Kira-kira, Inilah 8 Fitur Smartphone Terbaru Tahun 2019

Apa saja fitur smartphone terbaru tahun 2019?

Fitur Smartphone Terbaru Tahun 2019

Smartphone lipat bakal ada tahun ini! Semua dapat terjadi akibat perkembangan teknologi yang memang tidak ada habisnya. Fitur smartphone terbaru yang mungkin akan terjadi di tahun 2019 ini pun pasti akan membuat setiap orang semakin heran dan terpukau dengan setiap bentuk dan fungsinya. Perkembangan teknologi itu pun menunjukkan semakin meningkatnya kemampuan manusia untuk menciptakan suatu karya yang dapat memudahkan dan membuat kebutuhan hidup manusia lebih efisien dan efektif. Bisa jadi, suatu saat nanti, semua hal yang ingin orang-orang lakukan dapat dikerjakan hanya dengan satu perangkat yang mereka miliki.

Ponsel pintar atau smartphone merupakan salah satu gadget yang sangat mudah mengalami perubahan setiap masanya. Entah itu setiap tahun, bahkan setiap bulan. Masing-masing vendor smartphone selalu menemukan cara bagaimana untuk menjadikan produk mereka lebih unggul dan modern dibandingkan produk smartphone lainnya demi memanjakan pengguna dan menjaring pasar. Hal ini dapat kita perhatikan dari banyaknya perubahan bentuk smartphone yang sudah terjadi di tahun 2018 lalu. Layar smartphone sudah mulai dibuat bezel-less dengan notch (poni) untuk memberi kesan desain yang elegan dan modern. Warnanya pun semakin berkilauan. Bagian kamera pun sudah dibuat inovatif. Banyak smartphone yang kita temui mulai memiliki lebih dari 1 lensa kamera belakang dengan fungsi yang berbeda.

Di tahun 2019 ini, rasanya seru juga jika kita menebak, kira-kira apa saja fitur smartphone terbaru yang akan mencengangkan kita dan kreasi apa saja yang dibuat para vendor untuk berlomba menjadi pencipta smartphone terbaik tahun ini.

8 Fitur Smartphone Terbaru 2019, Bersiaplah!

Membuka tahun 2019, perkembangan teknologi smartphone sepertinya akan cukup mendebarkan. Mari kita lihat apa saja perubahan yang mungkin akan terjadi tahun ini.

  1. Layar Bezel-less
sumber: droidlime

Setelah dimulainya smartphone dengan layar bezel-less di tahun 2018 lalu, sepertinya bentuk smartphone ini akan terus berkembang di tahun 2019. Beragam jenis vendor pun sepertinya lebih tertarik untuk membuat produk smartphone dengan model seperti ini karena lebih kompetitif. Bahkan, bentuk layar ini dapat menyentuk smartphone di kelas low -end atau budget.

2. Penghilangan notch (poni)

Di masa yang mendatang, poni pada smartphone akan dihilangkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan penglihatan mata yang lebih lebar tanpa gangguan.

Alasan pertama dibuatnya bentuk notch atau poni pada smartphone ini adalah untuk menjaga posisi kamera depan agar tetap dapat digunakan seperti biasa. Namun, jika bagian poni ini dihilangkan, bagaimana nasib kamera depan, ya?

3. Inovasi kamera geser atau pop-up

sumber: tribun kaltim

Ini dia jawaban dari ke mana perginya kamera depan! Banyak vendor smartphone yang sekarang mulai merancang adanya konsep kamera geser atau pop-up pada smartphone buatan mereka. Hal ini sudah dipublikasikan oleh beberapa vendor, seperti oppo, VIVO, dan Xiaomi. Bahkan, SAMSUNG nampaknya juga akan menyusul. Kamera pop-up ini akan dibuat tersembunyi sehingga tidak mengganggu pengoperasian smartphone. oppo Find X menggunakan mekanisme geser sebagian bodi bagian atas saat aplikasi kamera diaktifkan. Lalu untuk 2019 ada tren apalagi ya?

4. Kamera lebih dari 3 dengan fungsi yang berbeda

sumber: sinyalmagz

Biasanya kita lihat bagian kamera belakang terdapat 2 lensa yang dibuat dengan ragam yang berbeda. Kini, kita akan semakin ditakjubkan lagi dengan banyaknya lensa di sisi belakang body smartphone. Setiap kamera tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berbeda-beda. Seperti wide, telephoto, RGB/monokrom, dan lain-lain. Banyaknya tipe kamera ini tentu diharapkan akan memberikan hasil foto yang lebih baik.

5. Face Unlock

sumber: IDN Times

Beberapa smartphone sudah menerapkan fitur ini sebagai cara untuk mengunci kerahasiaan isi smartphone anda agar terlindungi dari hal yang tidak diinginkan. Namun, keunggulan fitur ini, sepertinya akan terbawa di penciptaan smartphone tahun ini. Fitur ini membantu kamu untuk membuka smartphone lebih cepat tanpa harus menyentuhnya. Masalah tangan basah atau kotor pun tidak akan mengganggu lagi. Kamu hanya perlu menghadapkan wajah ke layar smartphone dan secara otomatis kunci perangkat akan terbuka.

6. Sensor fingerprint langsung di layar

sumber: kumparan

Sensor fingerprint di layar menjadi salah satu solusi terbaik yang sudah hadir pada tahun 2018 ini. Bukan di belakang atau di bawah layar, sensor ini memang paling nyaman digunakan langsung di layar, seperti yang disajikan pada Vivo V11 Pro.

Teknologi keren ini diprediksi bakal diadopsi berbagai vendor smartphone untuk produk barunya nanti. Fitur ini bisa menjadi alternatif dari fitur Face Unlock yang kini sedang menjadi tren. Dengan hadirnya sensor fingerprint di layar, maka para vendor smartphone bisa berkreasi lebih luas terhadap desain produknya.

7. Smartphone berlipat

sumber: tribun

Apa yang muncul dalam bayangan anda saat membaca poin nomor 7 di atas? Jangan kaget, besar kemungkinan para vendor smartphone untuk menciptakan smartphone yang dapat dilipat tahun ini. Contohnya, SAMSUNG. Vendor asal Korea Selatan ini tengah sibuk merancang smartphone dengan konsep lipat. Bentuk smartphone yang dapat dilipat sebenarnya sudah pernah ada sejak tahun 2000-an namun bukan dengan sistem operasi Android atau iOS seperti sekarang ini.

8. Teknologi jaringan 5G

Dampak teknologi 5G mungkin masih sangat terbatas. Belum semua negara akan mencicipi generasi terbaru dari teknologi jaringan telekomunikasi ini. Namun, melihat pengembangan jaringan 5G yang sudah semakin dekat untuk menjadi nyata, maka beberapa vendor smartphone juga mulai berpikir untuk menyediakan smartphone yang bisa mendukung jaringan 5G.

Bagaimana? Sudah tidak sabar ingin merasakan sensasi menggunakan smartphone dengan fitur-fitur di atas? Segera nantikan kehadiran smartphone pilihanmu tahun ini, ya.

Baca juga: Fungsi Nomor IMEI Pada Smartphone, Sudah Tahukah Kamu?

alfacart.com – belanja online jadi dekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here