DIY Hand Sanitizer Alcohol Aloe Vera, Cegah Virus Corona Si Pandemik! Beneran Ampuh?

Virus Corona Sudah Dianggap Sebagai Pandemik Oleh WHO. Segera Buktikan Cara Membuat / DIY Hand Sanitizer Alcohol & Aloe Vera Gel Ini. Ternyata Sangat Mudah!

DIY Hand Sanitizer Alcohol Aloe Vera
Photo: Doc. Pribadi

Sejak Indonesia mendapatkan status positif virus corona, banyak masyarakat mulai menunjukkan kepanikannya dengan membeli berbagai sembako, mulai dari beras, peralatan cuci sehari-hari, mie instan, sampai produk-produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Pembelanjaan produk yang berlebihan ini ternyata memberikan dampak yang kurang baik karena menjadikan produk-produk tersebut menjadi barang langka. Apalagi WHO sudah mendeklarasikan virus corona sebagai pandemik.

Hand sanitizer salah satunya. Selain masker, cairan pembersih tangan antiseptik saat ini mulai sulit dicari, terutama cairan pembersih tangan tanpa dibilas yang dapat dibawa bepergian ke mana saja. Memakai hand sanitizer memang dapat membantu kamu agar terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel di benda-benda yang kamu gunakan agar tanganmu sudah dilindungi lebih dulu berkat kandungan-kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Cobain Masker Bubuk Lea Gloria Face Mask Yang Ada Dingin-Dinginnya, Beli Gak Ya?

DIY Hand Sanitizer Alcohol & Aloe Vera, Bisa Menggantikan Cairan Pembersih Tangan Jualan Produsen?

cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya
Photo: Doc. Pribadi

Karena mulai sulitnya hand sanitizer ditemukan di toko-toko, bahkan jika ingin membeli online khawatir ada produk palsu dari oknum yang memanfaatkan suasana, saat ini tengah heboh cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya dan alkohol di rumah sendiri. Kami pun turut mencoba dan ingin membuktikannya sendiri seberapa mampunya hand sanitizer buatan sendiri ini dapat membersihkan tangan.

DIY Hand Sanitizer Alcohol & Aloe Vera Gel, Solusi Cegah Virus Corona Si Pandemik

(Untuk kemasan botol 100ml)

Bahan-bahan:

100 ml Alkohol 70%
50ml Aloe Vera gel
Wadah kosong atau mangkuk
Botol plastik
Sendok

Cara membuat:

  1. Tuangkan 100ml Alkohol ke dalam wadah kosong. Pastikan wadah dalam keadaan benar-benar bersih.
Photo: Doc. Pribadi

2. Masukkan aloe vera gel sebanyak 50ml ke dalam wadah. (1 sdm = 15ml)

Photo: Doc. Pribadi

3. Aduk secara cepat sampai merata agar hand sanitizer dapat memiliki bentuk gel padat yang kenyal dan menyatu. Jika kamu mengaduknya terlalu pelan, gel aloe vera dan alkohol lebih sulit dan lama menyatu.

Photo: Doc. Pribadi
Photo: Doc. Pribadi

4. Taraaaaa…!! Jadi deh hand sanitizer gel buatan sendiri! Pastikan teksturnya benar-benar berbentuk gel ya.

Photo: Doc. Pribadi

5. Setelahnya, ambil botol kosong 100ml yang sudah disediakan di awal dan masukkan cairan gel hand sanitizer ke dalam botol kosong yang dapat kamu pakai setiap hari.

Photo: Doc. Pribadi
DIY Hand Sanitizer Alcohol Aloe Vera
Photo: Doc. Pribadi

Yeay!!! Sekarang kamu sudah bisa melakukan DIY Hand Sanitizer dengan sangat mudah dan tanpa butuh banyak modal kan?

Setelah kami mencobanya, hand sanitizer dari aloe vera gel dan alkohol ini tetap terasa nyaman di kulit tanpa membuatnya kering dan lengket. Hal ini dikarenakan kandungan aloe vera yang berguna untuk melembabkan sedangkan alkohol dapat membersihkan kuman yang tertinggal di kulit. Jadi, dari pada kebingungan cari cairan pembersih tangan antiseptik, sebaiknya kamu buat sendiri saja di rumah!

Photo: Doc. Pribadi

Oh ya, kandungan alkohol yang dapat kamu gunakan untuk membuat hand sanitizer adalah 60%-90%. Selain memilih aloe vera gel kemasan, gel lidah buaya murni dari tanamannya langsung juga oke banget loh buat dipakai! Jika kamu ingin menambahkan aroma, bisa tambahkan essential oil favoritmu dan aduk di proses awal bersama dengan alkohol dan gel lidah buayanya ya!

Untuk lebih mudahnya, jika kamu ingin membuat ke dalam ukuran botol yang berbeda, kamu bisa menggunakan rumus ini loh:

V1.M1 = V2.M2

V1 artinya Volume Alkohol (liter)
M1 artinya Konsentrasi Alkohol
V2 artinya Volume Hand Sanitizer
M2 artinya Konsentrasi Hand Sanitizer

Pertama, tentukan dulu berapa liter hand sanitizer yang akan dibuat dan berapa konsentrasinya. Lalu, berapa konsentrasi alkohol yang kamu punya, setelahnya tuangkan alkohol sejumlah hasil rumus di atas.

Yuk, kreasikan hand sanitizer buatanmu sendiri dan hindari penyebab virus corona dari sekarang!

Baca juga: Citra Fresh Glow Multifunction Gel Terbaru, Ngakunya No Alcohol. Aman Gak Ya Buat Wajah?

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here