Viral Beredar Cara Membuat Masker dari Tisu Basah, Beneran Aman atau Hoax?

Belakangan ini banyak beredar mengenai cara membuat masker dari tisu basah. Benarkah efektif atau justru berbahaya?

Viral cara membuat masker dari tisu basah
Sumber: Star photo created by mdjaff – www.freepik.com

Masker kain kini telah menjadi salah satu barang wajib yang harus dipakai ketika kamu berada di luar rumah. Langka dan melambung tingginya harga masker bedah, membuat pemerintah kini menyarankan penggunaan masker kain. Namun, walau bagaimanapun tentunya penggunaan masker bedah atau masker medis memang jauh lebih efektif. Maka tak heran jenis masker tersebut diprioritaskan digunakan oleh tenaga medis. Belakangan viral mengenai masker tisu basah. Banyak info beredar mengenai cara membuat masker dari tisu basah. Benarkah efektif dalam mencegah pandemi korona? atau justru berbahaya

Viral Cara Membuat Masker dari Tisu Basah

Sumber: madura.tribunnews.com

Kehebohan berawal dari video seorang wanita yang memberikan tutorial cara membuat masker dari tisu basah. Dalam video tersebut, ia menyebutkan bahwa jika tidak ada masker bisa pakai ini saja (re: masker yang dibuat dari tisu basah). Sekilas bagi kita yang awam mungkin masih sedikit masuk akal. Sebab tisu basah merupakan tisu antiseptik yang dapat digunakan untuk membersihkan.

Tapi, jangan salah. Fungsi tisu basah untuk membersihkan memang benar. Tapi fungsinya hanya sebatas itu saja. Dilansir dari Republika.co.id, menurut dokter spesialis paru, penggunaan tisu basah tak dapat menghalangi virus yang tersebar baik secara droplet maupun yang dibatukkan atau terhirup. Bahkan, bukan perlindungan dari virus yang didapatkan, melainkan ada resiko iritasi kulit yang mungkin dapat terjadi.

Baca juga: Apa New Normal Di Indonesia Akibat Corona Siap Kamu Hadapi? Cek 6 Tips Berikut!

Nah, menyambut new normal ada baiknya kalian mempersiapkan barang-barang apa saja yang harus ada. Tisu basah, hand sanitizer, masker tentu menjadi barang-barang wajib ada yang harus kamu bawa. Tapi ingat tisu basah digunakan sesuai dengan fungsinya yakni untuk membersihkan saja, bukan sebagai masker. Kamu bisa temukan New Normal startec pack promo diskon hingga 30% di Alfacart.com!

Sumber: Alfacart,com

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai masker bedah yang dibuat dari tisu basah, yang ternyata nggak efektif melawan korona dan malah memungkinkan terjadinya iritasi di kulit. Untuk kalian, selalu bijak dalam menerima informasi ya dan semoga sekilas informasi ini bermanfaat!

Baca juga: #OplasChallenge lewat Aplikasi Faceapp yang Lagi Viral, hingga Bahaya Aplikasi Faceapp

BELANJA ONLINE AMAN #DARIRUMAHAJA BERSAMA ALFACART.COM!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here