Hati-hati! 3 Kebiasaan ini Bisa jadi Penyebab Keputihan Gatal & Berbau

3 kebiasaan penyebab keputihan gatal & berbau

Kebiasaan sehari-hari penyebab keputihan
Sumber: Woman photo created by freepik – www.freepik.com

Mendengar kata keputihan, banyak para wanita yang akan langsung cemas dan was-was. Padahal, sebenarnya tak semua jenis keputihan itu membahayakan. Keputihan justru sebenarnya dapat menjadi salah bentuk perlindungan terhadap organ intim wanita. Cairan keputihan sebenarnya membawa sel-sel dari bakteri yang mati dari leher rahim dan Miss V.

Keputihan dengan dengan warna jernih dan tekstur lengket menunjukkan bahwa kamu sedang berovulasi. Ini adalah jenis keputihan normal. Tapi, ada juga jenis keputihan yang berbau dan menimbulkan rasa gatal. Ada juga keputihan yang jernih dan berair. Jenis keputihan ini biasa muncul usai kamu berolahraga. Bahkan ada jenis keputihan dengan cairan kuning atau hijau dan disertai bau tidak sedap. Jenis-jenis keputihan ini yang memerlukan perhatian khusus. Ada banyak penyebab keputihan. Berikut kita akan membahasnya keputihan dan penyebabnya.

Tisu sebagai Penyebab Keputihan?

Kebiasaan sehari-hari penyebab keputihan
Sumber: Paper photo created by freepik – www.freepik.com

Rasanya penggunaan tisu usai buang air kecil tidaklah aneh. Hampir di setiap toilet, kita akan menjumpai tisu toilet yang dimaksudkan untuk digunakan usai buang air kecil. Biasanya kita menggunakan tisu untuk mengeringkan daerah Miss V. Eits, tapi ternyata nggak semua penggunaan tisu toilet berbahaya, lho. Tisu toilet yang menjadi penyebab keputihan ini ialah tisu toilet yang mudah sobek dan meninggalkan sisa atau ampas di bagian Miss V.

Maka dari itu, sebagai salah satu upaya pencegahan keputihan, pastikan kamu menggunakan tisu toilet yang berkualitas. Pastikan tisu yang digunakan tidak robek dan tidak meninggalkan sisa tisu yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri.

Memakai Celana Dalam terlalu Ketat

Kebiasaan sehari-hari penyebab keputihan
Sumber: Woman photo created by freepik – www.freepik.com

Banyak yang nggak sadar bahwa memakai pakaian dalam terlalu ketat menjadi salah satu penyebab keputihan gatal dan berlebihan. Celana dalam yang terlalu ketat akan membuat daerah sekitar Miss V lebih cepat berkeringat. Hasilnya Miss V menjadi lembap dan membuat kuman serta bakteri berkembang biak.

Untuk dapat menghilangkan keputihan berbau ini, pastikan kamu memakai celana dalam berbahan lembut dan yang mudah menyerap keringat. Sesuaikan juga ukurannya, agar tidak terlalu ketat.

Terlalu Sering Berendam di Air Hangat

Kebiasaan sehari-hari penyebab keputihan
Sumber: Water photo created by freepik – www.freepik.com

Berendam di air hangat memang menyenangkan karena dapat menghasilkan efek relaksasi. Usai segudang kegiatan yang padat, biasanya kita senang berendam di air hangat berlama-lama. Ternyata, air hangat ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur semakin cepat. Sebenarnya tidak masalah jika kamu tetap mau berendam air hangat, hanya saja pastikan untuk tidak terlalu berlama-lama.

Selain 3 hal tadi, kamu juga bisa menghilangkan keputihan gatal dan berbau dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt ternyata berkhasiat mengobati keputihan gatal karena kandungan Lactobacillus acidophilus aktif yang dapat menyeimbangkan kadar pH pada Miss V. Itu tadi sekilas mengenai jenis, penyebab keputihan, dan cara mengatasinya. Jaga selalu kesehatan Miss V-mu ya!

Baca juga: Gak Cuma Wajah, 5 Bagian Tubuh Ini Juga Butuh Perawatan Ekstra

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here