Permainan Jaman Old vs Jaman Now – Ngobral Eps 1

Mainan Jaman Dulu dan Jaman Now 

Mainan Jaman Dulu dan Jaman Now
(Foto: tamiya.com)

Siapa yang tidak ingat dengan tamiya? Permainan jaman dulu memang selalu membekas di hati setiap orang. Permainan jaman dulu memang berbeda dengan sekarang yang hampir semuanya di gadget. Namun, Tamiya masih dapat bertahan hingga saat ini. Di bawah ini kita akan membahas mainan jaman dulu dan jaman now.

Ada salah satu tempat di kawasan Bintaro yang sudah membudidayakan tamiya sejak tahun 2005 karena Tamiya masih memiliki banyak peminat khususnya di daerah Tangerang. Ibu dari Dyan, salah satu anak yang masih suka bermain tamiya, mengatakan “Jadi tamiya ini alternatif dia dari gadget karena gadget, tv, dan monitor itu merusak. Tapi kalau tamiya lama-lama kayak belajar fisika, biar lebih kreatif”.

Salah satu yang masih memainkan tamiya yaitu Ricky, yang masih bermain mainan jaman dulu dan jaman now.

“Suka main tamiya karena menghilangkan stress. Lebih seru main tamiya dibandingkan mainan di gadget, Mobile Legends.” Jelas Mas Ricky.  

Keuntungan Permainan Jaman Old dibandingkan Jaman Now

Menurut Ibu Vera, seorang Psikolog. Permainan jaman dulu memiliki beberapa keuntungan yaitu:

  • Bertemu dengan teman-teman, di mana dapat berinteraksi secara langsung. Sedangkan yang jaman now hanya berinteraksi di dunia maya, tidak bertemu secara langsung dan tidak dapat mengetahui emosi orang lain. Tidak hanya itu permainan jaman now, ruang lingkupnya lebih kecil dan sangat mempengaruhi perkembangan anak. Anak-anak sejak dini seharusnya diajarkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Anak-anak boleh menggunakan gadget namun disesuaikan dengan kebutuhannya.
  • Kreatif dengan fasilitas apa adanya, anak jaman old dan jaman now sama-sama kreatif hanya saja berbeda cara dan situasinya. Anak jaman now kreatif dikarenakan fasilitas yang semakin mendukung. Sedangkan, jaman dulu lebih apa adanya. Seperti, karet untuk lompat tali tapi keduanya tetap sama-sama kreatif.

Sekarang dapat dilihat perbedaannya mainan jaman old dan jaman now. Sehingga setiap orang tua dapat semakin bijak dalam memberikan permainan yang tepat untuk anak-anak. Bagi yang ingin mengetahui mengenai tamiya selengkapnya bisa saksikan di Youtube Alfacart id – Ngobral Eps 1 : TERNYATA TAMIYA MASIH ADA!!

Baca juga : Tips Parenting Anak: Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar Sejak Usia Dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here