Membedakan Makanan Bayi Sesuai Usia

nutrisi makanan bayi

Sumber: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/child-eats-with-spoon_1239289.htm">Designed by Freepik</a>
nutrisi makanan bayi

Seluruh bayi pasti membutuhkan nutrisi untuk tubuh guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai orang tua tentunya harus memperhatikan waktu pemberian,  frekuensi, jenis, porsi, jumlah, pemilihan suatu bahan makananan bayi, dan sebagainya. Pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan usia bayi atau anak.

ASI merupakan sumber nutrisi yang memiliki banyak manfaat baik untuk gizi bayi. ASI disarankan untuk diberikan sampai bayi berusia 6 bulan. Para ahli menyarankan untuk memberikan makanan setelah bayi berusia 6 bulan namun tetap harus memperhatikan nutrisinya seperti sayur – sayuran, buah – buahan, dan lainnya. Jika masih bingung disarankan untuk berkonsultasi ke dokter karena memberikan nutrisi harus benar sesuai takaran karena berpengaruh untuk bayi atau anak.

Berikut adalah perbedaan makanan bayi bedasarkan rentang usia.

  • Usia 4 – 6 bulan : asi dan susu formula dapat dikonsumsi karena merupakan nutrisi utama. Selain itu, bubur bayi juga dapat diberikan misalnya seperti sereal untuk bayi. Jika ingin menambahkan nutrisi lewat susu formula, pastikan Anda memberikan susu formula yang tepat sesuai usia bayi.
  • Usia 6 – 8 bulan : pada usia ini bayi sudah mampu duduk di kursi bayi sendiri, sehingga Anda dapat memberikan buah atau sayuran yang dihaluskan. Anda juga bisa memberikan bubur instan dan susu formula yang tentunya disesuaikan dengan usia bayi.
  • Usia 8 – 10 bulan : bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih kasar dari sebelumnya. Di samping asi dan susu formula, Anda juga bisa memberikan si kecil bubur instan dengan campuran daging dan brokoli.
http://healthylnb.com/wp-content/uploads/2015/07/infants-eating.jpg
Sumber : Healthy life and beauty
  • Usia 10 – 12 bulan : tidak berbeda dengan tahap usia sebelumnya, bayi sudah bisa makan seperti orang dewasa hanya saja perlu diberikan potongan kecil agar aman saat dikunyah atau ditelan, selain itu susu madu atau sapi sangat berguna bagi tubuhnya.
  • Usia 1 – 3 tahun :  usia 1-3 tahun merupakan masa di mana anak mengalami banyak pertumbuhan. Ia sedang senang mencoba berbagai hal baru, seperti belajar bicara, belajar berjalan, dan mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya. Anda bisa memberikan  tambahan nutrisi melalui susu formula untuk usia 1-3 tahun.
  • Usia 3 tahun ke atas :  usia 3 – 5 tahun merupakan usia di mana anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, penasaran akan sesuatu hal yang baru dan sedang dalam masa aktif-aktifnya. Maka dari itu anak membutuhkan nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Susu formula untuk usia 3 tahun ke atas biasanya memiliki kandungan nutrisi yang dapat mempertahankan kepadatan tulang si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Kualitas dan kebersihan merupakan suatu hal yang paling penting dalam menjaga buah hati kita. Dalam mempersiapkan makanan untuknya perlu cuci tangan terlebih dahulu.

Saat membeli makanan bayi, pastikan dulu standar produk berkualitas dengan membaca kandungan gizi dalam kemasan. Hindari susu formula atau makanan yang mengandung banyak gula karena tidak baik untuk kesehatan sang buah hati.

Di Alfacart, terdapat banyak produk untuk sang buah hati dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas. Semua produk dapat dipastikan keasliannya dan keunggulannya sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi bayi. Berbagai macam susu formula atau makanan baik bubur atau sereal tersedia dengan lengkap dan dibedakan sesuai usia bayi sehinga para ibu dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya dan kecocokan dengan para bayi.

Temukan Promo Belanja Nutrisi Untuk Sang Buah Hati hanya di alfacart.com!

Sumber : ( Alfacart.com) – All Nutrition “Dedek Must Eat”

Baca Juga : Ini nih! Aneka Cemilan Enak dan Praktis yang Pas Buat Akhir Pekan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here