis belanja online Indonesia kini semakin meningkat. Terbukti dari semakin bertambahnya orang-orang yang berani berjualan secara online, baik menggunakan media sosial, menjadi marketplace dari sebuah e-commerce, atau membuat website dan blog sendiri untuk menjual produk mereka. Industri retail yang sebelumnya hanya membuka toko secara offline pun kini mulai melebarkan sayapnya dengan berjualan secara online.

Hebatnya, banyak industri retail kini yang membuat sebuah inovasi bisnis untuk menciptakan strategi baru dengan menggabungkan bisnis online dan offline. Layanan e-commerce yang tergolong baru di Indonesia ini dinamakan layanan O2O (Online to Offline).

Apa itu layanan O2O?

Perkembangan industri e-commerce yang terus berubah, harus diseimbangi dengan pelayanan untuk memecahkan permasalahan yang ada, dan konsep layanan O2O (Online to Offline) memiliki potensi besar untuk dikembangkan pada industri e-commerce di Indonesia. O2O sendiri artinya adalah suatu layanan bisnis pada industri e-commerce yang menghubungkan antara saluran online dengan offline (toko fisik). O2O diaplikasikan oleh setiap toko online untuk menjual produknya dan menawarkan layanan belanja online bayar di tempat.

Penerapan O2O di Indonesia

Memperhatikan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat di Indonesia, adanya layanan O2O (Online to Offline) sangat membantu efisiensi belanja online agar lebih praktis. Meskipun penerapannya masih minim di Indonesia, namun tidak sedikit e-commerce Indonesia yang mulai menggunakan pelayanan ini. Sejak beberapa e-commerce memulai layanan Online to Offline, layanan tersebut kerap jadi perbincangan hangat di kalangan pelaku maupun konsumen dari industri e–commerce tanah air. Konsep ini dianggap punya potensi besar jika digarap, salah satunya sebagai jalan keluar alternatif bagi permasalahan logistik e-commerce Indonesia. Tapi dengan keunikan dan keragaman kultur Indonesia, tak sedikit pula yang mempertanyakan masa depan penerapannya. Pelanggan dapat memesan dari mana saja (online, mobile, offline, social, dan sebagainya) dan produk yang dipesan bisa diantar menggunakan channel manapun dan kapanpun. Kebutuhan ini akan muncul, terlepas dari keragaman kultur yang dimiliki Indonesia.

Belanja Online Bayar di Tempat, Layanan O2O Alfacart

Alfacart dari grup retail Alfamart merupakan salah satu Industri e-commerce yang unggul menggunakan konsep layanan O2O (Online to Offline) dalam bisnisnya. Sebagai e-commerce yang berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhannya dalam hal belanja online, Alfacart menjaga kepercayaan konsumen dan memberi kemudahan melalui layanan O2O yang telah diusung sejak awal berdirinya. Alfacart memanfaatkan toko Alfamart yang telah tersedia untuk pengambilan barang kiriman ke konsumen. Jadi, konsumen Alfacart bisa memilih lokasi kirim barang sesuai keinginan mereka atau di toko Alfamart terdekat. Bahkan, sampai membayar pun bisa di sana langsung sehingga konsumen tanpa akun bank atau kartu kredit tidak perlu khawatir.

Slogan Alfacart “Belanja Online Jadi Dekat!” pun menjadi bukti keunggulan Alfacart dalam pelayanan O2O-nya. Menyesuaikan kondisi pasar di Indonesia, Alfacart telah terkoneksi dengan lebih dari 7000 toko offline Alfamart agar konsumen dapat melakukan pembayaran di tempat (Cash on Delivery). Konsumen juga tidak perlu bingung untuk mengatur waktu atau meninggalkan rumah karena khawatir barang dikirim saat rumah kosong karena melalui layanan O2O, konsumen dapat menentukan waktu yang pasti untuk mengambil barang di toko. Selain memberi keuntungan bagi konsumen, layanan O2O Alfacart juga sangat membantu para seller marketplace untuk mengirim produk mereka ke Alfamart terdekat setiap waktu tanpa khawatir tutupnya jam kerja perusahaan logistik lainnya. Alfacart juga ingin menjadikan Alfamart sebagai purchase point untuk belanja online, sehingga konsumen dapat membeli produk Alfacart di toko Alfamart. Hal ini sangat membantu kemudahan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan belanja online bayar di tempat, layanan O2O Alfacart.

Baca juga: Alfacart Gandeng Komunitas Besarkan Jaringan O2O Dua Kali Lipat

Cara Belanja dan Mengambil Barang dengan O2O

  1. Konsumen dapat memilih produk yang ingin dibeli melalui website atau aplikasi Alfacart.com (www.alfacart.com)
  2. Pilih pengiriman “Ambil di Toko”
  3. Cari alamat toko Alfamart terdekat dan lengkapi jadwal pengambilan barang
  4. Pilih metode pembayaran:
    – Cash on Pickup (COP): Pembayaran yang dilakukan pada saat pengambilan pesanan di toko. Petugas akan menyediakan uang kembalian saat pengambilan pesanan di toko. Minimum transaksi belanja Rp 10.000,00.
    – Kartu Kredit (minimum transaksi belanja Rp 50.000,00)
    – Bank Transfer (minimum transaksi belanja Rp 10.000,00)
    – Lainnya: Mandiri Clickpay, DoKu Wallet, Rekening Ponsel, dan e-Pay BRI (minimum transaksi belanja Rp 10.000,00)
  5. Untuk pengambilan barang, saat ini produk yang dapat diambil langsung di toko hanya produk Alfamart saja. Untuk pemesanan diambil sendiri oleh konsumen di toko terdekat, tidak akan dikenakan biaya pengiriman.
  6. Pastikan pesanan sudah diambil 1×24 jam dari jadwal pengambilan yang sudah dipilih. Jika ada kendala, konfirmasi terlebih dahulu ke customer service (1500860).

Baca juga: Pick Up Point: Beli di Alfacart, Ambil di Alfamart Terdekat

alfacart.com, belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here