Benarkah Stres Memicu Orang Menggunakan Narkoba? Baca Dulu Nih!

Terciduknya Nunung dan Jefri Nichol menambah daftar panjang deretan artis yang terlibat kasus barang haram  narkoba. Meski sudah banyak sekali himbauan mengenai bahaya narkoba, ternyata masih banyak yang tergoda dengan  barang haram ini. Namun apakah jika tuntutan pekerjaan yang berat membuat mereka stress sehingga memicu untuk obat-obatan terlarang? Benar nggak ya?

Kenapa stress selalu dikaitkan dengan konsumsi narkoba? Ternyata ada penelitian yang menyebutkan jika terdapat hubungan antara tingkat stres yang kronis dengan penyalahgunaan narkoba loh!

Kenapa Stres Bisa Picu Seseorang Mengonsumsi Narkoba?

Sebuah penelitian juga menyebutkan jika semakin besar stres yang dialami seseorang, besar pula kemungkinan untuk dia kecanduan dan rentan tergoda obat-obatan terlarang. Hal ini dikarenakan obat-obatan terlarang tersebut digunakan untuk menghilangkan gejala depresi dan kecemasan. Tingkat stres memiliki kecendrungan membuat seseorang kehilangan kendali sehingga ada dorongan untuk melampiaskannya dengan cara yang tidak benar. Tekanan yang datang pada saat stres itu sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja respon terhadap situasi itulah yang bisa menyebabkan efek pada tubuh kita sendiri.

Sebenarnya kondisi seperti ini tidak hanya menyasar dunia artis, para pekerja yang memiliki banyak tuntutan pun beresiko untuk mencicipi barang haram ini. Nah, di sinilah peran penting kita untuk bisa mengelola stres dan bagaimana menanganinya. Ada beberapa cara loh yang bisa dicoba untuk mencegah dan mengurangi kondisi stres yang berlebihan. Catat nih teman-teman!

1. Rutin Berolahraga

olahraga rutin
photo credit: IDN Times

Penting untuk teratur berloahraga karena olahraga bisa melepaskan hormon-hormon stres dan membuat tubuh jadi rileks. Selain itu olahraga juga membuat suasana hati menjadi lebih happy sehingga cocok sekali untuk dilakukan untuk menghindari stres. Tidak hanya rutin berolahraga, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat agar hidup jadi lebih seimbang.

2. Tidur yang Cukup

tidur nyenyak
photo credit: DBS Bank

Kurangnya waktu tidur ternyata bisa memperburuk stres yang kamu alami loh! Nah, maka dari itu, jika memang sudah waktunya beristirahat lebih baik digunakan untuk tidur. Usahakan untuk memenuhi waktu tidur selama 6-8 jam sehari ya!

3. Coba Bercerita Jika Punya Masalah

sharing with friends
photo credit: skipprichard

Jika beban yang kamu rasa sudah semakin berat, ada baiknya kamu bercerita dengan orang yang bisa kamu percayakan. Jangan pendam sendirian, cobalah untuk berbicara dengan orang tua, kakak, adik, sahabat, atau keluarga. Siapa tahu dengan bercerita beban yang kamu rasa jadi sedikit lebih ringan dan menemukan jalan keluar.

4. Mengurangi Asupan Kafein

Minum kopi
photo credit: Liputan6

Kurangi mengonsumsi kafein karena terllau banyak kafein bisa membuat seseorang mudah cemas, gelisah, khawatir, dan sampai menyebabkan jantung berdebar. Ganti kafein dengan mengonsumsi air putih karena lebih baik untuk kesehatan.

Yuk, kenali diri sendiri agar tingkat stres yang kamu alami bisa teratasi dengan cara yang baik. Lakukan berbagai banyak hal positif atau hobi yang kamu sukai agar kamu terhindar dari stres dan tekanan. Yuk, jauhi  narkoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here