Cara Efektif Mencegah Virus Komputer Menyerang Flashdisk

Flashdisk adalah alat penyimpanan data yang paling nyaman karena sangat berguna dan mudah untuk dibawa-bawa. Flashdisk berfungsi untuk mentransfer data pribadi dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Namun, justru proses ini lah yang menjadi penyebab utama perangkat atau sistem kamu terinfeksi virus komputer. Berikut tips & cara mencegah virus komputer yang menyerang flashdisk.

Flashdisk Sandisk Harga Murah1. Selalu scan USB flashdisk sebelum menggunakannya

Setiap tahun banyak virus yang diciptakan untuk merusak fungsi komputer atau perangkat kita. Jika kita tidak menggunakan sistem keamanan atau antivirus, atau bahkan tidak mengupdate atau memperbarui antivirus kita, maka komputer atau perangkat kamu beresiko tinggi terkena virus. Saat ini banyak antivirus original yang dapat kamu download secara gratis di internet.

2. Hindari menggunakan flashdisk di komputer umum/publik

komputer warnet dan sekolah lebih rentan terinfeksi segala jenis malware dan virus. Komputer yang terinfeksi virus dapat secara otomatis menginfeksi flashdisk yang terhubung ke perangkatnya. Untuk menghindari masalah ini, gunakan email atau layanan transfer file secara online seperti dropbox saat mentransfer file dari komputer sekolah ke komputer kamu.

 3. Buat folder autorun.inf di root directory USB flashdisk kamu

Membuat folder dengan nama autorun.inf di dalam flashdisk akan mencegah virus komputer menginfeksi flashdisk kita. Virus tidak dapat menggantikan folder ini jadi cara ini dapat sangat membantu untuk mencegah virus autorun. Virus autorun dapat menghilangkan dan menghapus isi file kamu, jadi tidak salah kalau kamu antisipasi dari sekarang.

 4. Kewaspadaan sangat diperlukan untuk mencegah virus komputer menyerang flashdisk kamu

Berhati-hati dan selalu waspada dalam menggunakan flashdisk adalah cara terbaik yang perlu kamu lakukan jika ingin menghindari virus komputer. Jangan menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal di komputer atau perangkat yang terinfeksi.

Beli Flashdisk

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here