Cara Terbaik Agar Bahan Masakan Yang Kamu Olah Tidak Kehilangan Nilai Gizinya

Cara Terbaik Agar Masakan Tidak Kehilangan Nilai Gizinya


Cara Terbaik Agar Bahan Masakan Yang Kamu Olah Tidak Kehilangan Nilai Gizinya

 

Rencana mau masak apa hari ini Alcartian? Masak masakan ala Korea? Ala Jepang? Atau ala daerah lokal Indonesia? Hmm.. Sebelum kamu mulai untuk memasak, sebaiknya kamu harus tahu bagaimana sih cara yang baik untuk memperlakukan bahan masakan yang akan kamu gunakan agar kandungan nilai Gizi yang terkandung di dalam bahan masakan tidak hilang, sehingga makanan yang kamu makan nanti tetap memiliki kualitas Gizi yang baik. Nah, bagaimana caranya?

Menyajikan sendiri masakan untuk keluarga atau orang yang spesial tidak boleh asal, agar kandungan Gizi tetap terjaga berikut ada beberapa informasi yang menjelaskan bagaimana cara untuk mengolah bahan makanan agar Gizinya tetap terjaga.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Teknik Memasak Apa Yang Sering Kamu Gunakan?

  1. Menggoreng


    Memasak dengan cara digoreng merupakan teknik memasak yang sering digunakan, namun perlu kamu tahu adalah memasak dengan suhu yang terlalu tinggi akan berdampak bagi sebagian zat gizi karena berpotensi akan rusak, diantaranya adalah vitamin dan protein.

    Pada saat sedang menggoreng sebaiknya diusahakan agar tidak di goreng terlalu kering atau gosong agar protein tidak rusak. Untuk bahan masakan jenis makananan hewani seperti telur atau daging sebaiknya kamu imasak hingga matang, karena jika dimasak dengan kondisi setengah matang atau kurang matang bisa menimbulkan ancaman bagi kesehatan. Telur setengah matang misalnya, masih mengandung zat antigizi (avidin) yang dapat menghambat penyerapan Vitamin A. Terkesamping dari itu, pilihlah wajan yang berkualitas sehingga memasak bisa jadi lebih menyenangkan. 

  2. Memanggang


    Cara masak dengan memanggang biasanya banyak digunakan pada saat momen tahun baru tiba, mengolah bahan masakan dengan cara ini juga dapat merusak kandungan protein dan vitamin loh Alcartian! Adapun cara agar kandungan zat Gizi pada bahan masakan berkurang kerusakannya, kamu bisa memasukkan terlebih dahulu bahan masakan yang akan dipanggang ke dalam microwave dengan waktu kurang lebih dua menit baru di panggang kemudian.

    Cara yang lainnya adalah dengan memberi jarak yang cukup antara bahan yang akan dipanggang dengan bara apinya, pastikan juga ketika kamu sedang memanggang jangan terlalu lama agar tidak memunculkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

  3. Menghangatkan Makanan /  Dipanaskan Kembali


    Ketika makanan dipanaskan kembali maka kandungan Gizi rusak pada makanan tersebut juga akan bertambah banyak, adapun cara agar kondisi Gizi yang rusak pada makanan yang dihangatkan atau dimasak kembali tidak banyak adalah dengan membekukannya terlebiih dahulu atau setidaknya kamu simpan di dalam lemari pendingin, Vitamin B dan C akan sangat berkurang jika dibiarkan hangat terlalu lama atau terlalu panas.

  4. Merebus


    Mengolah bahan masakan dengan cara direbus ternyata dapat merusak  Vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini terdapat dalam bayam, ubi, kedelai, kentang, jamur, asparagus, dan lainnya. Sama halnya dengan Vitamin C yang terkandung dalam jeruk, katuk, daun kelor, daun singkong, dan brokoli akan mudah larut dalam pemanasan.

    Untuk itu pada proses pengolahan atau saat memasak sayuran buanglah bagian yang keras dan tidak dapat dimakan, cuci dahulu sebelum dipotong-potong agar vitamin dan mineral tidak hanyut pada air cucian tersebut.

    Rebus dengan sedikit air dan suhu yang tidak terlalu panas, angkat setelah matang serta jangan sampai layu atau berubah warna. Saat mengkonsumsi sayur sebaiknya air rebusan ikut dimakan karena banyak vitamin dan mineral penting yang larut di dalamnya.

Memassak akan menyenangkan jika kita tahu bagaimana cara mengolah bahan masakan dengan baik dan ditunjang juga dengan peralatan memasak yang memiliki kualitas yang baik. Kamu sudah siap untuk mulai memasak sekarang? Yuk cek peralatan masak yang bagus dengan harga yang sangat bersahabat hanya di alfacart.com

 

Alfacart.com, Belanja Online Jadi Dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here