Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan

Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan.

Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan

Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan – Pengelolaan keuangan pribadi masih menjadi masalah yang cukup diperhatikan oleh orang-orang. Terutama setelah menerima gaji bulanan, kalimat “gaji cuma numpang lewat” masih sering terlontarkan. Ditambah kita baru saja melewati momen lebaran yang biasanya membuat pengeluaran pribadi menjadi lebih banyak dari biasanya.

Cara mengatur uang agar tidak boros perlu dipahami agar anda sebagai pengatur keuangan pribadi anda sendiri dapat terbiasa hidup hemat dengan menabung tapi masih tetap bisa melakukan hal yang menyenangkan diri sendiri.

Berikut dapat diikuti cara mengatur pengeluaran keuangan pribadi dari gaji bulanan dalam bentuk rumus persentase yang mudah diaplikasikan.

Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan.

Menabung Bulanan (10%)

Setiap bulan dari gaji yang anda terima, wajib hukumnya untuk tetap memiliki tabungan minimal 10% dari uang gaji anda. Dan hal ini harus anda persiapkan di setiap awal bulan bukan justru menyisakan uang di akhir bulan.

Memenuhi Kebutuhan Keluarga (40%)

Memikirkan kebutuhan keluarga itu perlu. Baik sudah berkeluarga atau belum, anda tetap bisa menggunakan 40% gaji sebagai cara mengatur pengeluaran keuangan pribadi dari gaji bulanan untuk keperluan keluarga dan rumah tangga. Untuk anda yang belum memiliki keluarga sendiri, anda bisa membantu dengan membelikan keperluan sembako atau keperluan rumah lainnya. Anda juga bisa membagikan penghasilan anda kepada keluarga anda sendiri. Untuk yang sudah berumah tangga, anda bisa membaginya untuk arisan keluarga, kebutuhan rumah tangga, keperluan sehari-hari, konsumsi, hingga hadiah ulang tahun untuk saudara.

Baca juga: Hal-Hal Yang Biasa Dilakukan Pada Saat Arisan

Memenuhi Kebutuhan Pribadi (20%)

Anda tetap bisa menikmati gaji bulanan anda untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. Masih ada 20% dari gaji yang dapat anda gunakan untuk berbelanja, membeli sepatu dan baju sendiri, pulsa dan kuota bulanan, dan kebutuhan lain yang memang anda butuhkan.

Membayar Cicilan (10%)

Anda memiliki porsi 10% dari gaji sebagai cara mengatur perencanaan pengeluaran bulanan keuangan anda. Jangan biarkan total cicilan atau kartu kredit anda melebihi 10% dari gaji anda. Jika sudah terlanjur, segera lunasi, dan jangan tambah lagi cicilan anda untuk hal-hal yang tidak penting.

Bersenang-senang (20%)

Siapa bilang dengan gaji yang anda terima setiap bulannya tidak bisa anda gunakan untuk bersenang-senang? Anda memiliki 20% dari gaji bulanan untuk nongkrong dengan teman-teman di Kafe atau berlibur bersama sahabat.

Selain perhitungan di atas, ada baiknya anda juga memiliki dua rekening tabungan karena dengan begitu memudahkan anda untuk membagi uang yang akan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan uang yang akan ditabung. Memiliki dua tabungan juga bisa memotivasi anda untuk mengisi tabungan tersebut. Tentunya, anda harus memiliki dua rekening di bank yang berbeda. Untuk rekening uang tabungan, sebaiknya anda memilih bank yang tidak ada potongan administrasi dan ATM-nya.

Baca juga: Cara Mengatur Anggaran Keuangan Yang Mudah Dan Praktis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here