7 Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Tumbuh Sehat

Makanan Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, biasanya seorang wanita akan mengalami kenaikan berat badan. Banyak wanita yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan, tetapi jika kamu adalah seorang ibu yang menyusui, kamu harus memikirkan apa yang terbaik untuk kamu dan untuk bayi kamu.

Bayi MenyusuiKabar baiknya, ibu menyusui cenderung kehilangan berat badan saat bayi mereka berusia 3 sampai 6 bulan, dibanding ibu yang bayinya hanya menerima susu formula.

Menu “diet” makanan ibu menyusui yang dimaksudkan di sini adalah untuk produksi Air Susu Ibu (ASI). ASI berasal dari cadangan lemak tubuh yang terakumulasi selama kehamilan, dan seorang ibu masih perlu kalori tambahan di luar masa pra-kehamilan mereka agar memiliki tenaga dan dapat memberikan ASI yang cukup untuk bayi mereka.

Ibu menyusui sebaiknya makan makanan dan minuman yang memberikan nutrisi seperti protein, kalsium, dan zat besi yang cukup. Berikut adalah beberapa daftar makanan untuk ibu menyusui.

1. Makanan yang mengandung gandum

Kamu bisa coba konsumsi sereal gandum seperti Quaker Oats, cemilan gandum, atau membuat menu sandwich atau salad dengan roti gandum yang bernutrisi tinggi.

2. Sayur-sayuran segar

Khususnya sayur-sayuran hijau seperti sawi, selada, dan bayam yang mengandung zat besi yang tinggi.

3. Jus buah rendah lemak

Kamu juga dapat menambah konsumsi cairan dengan jus buah, tapi pastikan tanpa gula atau pemanis tambahan.

Salad & Yogurt
Sumber: @heavenlyblushyogurt

4. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, rendah lemak dan gula. Kamu bisa coba produk yogurt seperti yogurt Heavenly Blush.

 5. Keju

Keju cheddar aman dikonsumsi dan dikombinasikan dengan menu lain, serta dapat dengan mudah kamu dapatkan di Alfamart atau Alfacart.

Kentang

6. Kentang

Rebus dan konsumsi kentang dengan kulitnya yang mengandung zat besi tinggi.

7. Daging ikan salmon & tuna

Urusan daging, kamu bisa coba konsumsi daging ikan salmon dan daging ikan tuna yang mengandung lemak baik dan kaya akan protein.

Apa yang kamu makan juga akan mempengaruhi bayi kamu setelah lahir, melalui ASI. Kamu harus berhati-hati dan melihat reaksi bayi kamu pada saat makan makanan tertentu seperti makanan pedas, makanan yang digoreng, dan kopi. Hindari brokoli, kubis, dan bawang karena dapat menyebabkan sakit perut atau kolik.

Bayi Minum ASI Ibu

Jika kamu adalah seorang ibu yang berusaha menurunkan berat badan setelah melahirkan, sebenarnya caranya sederhana: makan makanan sehat, diet rendah lemak, dan kombinasikan dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan jogging. Hindari cara-cara menurunkan berat badan dengan “cepat” karena dapat menyebabkan masalah pada bayi kamu, yang dapat mempengaruhi kualitas ASI.

Cari perlengkapan menyusui? Alfacart jual perlengkapan makan dan menyusui untuk ibu dan anak. Pengiriman GRATIS* Belanja online murah & mudah di Alfacart!

Cek di Alfacart.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here