Khawatir Bayi Alergi? Ini Cara Mencegah & Mengatasi Alergi pada Bayi

Banyak orang tua yang merasa khawatir saat memperkenalkan makanan baru untuk bayi mereka. Resiko alergi pada bayi adalah penyebab utamanya. Namun ada cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan munculnya alergi ini sehingga membuat kamu dan si kecil dapat makan makanan dengan aman dan tenang.

Mengatasi Alergi pada Bayi

Alergi pada bayi bereaksi ketika sistem kekebalan tubuh bayi kamu keliru memperlakukan zat makanan yang dikonsumsi sebagai salah satu yang berbahaya. Gejala alergi pada bayi dapat berupa diare, mual, eksim, sembelit, dan mata merah atau berair. Reaksi lebih serius seperti lidah dan tenggorokan membengkak sangat jarang terjadi. Dalam situasi ini, segera bawa bayi kamu ke dokter atau ahli medis.

Seorang bayi dengan intoleransi makanan akan mengalami kesulitan dalam mencerna suatu jenis makanan, yang dapat saja disebabkan oleh banyak hal, selain alergi. Kamu membutuhkan diagnosis dokter atau ahli medis untuk mengetahui penyebabnya dengan lebih pasti. Simak panduan dan cara mencegah alergi pada bayi terhadap makanannya berikut ini.

1. Tunda pemberian makanan padat.

Cobalah tunda memberikan makanan padat pada bayi sampai setidaknya bayi berumur 6 bulan. Sistem kekebalan tubuhnya akan lebih baik berkembang pada tahap ini.

2. Hindari makanan yang dikenal sering menyebabkan alergi pada bayi.

Contoh makanan tersebut seperti telur, kerang, dan buah jeruk.

3. Amati reaksi setelah pemberian makanan.

Perkenalkan makanan baru secara satu per satu dan tunggu beberapa hari untuk melihat apakah ada reaksi yang terjadi. Kamu akan lebih mudah mengenali “masalah” makanan pada bayi kamu sehingga dapat segera menghilangkannya dari menu makanannya.

 4. Apakah kamu sendiri memiliki alergi?

Tentukan apakah bayi kamu memiliki resiko yang tinggi terhadap alergi. Hal ini sering kali dapat menyebabkan peningkatan resiko alergi pada bayi kamu.

5. Diskusikan dengan dokter atau ahli medis.

Berhati-hati dengan masalah ini adalah langkah awal yang tepat. Perlu diingat bahwa alergi pada bayi hanya terjadi pada sekitar 8% bayi yang lahir. Jadi cobalah melihatnya dalam berbagai perspektif, selalu waspada saat memberikan makanan dengan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yand dapat terjadi, sehingga kamu menjadi percaya diri saat memperkenalkan makanan baru pada si kecil.

Cari susu bayi? Alfacart jual susu formula, ibu hamil, dan menyusui.
Pengiriman GRATIS* Belanja Online Murah & Mudah di Alfacart!

Cek di Alfacart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here