Jangan Panik! Tips Melindungi Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Tips melindungi diri saat terjadi gempa bumi

Tips melindungi diri saat terjadi gempa bumi
Sumber: https://www.freeimages.com/photo/dirt-crevice-2-1353917

Pada hari Minggu malam, kawasan wisata Indonesia yakni daerah Lombok dan Bali diguncang gempa berkekuatan 7,0 SR. Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sempat mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya tsunami yang kemudian akhirnya dicabut. Musibah gempa bumi sendiri sebenarnya tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui tips melindungi diri saat terjadi gempa bumi.

Tips utama menghadapi gempa adalah tetap tenang dan jangan panik. Meski hal ini susah dilakukan, namun hendaknya Anda tetap tidak panik agar dapat berpikir dan menentukan langkah yang tepat. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika gempa bumi terjadi. Tentunya langkah ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat Anda berada. Berikut tips melindungi diri saat terjadi gempa bumi.

1. Berada di dalam rumah

Jika gempa terjadi dalam kondisi Anda berada di dalam rumah, berusahalah untuk melindungi kepada Anda dari kemungkinan tertimpa benda-benda yang berjatuhan. Anda bisa berlindung di bawah meja dan melindungi bagian kepada misalnya dengan bantal atau menggunakan kedua tangan dengan posisi telungkup.

2. Berada di luar rumah

Hal berbeda bisa Anda lakukan terjadi gempa saat Anda berada di luar rumah. Anda tetap dianjurkan untuk melindungi bagian kepada namun bergeraklah menjauh dari sekitar gedung atau tiang dan berusahalah menuju ke daerah-daerah terbuka. Jangan terlalu terburu-buru kembali ke tempat semula karena ada kemungkinan terjadinya gempa susulan.

3. Berada di pusat perbelanjaan

Berada di pusat keramaian saat gempa bumi terjadi memang sulit untuk dikondisikan. Dalam keadaan ramai biasanya orang akan semakin mudah panik dan mempengaruhi orang-orang lainnya. Jangan terburu-buru turun menggunakan lift, namun gunakanlah tangga darurat. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk dari petugas penyelamat.

Sumber: https://www.freeimages.com/photo/in-case-of-emergency-1312520

4. Berada di dalam kendaraan

Jika Anda berada di dalam kendaraan usahakan untuk segera meninggalkan kendaraan Anda. Usahakan agar tidak terjatuh jika ada kendaraan yang berhenti secara mendadak atau adanya guncangan. Segera turun dari mobil dan menuju ke tempat yang terbuka.

5. Berada di gunung atau pantai

Gempa bumi biasanya dapat memberikan efek longsor di daerah gunung atau perbukitan. Jika Anda sedang berada di gunung atau pantai bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka. Berusahalah untuk menjauhi daerah lereng.

Usai gempa terjadi segera matikan aliran listrik dan gas. Hindari menyalakan api agar terhindar dari kebocoran gas dan tumpahan bahan bakar. Kemudian jangan lupa untuk mencari informasi dari sumbern-sumber terpercaya dan bertindaklah sesuai imbauan yang dianjurkan. Terlepas dari semua tips di atas tentunya satu hal terpenting yang jangan Anda lupakan adalah jangan panik. Tetap waspada dan selalu jaga keselamatan diri Anda ya!

Baca juga: Akhir Pekan, Intip 5 Ide Seru Habiskan Weekend bersama Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here