Apa New Normal Di Indonesia Akibat Corona Siap Kamu Hadapi? Cek 6 Tips Berikut!

Jangan Takut! Menurut Presiden Jokowi, New Normal Di Indonesia Akan Segera Dilaksanakan. Cek Penerapan 6 Tips Berikut Untuk Hidup Normal Baru & PSBB.

new normal di indonesia
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Salah satu poin yang harus kita lakukan untuk bertahan sebenarnya adalah membiasakan diri, belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang tidak biasa kita lakukan sebelumnya. Ya, hadirnya virus COVID-19 di Indonesia telah menghadirkan banyak pengalaman baru bagi kehidupan setiap orang. Hal tersebut semakin dirasakan sejak berlakunya aktivitas #dirumahaja serta PSBB di beberapa daerah yang semakin ketat dengan aturan menjaga jarak.

Namun, apa itu new normal?

New Normal merupakan suatu istilah yang digunakan dalam membuat pola kehidupan yang baru (normal baru) untuk mempercepat penanganan penyebaran virus COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Hal ini tentu menjadi keadaan yang menuntut kita untuk disiplin dan bersiap-siap dengan penerapan dan aturan New Normal yang akan diberlakukan di era pandemi Corona ini.

Baca juga: Bukan Oreo Supreme, Ini Dia Oreo Selection Red Velvet Kaleng Terbaru Harga Cuma 30 Ribuan!

Apa New Normal Di Indonesia Siap Kamu Hadapi? Cek 6 Tips Berikut!

New Normal kapan diberlakukan? Apa New Normal mudah dilakukan? Bagaimana penerapan New Normal di IndonesiaPertanyaan-pertanyaan seperti itu seringkali mengusik pikiran kita yang ingin tahu bagaimana rasanya hidup New Normal. Mungkin, bukan hal yang mudah bagi banyak orang untuk menghadapi perubahan besar dalam hidup mereka.

Oleh karena itu, berikut 6 tips dan aturan New Normal yang dapat kita aplikasikan agar siap menghadapi era pandemi corona New Normal saat ini.

1. Saat Menggunakan Kendaraan Umum

aturan new normal di indonesia
Medical vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Hindari memegang pintu secara langsung tanpa memakai sarung tangan, tetap jaga jarak dengan penumpang lainnya sejauh 1 meter sebagaimana aturan PSBB yang telah berlaku. Jika kamu membawa makanan, pastikan untuk tidak membaginya dengan orang lain dari wadah yang sama, ya! Dan, gunakan waktu dalam perjalanan untuk istirahat dan berdoa.

2. Saat Harus Bekerja Di Kantor

aturan new normal di indonesia
Business vector created by freepik – www.freepik.com

Tetap jaga jarak fisik minimal 1 meter dengan rekan kerja! Sudah saatnya juga untuk kamu selalu rajin menjaga kebersihan area kerja dan lakukan disinfeksi berkala. Jika kamu ingin meludah, batuk, atau bersin, gunakan tisu bersih untuk menutup hidung dan mulut lalu bungkus tisu bekas ke dalam plastik sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup. Oh ya, sebaiknya tempat kerjamu memiliki ventilasi yang baik ya!

3. Pulang Ke Rumah Setelah Bepergian

aturan new normal di indonesia
People vector created by freepik – www.freepik.com

Lepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah, semprotkan disinfektan dan juga pada peralatan lain yang digunakan dan pakaian. Sebaiknya kamu jangan langsung menyentuh apapun sebelum mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Letakkan pakaian kotor ke dalam tempat cucian yang tertutup. Langsung mandi sebelum bersantai dan bercengkerama dengan keluarga.

4. Saat Harus Makan Di Luar

new normal di indonesia
Food vector created by pch.vector – www.freepik.com

Sebenarnya lebih aman jika kamu sudah membawa bekal sendiri dari rumah. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya kamu memilih tempat makan yang bersih dan tetap jaga physical distancing. Perhatikan juga, penjual makanan mengenakan masker dan sarung tangan. Pastikan untuk selalu cuci tangan dan pilih makanan yang baru dimasak, hindari gorengan berwarna gelap dan sayur yang kelihatan sudah berulang dipanaskan. Hmmm, kamu juga bisa membungkus makanan dan menikmatinya saat pulang.

5. Saat Belanja Online Bersama Alfacart.com

aturan new normal di indonesia
People vector created by pch.vector – www.freepik.com

Alfacart.com selalu memastikan keamanan dan kesterilan produk yang dijual karena setiap petugas bagian produk dan pengiriman barang selalu diperhatikan kesehatannya. Jika ingin membeli produk pangan, pilihlah produk yang terkemas. Jangan ragu juga untuk menanyakan kepada penjual terkait informasi kemasan, label, izin edar Badan POM/PIRT, dan waktu kadaluwarsa.

Saat paket sampai di rumah, pastikan paket tidak sobek. Hindari kontak langsung dengan kurir, gunakan masker dan sarung tangan, serta semprotkan paket dengan disinfektan. Segera pindahkan isi paket ke wadah bersih dan buang segera kemasan paket pada tempat sampah tertutup.

6. Yang Penting, Tetap Jaga Daya Tahan Tubuhmu Saat Melakukan Apapun

new normal di indonesia
City vector created by pch.vector – www.freepik.com

Agar tubuh tetap sehat dan terlindungi dari dalam, kamu harus memperhatikan konsumsi makanan yang aman dan bergizi, minum air putih 8 gelas per hari, rutin olahraga 30 menit per hari, miliki kualitas tidur yang cukup 7-9 jam, dan konsumsi suplemen bila perlu. Selalu biasakan diri juga untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau gunakan hand sanitizer. Eits, jangan lupa ya untuk selalu gunakan masker agar kamu terhindar dari penyebaran virus corona.

New Normal di Indonesia? Aku siap!

promo new normal alfacart

Baca juga: 5 Rekomendasi Film 2020 Terbaik untuk Menemani Work from Home

belanja online aman #darirumahaja bersama alfacart.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here