DIY Cairan Disinfektan Paling Praktis & Mudah dengan 2 Bahan Ini! Apa Saja?

Cegah Penyebaran Virus Corona dengan DIY Cairan Disinfektan Paling Praktis dan Mudah, Hanya dengan Menggunakan 2 Bahan ini! Wajib Tahu dan Cek Selengkapnya!

Cairan Disinfektan Bayclin
Photo: Doc. Pribadi

Merebaknya kasus penyebaran virus corona atau yang kita kenal dengan istilah COVID-19 dari hari ke hari semakin meningkatkan jumlah pasien yang terpapar virus tersebut. Hal ini tentu saja membuat seluruh warga Indonesia kian meresahkan dan membuat cemas berbagai pihak. Pasalnya, ada anak, orang tua, dan orang-orang tersayang yang perlu kita lindungi dan tentunya bisa mengancam jiwa siapa saja.

Karena hal ini pula, Pemerintah turut berupaya untuk menangani kasus ini secara serius. Beberapa cara yang telah diimbau ialah menjaga kebersihan diri sendiri. Selain rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih, ada satu hal lagi yang perlu kamu coba sendiri di rumah, yaitu DIY cairan disinfektan. Untuk kamu yang belum tahu, cairan disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran virus untuk membasmi kuman penyakit.

Baca Juga: DIY Hand Sanitizer Alcohol Aloe Vera, Cegah Virus Corona Si Pandemik! Beneran Ampuh?

DIY Cairan Disinfektan dengan Menggunakan 2 Bahan Termudah

Dengan bahan-bahan yang murah, kamu sudah bisa DIY cairan disinfektan sendiri di rumah dan efektif untuk menjaga tempat tinggal kita. Nah, kira-kira bahan apa saja yang dibutuhkan? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

Cairan Disinfektan Bayclin
Photo: Doc. Pribadi

Bahan:

  • Air bersih
  • Bayclin 100ml

Alat:

  • Botol spray
  • Corong
Cairan Disinfektan Bayclin
Photo: Doc. Pribadi

Langkah-langkah:

Masukkan 95ml Bayclin ke dalam wadah botol spray, kemudian campurkan dengan 905ml air untuk bisa menghasilkan 1000ml larutan disinfektan.

Photo: Doc. Pribadi
Photo: Doc. Pribadi

 Penggunaan:

Setelah DIY cairan disinfektan bercampur di dalam botol spray, kamu hanya perlu menyemprotkan pada benda atau barang-barang yang paling sering terkena sentuhan tangan kita, seperti kaca, gagang pintu, mouse laptop, hingga sepatu sekali pun. Disarankan, kita dapat rutin melakukannya minimal 2 hari sekali, pada waktu pagi dan sore hari.

Photo: Doc. Pribadi

Cara ini rupanya sudah mendapat penjelasan dari dr Nahla Shihab melalui akun salah satu media sosialnya. “Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25%. Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5%. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran.” pungkas Nahla.

Baca Juga: Heboh Obat Virus Corona Klorokuin, hingga Kenali Beda Batuk Corona dan Batuk Biasa

Photo: Doc. Pribadi

Setelah Tim Blog Alfacart.com mencoba DIY cairan disinfektan, aroma yang dikeluarkan oleh Bayclin memang sangat menyengat, sehingga disarankan agar anak-anak bebas dari jangkauan ketika kamu hendak menyemprotkan cairan kimia ini. Semprotkan cairan disinfektan dengan jarak 30cm dengan media yang akan disemprot, seperti kami menyemprot kaca jendela, meja, sofa, dan jok kendaraan bermotor. Setelah itu, biarkan cairan mengering dengan udara atau juga bisa dilap dengan kain kering.

Beli Produk Bayclin di Alfagift

Untuk kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa membeli Bayclin dengan harga termurah di Aplikasi Alfagift, ya! Semoga sukses dan stay safe #dirumahaja.

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here