Masker Kain Corona? Apakah Masker Kain Efektif Di Musim Pandemi Ini?

Apakah Masker Kain Efektif Di Musim Pandemi Ini? Sampai Disebut Masker Kain Corona Untuk Melindungi Mulut. Bahkan Ada Cara Membuat Masker Dari Kain Perca.

masker kain corona

Virus Corona Covid-19 si Pandemi terbaru di era saat ini kini semakin menarik perhatian banyak masyarakat. Mulai dari kelas bawah hingga atas yang berlomba-lomba melindungi diri dari bahaya dan ancamannya yang tampak ‘menakutkan’. Apalagi jika kita memperhatikan update Corona di Indonesia yang mana jumlah orang yang sudah dihitung positif tengah mencapai 2000an per hari ini. Banyak cara mulai diumumkan pemerintah untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus. Salah satunya dengan menegaskan pemakaian masker tidak hanya bagi yang sakit namun juga yang sehat.

Situs Resmi! Lihat Update Info Virus Corona Indonesia di Sini

Oleh karena itu, permintaan masyarakat akan masker pun semakin tinggi dan produk ini semakin langka dan mahal. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat warga Indonesia untuk mendapatkan masker terbaik agar tetap aman saat harus bepergian ke mana saja. Salah satu solusi yang akhir-akhir sedang hits yaitu adanya Masker Kain Corona. Hal ini juga berguna demi mencegah para penjual masker yang menjual masker harga ‘selangit’ serta menghindari pemakaian masker bekas yang disalah gunakan.

Nah, untuk membahas seputar fakta Masker Kain Corona ini, kita ingin tahu apakah masker kain efektif jika digunakan di musim pandemi seperti ini?

Baca juga: Cegah Corona! Ini 5 Rekomendasi Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fakta Masker Kain Corona, Seberapa Efektif Dipakai?

masker kain corona
Photo: ayosemarang.com

Masker kain sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Namun, kehadirannya saja yang mungkin kurang disadari banyak orang hingga saat ini setiap orang berlomba-lomba memilikinya. Jika sebelumnya penggunaan masker hanya diutamakan bagi mereka yang sakit agar tidak menulari orang lain. Akhir-akhir ini Bapak Presiden kita, Joko Widodo menegaskan semua masyarakat untuk menggunakan masker.

Nah, mari kita sebutkan beberapa fakta Masker Kain Corona demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Pola & Ukuran Masker Kain Untuk Corona

Masker Kain Corona
Photo: ayobandung.com

Masker kain tentu tidak dibuat sembarangan dalam pabriknya. Jelas, masker kain tetap dibuat seukuran wajah masyarakat agar tetap dapat melindungi dari hidung sampai dagu. Ditambah dengan adanya karet yang kuat yang bisa mengikat bagian kedua telinga. Yang paling menarik dari masker kain yaitu memiliki pola yang lucu-lucu.

Jika biasanya masker yang kamu temukan hanya memiliki satu warna dasar saja, pola masker kain sangatlah beragam. Mulai dari motif polkadot, gambar binatang, bunga-bunga, dan masih banyak lagi. Eits, jangan salah juga loh, masker kain bahkan sekarang ada juga yang dibuat dengan tali khusus hijab. Jadi, siapapun bisa pakai dengan aman dan nyaman.

Masker Kain Bisa Dicuci & Dipakai Berulang

masker kain corona
Photo: harianhaluan.com

Setelah beraktivitas dengan menggunakan masker kain, tentu kamu harus segera mencucinya. Bukan berarti karena masker kain corona ini bisa dipakai berkali-kali, lalu kamu malah sembarangan dan malas mencucinya. Walau bagaimana pun, masker ini sudah menjadi ‘perantara’ kamu berinteraksi dengan hal-hal di sekitar lingkunganmu.

Jika sudah selesai dipakai, lepaskan masker kain hanya dengan menyentuh talinya, lalu gunakan air bersih dan deterjen atau rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat celcius.

Kamu Bisa Membuat Masker Kain Sendiri!

masker kain corona
Photo: Pixabay

Asyik! Hemat biaya dan sekaligus bisa menumpahkan kreativitas kita sendiri dalam membuat masker kain corona yang kita mau. Untuk membuat masker kain sendiri ternyata bisa menggunakan mesin jahit atau tanpa mesin jahit loh! Namun yang harus kamu perhatikan dalam memilih kain untuk masker mulut ini tidak asal-asalan. Beberapa pilihan jenis kain untuk masker ini diantaranya kain oxford untuk masker, kain spunbond, masker kain sritex, dan kain katun. Bahkan, saat ini sedang viral loh cara membuat masker dari kain perca.

Lalu, pertanyaan yang terpenting…

Apakah Masker Kain Efektif?

masker kain untuk corona
Photo: deherba.com

Mengutip dari alodokter.com, dinyatakan menurut penelitian bahwa sebenarnya masker kain tidak memiliki keefektifan yang sama dengan masker bedah atau masker N95 dalam menangkal virus Corona Covid-19. Namun jika digunakan dengan cara pemakaian yang benar, masker kain memang sangat bermanfaat untuk menghindari orang yang masih sehat dari percikan dahak atau air liur orang yang terserang suatu penyakit. Hal ini juga dikarenakan bahan untuk pembuatan masker bedah dan masker N95 jelas berbeda dengan masker kain buatan industri tekstil pada umumnya.

Namun, jangan berkecil hati ya! Masker kain corona memang lebih diutamakan untuk dikenakan bagi kamu yang masih sehat. Karena memang yang sangat perlu menggunakan masker seharusnya adalah mereka yang sakit dan yang merawatnya. Jadi, supaya kamu terhindar dari penularan virus Corona ini, tetap gunakan masker kain saat harus bepergian ke mana saja.

Supaya tetap aman, pertama kamu harus menggunakan masker kain yang sesuai dengan ukuran wajahmu, cuci tangan sebelum menggunakan masker, dan hindari menyentuh masker saat sedang dipakai. Hindari juga penggunaan masker yang sudah robek ya!

Baca juga: DIY Hand Sanitizer Alcohol Aloe Vera, Cegah Virus Corona Si Pandemik! Beneran Ampuh?

mau belanja tetap aman? belanja #darirumahaja bersama alfacart.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here