Cara Membuat Anyaman Ketupat untuk Makanan Lebaran

Ketahui Cara Membuat Anyaman Ketupat untuk Makanan Lebaran ini!

Cara membuat anyaman ketupat untuk makanan lebaran

Cara membuat anyaman ketupat untuk makanan lebaran ini perlu diketahui untuk persiapan lebaran yang hanya tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu untuk kumpul keluarga dan mengadakan acara yang semakin menyatukan dan berbagi kebahagiaan satu sama lain. Lebaran juga terasa tidak lengkap tanpa adanya makanan ketupat yang identik dengan momen lebaran itu sendiri. Buktinya saja, di mana ada ucapan selamat Idul Fitri tertera dua buah gambar ketupat atau lebih.

Ketupat sendiri sesungguhnya memiliki sejarah dan filosofi mendalam yang menjadikannya tradisi dari tahun ke tahun. Dalam filosofi Jawa, ketupat lebaran bukanlah sekedar makanan khas hari raya lebaran. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.
Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan.
Laku papat artinya empat tindakan, diantaranya lebaran, luberan, leburan, laburan.

Maka dari itu, tidak mungkin lebaran tahun ini terlewatkan tanpa ketupat sebagai makanan khas setiap lebaran. Jadi, mari kita perhatikan cara membuat anyaman ketupat untuk makanan lebaran di bawah ini.

Cara membuat anyaman ketupat untuk makanan lebaran:

  1. Siapkan daun kelapa yang masih muda atau janur sebanyak yang dibutuhkan. Daun yang masih muda dan segar tidak mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Jadi ketupat yang dihasilkan akan lebih enak, empuk, dan tahan lama.
  2. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun, kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  4. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun, janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
  6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
  7. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Untuk lebih jelasnya untuk Cara membuat anyaman ketupat untuk makanan lebaran ini, anda bisa melihat gambar cara membuat anyaman ketupat ini.

sumber: bloggerbondowoso24.blogspot.com

Bagaimana Alcartian? Mudah kan untuk memahami cara membuat anyaman ketupat dari gambar di atas? Kini, saatnya untuk praktek dan buat makanan ketupat yang enak, empuk, dan tahan lama untuk dinikmati bersama orang-orang tersayang di lebaran tahun ini.

ikuti promo belanja ketupat lebaran, diskon hingga 80% di alfacart.com!

Cek Disini

Baca juga: Yuk Cari Tahu Teknik Memasak Apa Yang Sering Kamu Gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here