Cara Merawat Rambut Rusak

Pernahkah kamu mengalami hal berikut? Berjam-jam menata rambut, namun ternyata gaya rambut tidak bertahan lama, atau rambut yang seringkali lepek tidak bervolume, batang rambut terasa kering & kasar dan mudah patah — ini adalah tanda-tanda rambut rusak. Rambut rusak bisa menjadi frustasi tersendiri, karena rambut jadi sangat sulit ditaklukkan serta tidak tampak indah. Akan tetapi, penyebab rambut rusak biasanya merupakan perpaduan dari lingkungan, dan kebiasaan yang merusak, seperti penggunaan alat styling rambut panas, dan regime perawatan rambut yang kurang tepat. Artinya, ada cara untuk dapat memutarbalikkan kondisi dan membantu merawat kerusakan rambut akibat kebiasaan-kebiasaan tersebut. Cari tahu tips profesional kami tentang cara perawatan rambut rusak dengan tepat.

  1. Lindungi Rambut dari Berbagai Elemen Perusak Rambut

Kondisi rambut rusak biasanya dipengaruhi oleh berbagai elemen-elemen yang merusak, misalnya: paparan sinar matahari, kondisi cuaca, angin, dan hujan yang juga dapat menyebabkan rambut kering. Jika dibiarkan terus menerus, akan mengurangi kekuatan rambut dan menjadikannya kering & rapuh. Berikan rambutmu perlindungan ekstra dengan menggunakan kondisioner, minimal seminggu sekali, sebaiknya yang mengandung nutrisi intensif, seperti TRESemmé Total Salon  Repair conditioner. Dengan kandungan Nourishing Power Ionic Complex, akan membantu menutrisi setiap helai rambutmu agar lebih lembut, lebih kuat dan terlihat sehat, terlindung dari elemen-elemen lingkungan yang merusak.

  1. Lindungi Rambut dari Panas Alat Styling Rambut. 

Hairdryer, catokan, curling iron — rasanya semua alat styling ini wajib dimiliki setiap perempuan, bukan? Tapi tahukah kamu kalau alat-alat itu dapat mencapai suhu hingga 230°C? Bayangkan panas yang harus dihadapi rambut kita setiap harinya. Jadi, tidak heran jika alat-alat ini kerap menyebabkan rambut terlihat kering dan rusak. Saat itulah dibutuhkan perlindungan rambut seperti heat protection spray: gunakan pada rambut basah sebelum memakai pengering rambut, dan lakukan lagi pada rambut kering sebelum ditata menggunakan alat styling rambut yang panas. Spray ini akan menciptakan penghalang yang akan melindungi rambut dari bahaya suhu panas, sekaligus membuat rambut terlihat halus dan berkilau.

  1. Sisir Rambut dengan Lembut

Tahukah kamu kalau rambut berada pada kondisi paling lemah saat basah? Meskipun kamu merasa ini waktu yang paling tepat untuk menyisir, namun menyisir dengan terlalu semangat saat rambut basah justru dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut, yang dapat menyebabkan ujung rambut bercabang dan patah. Untuk membantu melindungi rambut, sisirlah rambut menggunakan jari saat keramas menggunakan kondisioner. Kondisioner akan melapisi helai rambutmu dan berperan sebagai pelicin, membuat rambut kusut menjadi lebih mudah untuk disisir.

Dalam memilih sisir, pilihlah sikat rambut dengan sikat berbahan plastik dan bergigi jarang, atau sisir garpu dengan bahan plastik dan bergigi lebar, yang akan memberikan area lebih bagi helai-helai rambut agar tidak terlalu kusut dan lebih mudah diurai —dan sisir rambut dengan lembut dan lakukan dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian.

  1. Perawatan Lebih bagi Rambut Berwarna

Mewarnai rambut mungkin salah satu cara yang kamu lakukan untuk mencoba gaya rambut baru atau merefleksikan gaya rambut yang berbeda — tapi proses pewarnaan rambut dengan bahan kimia, dapat menyebabkan rambut rusak dan kering, sehingga menjadikannya lebih sulit untuk mempertahankan kilau dan volumenya. Untuk membantu mengisi kembali nutrisi dan kelembutan rambut, sekaligus menjaga kilau warna rambut, kamu perlu melakukan perawatan rambut lebih terhadap rambut yang diwarnai. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk rambut berwarna, atau mengandung protein yang dibutuhkan rambut pewarna, agar membantu menutrisi rambutmu dan menjaganya terlihat sehat dan berkilau.

  1. Atur Frekuensi Keramas 

Tak ada yang bisa menyaingi rasa segar dari rambut yang baru dikeramas, tapi keramas terlalu sering dalam waktu dekat dapat menguras kelembapan helai rambutmu, menjadikannya kering dan rapuh. Cobalah untuk mengatur frekuensi keramas rambutmu, salah satunya dengan menggunakan alternatif dry shampoo di hari-hari belum keramas – dry shampoo akan membantu menyerap minyak dan menghilangkan bau agar rambut terlihat dan terasa segar seperti baru keramas. Dan saat kamu keramas, sebaiknya pilih shampoo yang dapat membersihkan sekaligus melembapkan rambutmu, seperti TRESemmé Total Salon Repair Shampoo & Conditioner yang dirancang khusus untuk rambut kering dan rusak, sehingga membantu menambah kelembapan yang dibutuhkan oleh rambutmu.

Jika kamu masih bertanya-tanya alasan rambut yang kering dan rusak, jawabannya mungkin ada di rutinitas perawatan rambutmu. Ingatlah tips-tips sederhana ini agar kamu tahu cara merawat rambut rusak dan bersiaplah menyambut rambut yang terlihat sehat dan lebih kuat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here