Jenis-jenis Diskon ini Wajib Kamu Ketahui, Supaya Nggak Ketipu!

Mengenal jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja.

Mengenal jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja
Sumber: Youtube Alfacartid

Sebagai pembeli, tentunya kita akan senang jika mendapatkan harga promo atau harga diskon. Misalnya saat membeli berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti furniture rumah tangga, alat rumah tangga, dan lainnya. Potongan harga ini merupakan salah satu dari beberapa jenis-jenis diskon yang ada. Tapi, dari sisi penjual pun tentunya punya berbagai strategi dan jenis-jenis promosinya sendiri. Penjual menawarkan berbagai jenis promo mulai dari harga promo, voucher discount, potongan harga, dan lainnya.

Sebelum membeli barang promo, tentunya kita harus mengetahui dulu jenis-jenis diskon beserta perbedaannya masing-masing. Jangan sampai, karena berlabel “harga promo”, kita sebagai pembeli salah memperhitungkan, hingga akhirnya merasa tertipu. Berikut, jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja.

Baca juga: Tips Cerdas Belanja Online Biar Nggak Kemakan Diskon Tipu-Tipu. Wajib Tahu Nih!

Jenis-jenis Diskon yang Wajib Kamu Ketahui!

Discount Up To

Mengenal jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja
Sumber: Sale photo created by freepik – www.freepik.com

Diskon up to biasanya sering kita temukan di berbagai tempat belanja offline. Biasanya angka yang disematkan cukup besar, yakni berkisar 50-90%. Namun, berbanding terbalik dengan tulisan up to-nya yang biasanya ditulis sangat kecil. Hm, ngaku deh kalian pasti sering terjebak dengan jenis diskon yang satu ini kan?

Diskon Member

Mengenal jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja
Sumber: Background photo created by asier_relampagoestudio – www.freepik.com

Kalau jenis diskon yang satu ini bertujuan meningkatkan jumlah member atau pelanggan tetap dari suatu brand. Jadi, mereka yang sudah terdaftar menjadi member lah yang berhak menikmati jenis promo yang tersedia. Jenis-jenis promonya pun beragam bisa berupa potongan harga, voucher discount, poin dan lainnya. Di satu sisi jenis promo ini sebenarnya menguntungkan untuk kamu yang memang rutin berbelanja di satu tempat belanja. Misalnya, kalau kamu memang pelanggan setia dari Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan), dan kalian terdaftar sebagai Member Ponta.

Diskon Ganda / Plus

Mengenal jenis-jenis diskon yang sering kita temui di berbagai tempat belanja
Sumber: Business photo created by d3images – www.freepik.com

Nah, diskon ganda / plus ini merupakan jenis diskon yang paling sering disalah artikan oleh pembeli. Misalnya pada barang diskon tertulis, diskon 50% + 20%. Banyak yang mengartikan harga diskon tersebut menjadi diskon 70%. Padahal anggapan itu salah. Karena diskon tersebut bermakna bahwa harga barang didiskon 50% kemudian dari harga diskon tersebut dipotong lagi 20%.

Selain 3 jenis diskon tersebut, masih ada lagi jenis-jenis diskon lainnya, seperti voucher discount, diskon dengan syarat tertentu, dan masih banyak lainnya. Kalau kalian penasaran, yuk langsung aja nonton di video Ngobral berikut ini!

Baca juga: Promo Ramadhan Alfacart 2019, Belanja Hemat Penuhi Setiap Kebutuhan!

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here