Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Online

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Online
Sumber: kingsige

Penggunaan kartu kredit diminati oleh setiap orang yang memanfaatkan kemudahan dalam berbelanja. Perkembangan internet dan meluasnya kegiatan belanja online pun mendukung bertambahnya pengguna kartu kredit. Namun, bukan berarti tidak semua orang berani menggunakan kartu kredit. Kekhawatiran akan tidak sanggupnya melunaskan pembayaran di kemudian hari, cenderung menjadi ketakutan untuk memiliki kartu kredit. Sesungguhnya kekhawatiran tersebut tidak perlu menghalangi anda jika anda mengerti cara bijak menggunakan kartu kredit untuk belanja online maupun offline.

Bertambahnya penduduk kelas menengah juga menjadi faktor yang menyebabkan kebutuhan masyarakat pada kartu kredit pun meningkat. Di sisi lain, tingkat kejahatan di bidang online pun masih saja terjadi, misal penipuan kartu kredit dan pencurian identitas. Namun, kartu kredit sudah menjadi kebutuhan bagi anda, terutama bagi anda yang tidak suka memegang uang tunai karena dapat berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet. Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat anda lupa akan kondisi keuangan yang sesungguhnya. Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ini dapat membuat anda terbuai dan akhirnya terlilit hutang yang menumpuk jika tidak digunakan secara bijak dan waspada.

Jadi, amatlah penting untuk mengerti cara bijak menggunakan kartu kredit untuk belanja online agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Berikut cara bijak menggunakan kartu kredit untuk belanja online yang perlu anda ketahui.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Online.

1. Jaga Kerahasiaan Data

Jangan mengungkap informasi keuangan pribadi, seperti nomor kartu kredit melalui telepon atau email. Terutama, menyimpan data-data sensitif di komputer publik atau di website. Perusahaan tidak akan pernah meminta informasi tersebut melalui telepon atau email. Saat berbelanja online, umumnya anda paling banyak diminta empat data, seperti nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan kartu (tiga atau empat yang terdapat di belakang kartu kredit), dan alamat pengiriman barang. Jika anda mendapatkan email aneh terkait pesanan dan meminta data lainnya, anda patut curiga itu adalah penipuan.

2. Hindari Penggunaan Komputer Publik

Penipuan kartu kredit dapat terjadi karena kecerobohan kita sendiri. Bahkan, tak sedikit konsumen yang terkejut karena tiba-tiba tagihan kartu kreditnya membengkak padahal ia tidak belanja atau kartu kreditnya dipakai untuk membayar tagihan lain yang bukan miliknya. Oleh karena itu, hindari membayar tagihan online di komputer publik atau di jaringan wireless atau Wi-Fi publik kecuali jaringan ini aman atau anda menggunakan VPN (Virtual Private Network).

3. Teliti Menggunakan Kartu Kredit

Telitilah dalam menggunakan kartu kredit anda. Sangatlah penting untuk memperhatikan limit yang anda miliki guna menghindari pemakaian yang berlebihan yang mungkin membuat anda khawatir untuk melunasinya di kemudian hari. Cek mekanisme cicilan kartu kredit anda, perhatikan apakah perhitungan pembayarannya dimasukan dalam tagihan normal atau minimum payment. Jika salah mengambil mekanisme pembayaran kartu kredit, maka anda akan terlilit utang. Anda juga perlu menyimpan semua tanda terima belanjaan sampai anda menerima laporan tagihan bulanan, lalu sesuaikan. Pastikan anda memiliki kontak informasi perusahaan kartu kredit yang anda pakai. Jika suatu saat anda menjadi korban penipuan, segera hubungi perusahaan tersebut.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Saat masa pembayaran tagihan sudah akan tiba, bersiap-siaplah! Hindari kebiasaan untuk menunda-nunda hal yang sudah seharusnya anda kerjakan. Dalam hal melunasi penggunaan kartu kredit yang sudah kita keluarkan, jelas anda harus siap berkomitmen untuk ‘mengembalikan’ uang tersebut ke perusahaan kartu kredit anda. Tagihan kartu kredit yang tidak dibayar-bayar jelas memperbesar resiko anda untuk terkena utang yang besar. Jadi, bayarlah tagihan kartu kredit anda sebelum jatuh tempo pembayarannya.

5. Pantau dan Manfaatkan Promo

Saat ini penggunaan kartu kredit banyak memberikan fasilitas yang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari diskon, bunga 0%, hingga dapat digunakan untuk berbelanja di situs e-commerce. Maka dari itu, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo pada hal-hal yang anda sukai. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk pembelian kebutuhan pokok yang sedang murah. Kartu kredit juga seringkali digunakan untuk kebutuhan pembelian produk elektronik yang diinginkan, maka itu temukan promo pembelanjaan menggunakan kartu kredit sebelum memutuskan pembelian.

Salah satu e-commerce yang bekerja sama dengan kartu kredit adalah Alfacart.com. Alfacart.com memberikan banyak penawaran promo belanja yang tidak perlu membuat anda khawatir dengan berbagai jenis kartu kredit seperti BCA, BRI, CIMB Niaga, Bank Bukopin, BNI, Mandiri, dan PermataBank. Tentunya, anda bisa nyicil sepuasnya untuk memenuhi kebutuhan produk yang anda cari dari promo Special Bank Offer yang ditawarkan. Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya anda mulai mengaplikasikan cara bijak menggunakan kartu kredit untuk belanja online di Alfacart.com, selamat berbelanja!

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan, Nikmati Promo Serba 17 Ribuan dari Alfacart!

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here