Saatnya Untuk Kuat & Berani, Berikut 6 Cara Menghadapi Pelecehan Seksual Wanita!

Bukan Lagi Melihat Pelecehan Sebagai Tindakan Yang Mengancam, Ini Cara Menghadapi Pelecehan Seksual Wanita Yang Harus Kamu Lakukan! Saatnya Wanita Beraksi!

Cara Menghadapi Pelecehan Seksual Wanita

Pelecehan seksual terhadap kaum hawa kian marak terjadi. Akhir-akhir ini, baru saja Tangerang dihebohkan dengan kasus pelecahan yang menimpa seorang perempuan di daerah Bintaro yang gempar dengan kejadian begal payudara. Hal ini tentunya tidak hanya mencuri perhatian masyarakat sekitar namun menjadi sebuah kehati-hatian bagi seluruh wanita di Indonesia. Sudah menjadi label bahwa wanita seringkali menjadi korban pelecehan seksual ketimbang pria. Hal inilah yang seharusnya menyadarkan setiap belahan masyarakat untuk lebih menghargai satu sama lain dan saling menguatkan.

Berbicara soal pelecehan seksual wanita dapat terjadi di mana saja. Baik di transportasi, tempat-tempat umum, bahkan beberapa diantaranya kerap terjadi di tempat kerja atau lingkungan rumah sendiri. Dilansir melalui detik.com yang menyampaikan survey pelecehan seksual melalui pernyataan koalisi masyarakat sipil, pelecehan seksual wanita dapat terjadi bukan karena pemakaian pakaian wanita yang minim. Top 3 pakaian yang wanita pakai adalah rok atau celana panjang (18%) dan baju lengan panjang (16%). Hal ini menggubris pernyataan banyak orang yang seringkali menyalahkan pemakaian busana minim pada wanita. Bahkan terhitung data 17% itu korbannya memakai hijab.

Baca juga: Melihat Kepribadian Wanita Dari Pakaiannya

6 Cara Menghadapi Pelecehan Seksual Wanita Yang Harus Dilakukan

Gambar oleh Alexas_Fotos dari Pixabay

Pelecehan seksual wanita meliputi berbagai jenis kejadian seperti perilaku verbal, non-verbal, atau visual yang berkonotasi seksual, melanggar kesopanan, dan dilakukan secara sepihak sehingga mengakibatkan rusaknya martabat seseorang. Jadi, perilaku seperti catcalling, komentar mesum, lirikan vulgar, permintaan selfie tanpa busana, dan lain-lain juga merupakan pelecehan seksual.

Kini, sudah waktunya bagi para wanita Indonesia untuk berani unjuk gigi dan bela diri di manapun mereka berada agar mampu menghadapi kasus pelecehan seksual yang sudah tidak bisa dibiarkan semakin menjadi-jadi. Jadi, mulailah untuk berani melakukan 6 cara menghadapi pelecehan seksual wanita berikut ini.

Miliki sikap waspada di manapun kamu berada

Image by rawpixel from Pixabay

Jangan terlalu sibuk main handphone atau asyik sendiri saat bepergian. Bukan bermaksud agar kamu menilai lingkungan selalu negatif, namun saat kamu berada di tempat umum, adalah tanggung jawab diri sendiri untuk menjaga diri tetap aman dan terhindar dari pelecehan seksual. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan fasilitas publik yang disediakan khusus bagi perempuan.

Belajar melindungi diri sendiri

photo: solomartialartsnewcastle

Cintai dirimu dengan selalu memberikan yang terbaik. Jika kamu termasuk orang yang aktif bepergian ke sana ke mari sendirian, adalah berguna untukmu menguasai beberapa ilmu bela diri, seperti Muay Thai, Taekwondo, dan lain-lain. Setidaknya kamu tahu bagaimana cara melawan si pelaku secara fisik.

Selalu siap sedia semprotan lada atau minyak angin

Photo: HelloSehat

Jika kamu termasuk wanita yang tidak suka kegiatan olahraga, kamu juga dapat mengatasinya dengan menyediakan botol semprot khusus berisikan air lada atau minyak angin panas yang dapat kamu semprotkan langsung ke mata atau muka si pelaku. Apalagi jika kamu sering pulang malam, jika kamu merasa ada yang mulai mengganggu, gunakan semprotan ini dan langsung lari.

Berani untuk tegas dan memberi teguran kepada pelaku

Tidak sedikit wanita yang masih takut ketika harus menegur pelaku. Khawatir akan tindakan kekerasan atau kejahatan selanjutnya dari pelaku, namun sebagai wanita, kamu harus lebih menghargai dirimu sendiri daripada respon orang lain. Dengan bersikap tegas, kamu juga mungkin dapat membuat si pelaku untuk segan berbuat lebih jauh. Tatap langsung mata pelaku dan nyatakan ketidaksukaanmu terhadap perilakunya, misal “jangan merangkul saya, itu membuat saya tidak nyaman,” atau “jangan berkata seperti itu kepada saya, itu enggak baik.” Apapun yang kamu rasakan, katakanlah dengan lantang, tapi hindari bersikap agresif atau berkata kasar pada pelaku.

Teriak dan melarikan diri

Jika kamu sudah dalam kondisi bingung harus berbuat apa, perhatikan pelan-pelan lingkungan sekitar, terutama letak pintu keluar dan kemungkinan untuk meminta bantuan bila diperlukan. Berusahalah untuk mencuri perhatian dari orang lain dengan berteriak lalu ambil langkah seribu menjauh dari si pelaku.

Harus melaporkan kejadian yang kamu alami

Bukan bagianmu untuk diam! Kasus pelecehan seksual yang kamu alami harus dibicarakan dengan orang-orang yang kamu percayai, seperti keluarga dan sahabat. Indonesia juga memiliki hukum yang ketat terkait kasus ini. Jadi, jangan takut untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib. Jika kamu memilih untuk diam, hal ini dapat dianggap enteng oleh pelaku dan membuatnya lebih bebas lagi melakukan hal yang tidak semena-mena. Yuk, sama-sama lindungi semua perempuan!

Nah, itu dia 6 cara menghadapi pelecehan seksual wanita yang perlu kamu lakukan. Jika kamu takut pergi sendirian, kamu dapat mengajak sahabat atau keluarga. Sudah saatnya wanita harus kuat, berani, dan tegas!

Baca juga: Rekomendasi Barang Super Murah di Promo Clearance Sale Alfacart!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here