Jangan Memberi Kucing Makanan & Minuman Ini, Berbahaya!

Makanan & Minuman Kucing BerbahayaSeringkali pemilik kucing tidak menyadari jenis makanan yang merusak kesehatan kucing mereka. Jika kamu memiliki kucing; baik itu kucing persia, kucing anggora, kucing liar atau jenis kucing apapun kamu harus tahu jenis-jenis makanan kucing yang boleh ia makan dan yang dihindari.

Beberapa makanan dapat membuat kucing kamu sakit hingga mengalami kematian. Daftar makanan di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis makanan yang seharusnya tidak kamu berikan kepada kucing kamu.

1. Tulang

Hindari memberi makan kucing kamu dengan tulang ikan atau ayam. Tulang yang dimakan kucing dapat membuatnya tercekik jika tersangkut di tenggorokan dan dapat membahayakan sistem pencernaannya.

2. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan masalah serius bagi kucing kamu, dari perubahan perilaku, penyakit, hingga koma dan kematian. Jangan coba-coba memberikan alkohol kepada kucing kamu sedikit pun.

3. Daging yang berlebihan

Pemberian daging khususnya bagian lemak secara berlebihan dapat menyebabkan kucing mengalami kenaikan berat badan yang dalam kasus terburuknya dapat mengakibatkan pankreatitis. Sedangkan daging hati dapat berakibat buruk pada otot dan tulang jika diberikan secara berlebihan.

4. Cokelat dan Kafein

Cokelat dan minuman berkafein seperti kopi mengandung theobromine atau teofilin. Kedua zat ini dapat mengancam nyawa kucing kamu karena beracun dan dapat mengakibatkan kucing kamu mengalami gagal jantung.

5. Anggur dan kismis

Hindari memberi makan anggur dan kismis karena dapat merusak ginjal kucing.

6. Beberapa buah dan sayuran

Kentang, tomat, buah persik dan plum mengandung zat oxalates yang dapat merusak sistem kemih, pencernaan, dan saraf.

7. Jamur

Jamur tertentu dapat mengandung racun yang dapat mengancam hidup kucing kamu. Kucing dapat dengan cepat pergi ke shock beracun setelah makan jamur.

8. Bawang merah dan bawang putih

Bawang sangat berbahaya bagi kucing. Bawang kaya akan sulfida dan disulphides yang dapat merusak sel-sel darah dan mengakibatkan anemia.

9. Ikan mentah

Sangat tidak disarankan untuk memberi makan ikan mentah. Ikan mentah menyebabkan kekurangan Vitamin B dan dalam kasus tertentu dapat membuat kucing mengalami kejang-kejang dan kematian jika diberikan secara teratur dan berlebihan.

10. Telur mentah

Selain beresiko mengandung salmonella, telur mentah mengandung avidin. Avidin adalah enzim yang mengurangi penyerapan vitamin B7. Kucing kamu dapat menderita masalah bulu dan kulit.

11. Gula dan garam

Gula dan garam dapat menyebabkan berbagai macam masalah dan tidak dibutuhkan dalam menu makanan kucing. Kelebihan gula dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan kerusakan gigi, sedangkan garam dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

12. Susu

Susu di sini bukanlah susu ASI dari induk kucing. Banyak pemilik kucing berpikir bahwa susu adalah minuman terbaik untuk kucing sehingga seringkali mereka menjadikan susu sebagai minuman utama si kucing. Faktanya, konsumsi susu yang berlebihan dapat menyebabkan diare di kebanyakan kucing dewasa karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk memecah laktosa. Alternatifnya, kamu dapat membeli susu khusus kucing yang tidak mengandung laktosa. Atau, biasakan berikan minuman untuk kucing kamu dengan air putih yang bersih dan segar.

Jadi, pastikan kucing kamu hidup lebih sehat dan bahagia dengan waspada atau menghindari makanan dan minuman di atas. Membeli makanan kucing kering yang berkualitas dapat menjadi solusi bagi gizi dan kesehatannya, termasuk membantu mengurangi plak dan karang gigi kucing kamu.

Mau beli atau cek harga makanan kucing berkualitas? Alfacart jual makanan hewan peliharaan terlengkap. Pengiriman GRATIS* Belanja online murah & mudah di Alfacart!

Cek di Alfacart.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here