Cara Membersihkan Keramik yang Kusam

Alat dan Bahan:

  • Sarung tangan karet. Bahan kimia pada cairan pembersih keramik berpotensi membuat kulit teriritasi yang kadang ditandai dengan rasa gatal dan perih. Kenakan sarung tangan karet agar kulit tak bersentuhan langsung dengan produk cairan pembersih.
  • Sapu dan pel.
  • Sikat lantai dan sikat gigi bekas. Sikat lantai cocok dipakai untuk membersihkan permukaan yang luas, sedangkan sikat gigi sangat bermanfaatkan untuk membersihkan sudut-sudut dan sela di antara ubin-ubin keramik.
  • Pilih produk pembersih lantai berkualitas, seperti Wipol, yang aktif membasmi kuman serta menjadikan lantai harum. Jika perlu, gunakan juga produk pengikis kerak kapur, seperti Vixal.

Caranya:    

  1. Sapu lantai untuk mengangkat debu dan pasir yang menumpuk. Anda bisa juga mengguyur lantai dengan air bersih untuk menggelontor debu. Air bisa mencapai sudut-sudut yang sulit dicapai bulu sapu. Gunakan pel karet untuk mendorong genangan air di lantai.
  2. Atasi bagian lantai yang paling kotor terlebih dahulu, seperti bagian yang berkerak, bernoda berat, atau berlumut. Semprotkan atau tuangkan sedikit cairan pembersih langsung pada bagian terpaling kotor tersebut dan diamkan beberapa saat. Gunakan sikat untuk keramik kasar. Cara membersihkan lantai keramik kasar yang tepat adalah menyikatnya dengan gerakan memutar. Jika noda belum tuntas, ulangi langkah ini sekali lagi. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sela di antara ubin-ubin keramik.
  3. Lanjutkan dengan membersihkan bagian lantai seluruhnya. Campur produk pembersih lantai dengan air sesuai petunjuk penggunaan. Pel lantai seperti biasa dan usahakan memeras kain pel sekuat mungkin sebelum dipakai. Cara membersihkan keramik lantai di luar rumah ini baik diterapkan agar tidak terjadi genangan air di permukaan keramik kasar yang tidak rata.
  4. Biarkan lantai mengering secara alami. Usahakan tidak menapak pada lantai yang masih basah agar pembersih bekerja maksimal membasmi kuman dan mencegah cairan pembersih bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel pada alas kaki Anda.

Permukaan kasar pada keramik di luar rumah bertujuan mengurangi risiko licin setelah terkena hujan. Dengan menjaga kebersihannya, tujuan ini lebih mudah tercapai. Cara-cara tersebut bisa juga Anda terapkan pada keramik kasar pada lantai kamar mandi basah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here