Kisah Sedih di Balik Lomba 17 Agustus yang Populer. Ada yang Baru Tahu?

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia biasanya sudah sibuk mempersiapkan berbagai lomba untuk memeriahkannya. Nah, lomba-lomba yang biasanya langganan ada setiap tahun adalah makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, panjat pinang, dan berbagai macam lomba lainnya.

Perlombaan agustusan jadi salah satu ajang yang bisa memeriahkan sekaligus menyatukan rasa kebersamaan di antara masyarakat. Eits, tapi kamu tahu nggak sih bagaimana kisah di balik perlombaan yang sering ada di acara 17 agustus? Ternyata ada kisah sedih di balik meriahnya lomba agustusan yang diadakan setiap tahun. Nah, berikut ini adalah kisahnya buat kamu yang penasaran!

Lomba Makan Kerupuk

lomba makan kerupuk
photo credit: hitekno

Nah, lomba yang satu ini jadi favorit orang-orang karena memang ekspresi seseorang saat makan kerupuk jadi hiburan tersendiri bagi penonton. Ternyata makna di balik lomba makan kerupuk ini adalah untuk mengingat saat bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Belanda dan pada saat itu sulit sekali mendapatkan makanan. Oleh karena itu orang-orang Indonesia terkadang hanya bisa memakan nasi dengan kerupuk saja. Ayo,  jangan lagi suka buang-buang makanan ya!

Lomba Panjat Pinang

lomba panjat pinang
photo credit: Tirto

Tidak jauh berbeda dengan makan kerupuk, lomba panjat pinang juga jadi yang selalu ada saat agustusan. Hadiahnya juga menggiurkan banget, nggak heran kalau banyak sekali peserta yang memperebutkannya. Tahu nggak sih kalau nama panjang pinang diambil dari bahasa Belanda yaitu “De Klimmast” yang artinya panjat tiang. Tapi sayangnya meskipun permainan ini dibawa ke Indonesia dari Belanda, tak ada satu pun orang Belanda yang mau mengikuti lomba ini.

Mereka merasa jijik untuk ikutan lomba ini karena orang yang berada paling bawah harus rela diinjak-injak agar temannya bisa sampai ke atas. Perlombaan ini dibuat orang-orang Belanda untuk menertawakan bangsa Indonesia. Dulunya orang Indonesia susah mendapatkan makanan, oleh karena itu orang Indonesia rela mendaftarkan diri untuk ikut lomba ini demi mendapatkan sedikit beras.

Lomba Tarik Tambang

lomba tarik tambang
photo credit: idjms

Lomba ini juga jadi yang paling seru dan selalu ditunggu-tunggu karena dua tim saling menarik tambang untuk menentukan pemenangnya. Jika tim yang satu sudah berhasil menarik tali sampai garis yang sudah ditentukan, maka itulah yang jadi pemenangnya. Nah, kisah di balik lomba ini berasal dari sejarah bangsa Indonesia yang dipaksa kerja berat oleh bangsa Belanda. Pada saat itu hiburan pun jarang didapatkan oleh bangsa Indonesia, oleh karena itu tali tambang jadi guyonan saat itu dan berlangsung hingga kini.

Baca Juga: Keseruan Perayaan HUT RI ala Alfamart Group!

Nah, itu dia beberapa kisah di balik lomba agustusan yang mungkin ada yang baru kamu tahu. Selain yang sudah disebutkan di atas, ada lagi ga kisah di balik lomba 17 agustus yang kamu tahu? Share di kolom komentar ya!

1 COMMENT

  1. […] Baca juga:¬†Kisah Sedih di Balik Lomba 17 Agustus yang Populer. Ada yang Baru Tahu? […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here