4 Fakta Seputar Timnas Prancis, Pemenang Piala Dunia 2018

Ketahui 4 Fakta Seputar Timnas Prancis, Pemenang Piala Dunia 2018 Berikut Ini.

Fakta Seputar Timnas Prancis, Pemenang Piala Dunia 2018
Bendera Prancis (Foto: pixabay)

4 fakta seputar timnas Prancis, pemenang piala dunia 2018 ini ternyata menunjukkan keunikan yang seolah menampilkan sifat khusus timnas Prancis dari tahun ke tahun yang mengikuti pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini setiap empat tahun sekali. Piala dunia 2018 baru saja selesai, dan Prancis berhasil mematahkan “ramalan” banyak orang yang menyangka akan adanya juara baru dari pertandingan yang diadakan di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia ini.

Tim yang dilatih oleh Didier Deschamps ini mendapat skor 4-2, menang melawan Kroasia, negara yang belum pernah mencapai semi final sepanjang sejarah piala dunia pada babak final yang diadakan pada Minggu malam WIB (15/7/2018). Skor tersebut jelas membawa kebahagiaan besar bagi negara yang dikenal dengan sebutan “negara cinta” ini. Kemenangan Prancis menunjukkan beragam berita dan fakta menarik bagi para penikmat sepak bola di seluruh dunia.

Baca juga: 5 Fakta Unik Piala Dunia 2018 yang Wajib Kamu Ketahui

4 Fakta Seputar Timnas Prancis, Pemenang Piala Dunia 2018

Prancis Piala Dunia 2018
Kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018 (Foto: citraindonesia.com)

Timnas Prancis kembali menunjukkan kehebatannya dalam menguasai lapangan sepak bola untuk menjadi pemenang dalam pertandingan Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia. Mari kita simak apa saja berita terkini dan fakta menarik dari timnas “negeri cinta” tersebut.

  1. Tuan Rumah Piala Dunia 1998
    Prancis pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1998. Piala Dunia 1998 merupakan edisi keenam belas dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Prancis, 10 Juni hingga 12 Juli 1998. Prancis dipilih FIFA pada bulan Juli 1992 dalam pemilihan di Zürich, Swiss, mengalahkan dua calon lainnya, Maroko dan Swiss. Pertandingan sepak bola ini diadakan di Stadion Parc des Princes, Paris.
  2. Kemenangan Kedua Sejak Pertandingan tahun 1998
    Tahun 2018 merupakan tahun kemenangan kedua bagi Prancis yang pernah menjuarai piala dunia pada tahun 1998 saat ia menjadi tuan rumah. Kemenangan ini mulai menyamai Uruguay dan Argentina sebagai dua kali juara dunia. Medali emas pun diraih Prancis berkat gol-gol Mario Mandzukic (bunuh diri, menit ke-19), Antoine Griezmann (38′), Paul Pogba (59′), dan Kylian Mbappe (65′). Selain itu, hadiah yang didapatkan sebagai juara 1 di ajang sepak bola terbesar di dunia ini sangatlah besar. Prancis berhasil membawa pulang tropi emas 18 karat yang sangat terkenal itu dan mendapatkan uang sebesar USD 38 juta atau Rp 534,4 miliar (USD 1 = Rp 14.064). FIFA tercatat menyediakan total hadiah uang yang sangat besar pada ajang Piala Dunia 2018 ini. Jumlahnya mencapai USD 791 juta atau Rp 11,12 triliun.
  3. Munculnya Tokoh Pemain yang Kini Menjadi Pelatih
    Dalam mengikuti pertandingan tahun ini, Prancis dilatih oleh seorang yang pernah menjadi pemain yang membawa kemenangan membanggakan bagi Prancis. Didier Deschamps merupakan orang ketiga yang memenangkan trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Ia menyamai rekor Mario Zagallo (Brazil) dan Franz Beckenbauer (Jerman). Deschamps mengangkat trofi Piala Dunia sebagai pemain pada tahun 1998 ketika Prancis menjadi tuan rumah. Kini, ia kembali memenangkannya sebagai pelatih timnas Prancis di Piala Dunia 2018.
  4. Berawal dari “Bola Mati”
    Secara total sepanjang sejarah, Prancis memang paling banyak mendapatkan bantuan dari aksi bunuh diri pemain lawan. Skor 4-2 yang diperoleh Prancis tahun ini memiliki kisah yang tidak beda jauh dari kisah pertandingannya yang lain. Dua dari empat gol Prancis ke gawang Kroasia semalam, dimulai dari eksekusi bola mati. Gol pertama yang merupakan “gol bunuh diri” dari Mario Mandzukic adalah hasil sepakan tendangan bebas Antoine Griezmann. Lalu, gol kedua Prancis lewat penalti Griezmann, bermula dari sepak pojok yang berujung hand ball pemain Kroasia, Ivan Perisic. Kemenangan dari bola mati ini sama dengan final Piala Dunia 1998 ketika Prancis mengalahkan Brazil 3-0. Dua gol kemenangan Prancis kala itu lewat sundulan Zinedine Zidane, bermula dari tendangan pojok. Dan memang, Prancis termasuk tim yang jago dalam memaksimalkan bola-bola mati. Faktanya, dari tiga penampilan di final Piala Dunia (1998, 2006 dan 2018), 5 dari 8 gol Prancis berawal dari situasi dead ball.

Itulah 4 fakta seputar timnas Prancis, pemenang Piala Dunia 2018 yang dapat kita ketahui. Ayo, dukung terus tim favorit anda di setiap permainannya dan jangan lupa untuk rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan kuat!

Butuh perlengkapan olahraga terlengkap? Cek di sini

Baca juga: Jalani Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga Serta Konsumsi Sayuran dan Buah

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here