Cara Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah

Bahaya kecoa bagi kesehatan

Kecoa tidak hanya sedap dipandang, tapi juga sebenarnya berbahaya untuk kesehatan. Beberapa bahaya kecoa termasuk:

  • Penyebaran kuman penyakit. Kecoa membawa bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan tifus, hepatitis, kolera, dan sebagainya.
  • Reaksi alergi, bahkan gejala asma. Kotoran dan sisa-sisa tubuh kecoa bisa menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal dan ruam pada kulit. Pada anak-anak, kecoa berisiko menimbulkan masalah saluran pernapasan, bahkan asma.
  • Risiko keracunan makanan. Kecoa yang merayapi bahan makanan meninggalkan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit difteri atau muntah menceret.

Cara membasmi kecoa di rumah secara efektif

Pembasmian kecoa perlu dilakukan dari segala penjuru, bukan hanya melalui pemakaian produk dan alat melainkan juga melalui perbaikan kondisi rumah.

Metode 1: Jaga kebersihan rumah

Kecoa masuk ke rumah untuk mencari air dan makanan. Dengan membersihkan rumah secara meyeluruh, Anda akan berhenti menyediakan sumber makanan dan minuman bagi kecoa.

  • Perbaiki pipa air yang bocor dan keran yang tidak tertutup rapat. Inilah sumber utama air minum kecoa. Kecoa bisa hidup berhari-hari tanpa makanan, tapi tidak bisa bertahan tanpa air setiap hari.
  • Bersihkan dapur dan ruang makan dari remah-remah makanan, terutama yang manis. Sapu rumah tiap hari dan pel beberapa kali seminggu dengan cairan pel pengusir serangga, sepertiĀ Wipol. Seka semua permukaan dapur dengan cairan pembersih, sepertiĀ Cif, agar ceceran bahan makanan hilang.
  • Simpan makanan di tempat yang tertutup rapat agar kecoa tidak terpancing baunya.
  • Buang sampah secepatnya agar tidak berlama-lama menumpuk di dalam rumah. Pastikan pula tempat sampah di dapur tertutup rapat agar kecoa tidak bisa masuk.

Metode 2: Tutup semua lubang-lubang kecil

Coba perhatikan dinding Anda secara cermat, apakah ada ceruk-ceruk atau retakan-retakan? Kecoa masuk ke rumah dari lubang-lubang kecil ini, jadi ketika Anda menutup semuanya, kecoa tidak bisa lagi masuk ke rumah. Anda bisa menggunakan dempul atau campuran semen dan pasir.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here