Peduli Bangsa? Mulai Lakukan Ini di Hari Anti Narkotika Internasional 2019!

Siapa yang tahu bahwa setiap tanggal 26 Juni merupakan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)? Yuk, saatnya selamatkan generasi bangsa sekarang!

Hari Anti Narkotika Internasional 2019

Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI selalu diperingati setiap tanggal 26 Juni di seluruh belahan dunia. Peringatan ini diadakan dalam rangka kepedulian dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang berkembang semakin luas. Tidak hanya menjurus kepada kaum dewasa. Mirisnya, belakangan ini narkoba bahkan sudah mulai menyerang anak-anak.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini juga diadakan sebagai gerakan perlawanan terhadap bahayanya narkotika dan obat-obatan terlarang yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, psikologis, perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia. Melalui penyalahgunaan narkoba, banyak orang dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Besarnya resiko menjadi pelaku kejahatan, seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan lain sebagainya dapat menjadi akibat yang merusak kehidupan sosial masyarakat. Hal ini karena orang yang sudah kecanduan dapat melakukan apa saja demi mendapatkan obat terlarang yang diinginkannya.

Asal Mula Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Lin Zexu (photo: mubi.com)

Dilansir dari Kompas.com, penetapan 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI dicanangkan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 26 Juni 1988. Tanggal ini dipilih dengan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok. Lin Zexu adalah pejabat yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Ia terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing karena melihat harta negara terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang dan adanya ketergantungan masyarakat akan opium.

Nah, keberanian seperti inilah yang harus ada di negara kita, Indonesia. Dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), sudah waktunya kita menyadari akibat buruk yang dapat terjadi jika narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya masih dikonsumsi dan bahkan membuat ketergantungan. Mengenai hal ini, Presiden Joko Widodo sudah menyatakan bahwa Indonesia gawat darurat narkoba saat Februari 2015 lalu. Sebagai kaum yang peduli bangsa, mari rayakan momen berharga ini untuk mengajak orang-orang di sekitar kita untuk menghindari narkoba dan mulai bentuk pergaulan dalam bentuk komunitas yang membangun.

Mau tahu apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk mencegah pertumbuhan angka pengguna narkoba di Indonesia? Yuk, simak video Ngobral episode 49 di bawah ini.

Baca juga: Tips Jalan-Jalan Hemat dan Happy di PRJ. Ayo, Ikutin Biar Nggak Over Budget!

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here