Keefektifan Masker Scuba & Masker 3 Ply Diuji Di Sini!

masker scuba yang dilarang
Masker Scuba Hitam (sumber: dok. pribadi)

Baru-baru ini, penggunaan Masker Scuba dilarang oleh pemerintah. Kenapa Masker Scuba dilarang? Larangan ini terkait dengan keefektifan Masker Scuba yang sangat rendah dalam mencegah penularan virus corona. Namun benarkah Masker Scuba tidak efektif? Sejauh apa bahaya Masker Scuba? Lantas jika Masker Scuba dilarang, jenis masker apa yang lebih efektif untuk menggantikannya? Tim Blog Alfacart mencoba melakukan uji efektivitas Masker Scuba yang dilarang tersebut dan membandingkannya dengan Masker Non Medis 3 Ply.

Metode Pengujian Masker

Jenis tes efektivitas masker yang baik dan benar ada bermacam-macam. Dari sekian banyak macam tes, ada satu jenis tes yang paling mudah dan cepat, yaitu Uji Tiup. Untuk melakukan Uji Tiup, cukup siapkan api yang menyala menggunakan lilin atau korek api. Kemudian tiup api tersebut dalam kondisi menggunakan masker. Jika api tidak mati atau tidak banyak bergoyang ketika ditiup, maka masker yang digunakan bisa dianggap cukup aman dalam mencegah penularan virus corona melalui droplet.

Baca Juga: Teh Mawar SariWangi: Honest Review

Uji Keefektifan Masker Scuba yang Dilarang vs Masker 3 Ply

Masker Scuba yang kami gunakan dalam tes adalah Masker Scuba satu lapis berwarna hitam yang sangat mudah ditemui di mana saja, bahkan di pinggir jalan. Sementara masker 3 Ply yang digunakan adalah Masker Impor Non Medis 3 Lapis. Kedua masker tersebut dalam kondisi baru dan belum pernah dipakai sebelumnya.

masker scuba yang dilarang
Masker Non Medis 3 Ply (sumber: dok. pribadi)
masker scuba yang dilarang
Masker Scuba Hitam (sumber: dok. pribadi)

Selanjutnya, kami melakukan langkah-langkah Uji Tiup seperti yang telah dijelaskan di atas. Saat api ditiup kuat-kuat sambil menggunakan Masker Scuba, api tersebut langsung mati seperti yang terlihat di bawah ini. Hal ini membuktikan bahwa pori-pori kain pada Masker Scuba berukuran besar dan tidak mampu memfilter dengan baik.

masker scuba yang dilarang
Uji Efektivitas Masker Scuba (sumber: dok. pribadi)

Setelah selesai dengan Masker Scuba, kami melanjutkan Uji Tiup menggunakan masker non medis 3 Ply. Dengan tiupan yang sama kuat seperti saat menguji Masker Scuba, kami menemukan hasil yang berbeda. Api yang ditiup hanya bergoyang sedikit dan tidak sampai mati. Hasil tersebut jelas membuktikan bahwa kemampuan filtrasi pada lapisan Masker Non Medis 3 Ply jauh lebih efektif dibandingkan Masker Scuba.

masker scuba yang dilarang
Uji Efektivitas Masker Non Medis 3 Ply (sumber: dok. pribadi)

Kesimpulan

Berdasarkan uji keefektifan Masker Scuba dan Masker Non Medis 3 Ply yang sudah dilakukan, kami setuju bahwa Masker Scuba tidak efektif untuk menahan droplet yang dapat menyebarkan virus Corona. Sebagai gantinya, Masker Non Medis 3 Ply bisa menjadi pengganti masker yang tepat dan mudah didapat. Untungnya, Alfacart sedang PROMO DISKON MASKER 3 PLY 1 BOX ISI 50 PCS CUMA 60 RIBU! Untuk dapetin diskonnya, cukup klik tombol merah di bawah ini ya! 😉

BELI MASKER 3 PLY DISKON & GRATIS ONGKIR DI SINI

Belanja Beragam Kebutuhan #darirumahaja di Alfacart.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here