Cara Menggunakan IGTV Fitur Terbaru Instagram

Cara Menggunakan IGTV Fitur Terbaru Instagram
Foto: instagram-press.com

Alcartian, sudahkah kamu memperbarui aplikasi Instagram yang kamu miliki? Jika belum, ayo segera update Instagram kamu karena akhir-akhir ini Instagram mengeluarkan beragam fitur terbaru yang semakin mendukung setiap aktivitas untuk posting dalam bentuk video yang lebih maksimal dibandingkan posting video pada kolom posting biasa dan story. Apakah itu? IGTV atau Instagram TV. Yuk, kenali apa itu IGTV dan bagaimana cara menggunakan IGTV fitur terbaru Instagram ini agar kamu semakin kekinian!

Tidak hanya IGTV, sebelumnya Instagram telah mengeluarkan fitur lain yang mendukung posting dalam bentuk video untuk kegunaan para user. Bermula dari story yang muncul di sisi atas halaman muka Instagram untuk dapat memuat video berdurasi hingga 15 detik, IG Live untuk keperluan posting video dalam kondisi yang sedang berlangsung, hingga kini IGTV yang semakin memanjakan pengguna Instagram untuk menggunggah video-video dengan konten menarik untuk dibagikan dalam akun Instagram mereka.

Baca juga: Viral Perdebatan Fitur Question di Instagram, Kamu Tim yang Mana?

IGTV atau Instagram TV merupakan fitur terbaru dari aplikasi Instagram yang memiliki kegunaan untuk berbagi konten video dalam format vertikal hingga 10 menit yang sebelumnya hanya 1 menit saja. IGTV ini dapat digunakan untuk berbagi video si pemilik akun, menonton video unggahan akun lain, bahkan kamu juga dapat mengunduh video tersebut. Yang membedakan IGTV dengan fitur video Instagram lainnya yaitu kamu tetap dapat memberikan tanda love (like), komentar, dan dibagikan melalui pesan (Direct Message) sambil tetap menonton video. Berbeda dengan postingan biasa, dimana kamu tidak bisa melihat konten dan membaca komentar secara bersamaan.

Lalu, bagaimana jika kamu ingin mengunggah video di akun IGTV? Beginilah caranya.

Cara Menggunakan IGTV Fitur Terbaru Instagram

Untuk kamu yang baru pertama kali memiliki fitur IGTV, tentu saja sebelumnya kamu sudah memperbarui akun Instagrammu hingga muncul tanda IGTV pada sisi kanan atas di sebelah tanda Direct Message. Untuk melakukan posting pertama, kamu harus memiliki channel IGTV sendiri. Kamu dapat membuatnya langsung setelah membuka fitur IGTV ini. Jadi, bagaimana cara menggunakan IGTV fitur terbaru Instagram ini?

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Temukan tanda IGTV pada sisi kanan atas, klik.
  3. Pilih tanda “setting” lalu “create channel”. Setelahnya, akan muncul foto profil akun IG-mu.
  4. Klik foto profilmu pada sisi kanan, pilih tanda “+”.
  5. Pilih video mana yang sudah tersimpan untuk kamu bagikan, klik “Next”.
  6. Sunting tampilan muka video sesuai yang kamu inginkan. Isi “title”, “description”, dan pilih apakah videomu ingin ditampilkan ke Facebook juga atau tidak.
  7. Jika sudah, klik “Post”.

Untuk menonton video di fitur terbaru Instagram ini, setelah memilih tanda IGTV, kamu akan melihat beragam video yang ditawarkan untuk ditonton. Langkah-langkahnya:

  1. Pilih video mana yang ingin kamu tonton.
  2. Untuk menontonnya di layar penuh kamu dapat gulir layar ke bawah dan gulir layar ke atas kembali untuk memunculkan pilihan video lainnya.
  3. Kamu akan menemukan 4 menu pilihan yang membantu kamu untuk menonton video, diantaranya:
    – For You: Kumpulan video dari berbagai channel rekomendasi yang disesuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan kamu.
    – Following: Kumpulan video dari akun Instagram yang kamu follow.
    – Popular: Kumpulan video yang sedang trending dan banyak ditonton.
    – Continue Watching: Kumpulan video yang pernah kamu tonton sebelumnya tapi belum selesai. Jadi, jika suatu saat kamu sedang menonton video dan entah karena apa kamu harus berhenti menontonnya, kamu bisa melanjutkannya di lain waktu.

Selain menggunakan fitur IGTV pada aplikasi Instagram di smartphone kamu, hal yang sama juga dapat kamu lakukan melalui website. Jangan lupa untuk tetap positif dalam setiap postingan kamu, ya!

Baca juga: Bijak Update Kata-kata Positif di Status Media Sosial

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here