Viral Perdebatan Fitur Question di Instagram, Kamu Tim yang Mana?

Viral Perdebatan Fitur Question di Instagram. Sebagian menggunakan fitur ini untuk bertanya, sebagian lainnya untuk ditanya. Kamu tim yang mana?

Viral Perdebatan Fitur Question di Instagram
Sumber: Designed by Freepik

Instagram melakukan suatu terobosan dengan menghadirkan beberapa fitur baru. Di antaranya: IG TV yang memiliki fungsi seperti Youtube, video chat, hingga fitur Question. Untuk yang terakhir sepertinya cukup banyak menarik perhatian masyarakat. Alasannya simpel, masyarakat terbelah dua dalam menggunakan fitur ini. Sebagian menggunakannya untuk bertanya layaknya survei yang bisa langsung diisi oleh followers, sebagian lagi digunakan pengguna Instagram untuk ditanya oleh followers mereka layaknya Ask.fm.

Sedikit mundur ke belakang, Instagram memang berhasil mencuri perhatian masyarakat lewat Insta Stories dan face sticker ala Snapchat. Sebelum meluncurkan fitur sticker, banyak di antara masyarakat yang menggunakan face sticker di Snapchat kemudian diunduh dan diposting di Insta Stories. Kini bahkan Instagram juga meluncurkan fitur GIF atau gambar bergerak yang dapat digunakan di Insta Stories.

Sekian banyak fitur baru yang diluncurkan Instagram, rasanya baru fitur Ask Me a Question inilah yang cukup menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Nah kali ini kita akan coba bahas bagaimana masyarakat terbelah dalam memaknai fitur ini.

  1. Tim Ditanya

Banyak yang memaknai fitur Ask Me a Question ini terinspirasi dari fitur Ask.fm. Melalui Ask.fm pengguna bisa mendapatkan berbagai pertanyaan dari orang lain tanpa harus saling follow. Bahkan orang yang bertanya bisa menyembunyikan identitasnya lho. Berbeda dengan di Instagram, sebab pengguna dapat melihat siapa yang bertanya. Kemudian pengguna dapat memilih untuk share response atau delete hasil dari pertanyaan tersebut. Namun, untuk dapat bertanya harus menjadi followers terlebih dulu.

Sebagian masyarakat juga menganggap tulisan “Ask Me a Question” yang ada pada bagian atas tabel sebagai permintaan dari pengguna Instagram agar ditanya oleh followersnya. Setelahnya, followers dapat mengetik pertanyaan di kolom “Type Something”.

Viral Perdebatan Fitur Question di Instagram
Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2018/06/29/berikut-cara-menggunakan-fitur-ask-me-question-di-instagram

2. Tim Bertanya

Berbeda dengan sebelumnya, sebagian masyarakat lainnya memaknai fitur ini sebagai lanjutan dari fitur voting yang sudah ada di Instagram. Di fitur voting pengguna dapat memberikan pertanyaan kepada followers dan menyediakan 2 opsi jawaban yang dapat dipilih oleh followers. Terlebih usai pengguna Instagram memberikan pertanyaan dan dijawab oleh followers akan ada notifikasi dengan tulisan “Responded to your questions”, yang artinya pengguna harus terlebih dulu memberikan pertanyaan.

Meskipun terjadi perdebatan mengenai kegunaan fitur ini nampaknya pihak Instagram tidak ambil pusing mengenai hal ini. Kembali lagi ke bagaimana kebutuhan pengguna Instagram dalam menggunakan fitur ini. Jika ingin bertanya pada followers maka pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan akan dijawab oleh followers. Kamu bisa menjadi tim bertanya. Sebaliknya jika ingin ditanya, pengguna bisa menggunakan fitur ini layaknya ask.fm, kamu bisa menjadi tim ditanya. Nah Alcartian, kalau kalian tim yang mana nih?

Baca juga: Bijak Update Kata-kata Positif di Status Media Sosial

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here