Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Sebagai Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Tahukah Bunda, pada perkembangan bayi usia 3 bulan, si kecil sudah mampu untuk membalik badannya, alias tengkurap. Bahkan, saat ia tengah asik tengkurap, ia turut mengangkat kedua tangan dan kakinya, menjadikan perutnya sebagai penyangga. Pada masa ini, si kecil juga mulai belajar untuk menunjukkan perasaannya, seperti tersenyum, tertawa, dan rasa tidaksuka.

Supaya si Kecil cepat mahir tengkurap dalam masa perkembangan bayi usia 3 bulan, Bunda bisa meletakkan perutnya di atas perut Bunda. Atau Bunda bisa mencoba tiduran di samping si kecil dengan posisi tengkurap. Cara ini mampu merangsang si kecil untuk bisa tengkurap karena menirukan Bunda. Beberapa ahl imengatakan bahwa melakukan baby spa juga mampu membuat bayi lebih cepat mahir tengkurap.

Saat merasa senang, si kecil akan menunjukkannya dengan mengeluarkan kata-kata atau gumaman, seperti es, th, ef, dan we. Mungkin Bunda bisa menstimulusnya dengan mencoba menirukan suara-suara tadi, dan si kecil pun akan kembali menirukan suara Bunda. Ketika si kecil telah memasuki masa perkembangan bayi usia 3 bulan ini, Bunda bisa mengenalkannya pada bermacam suara lain, seperti suara televisi, radio, gemerincing mainan, dan bunyi-bunyi yang lain, dan lihat reaksi si kecil denga nbunyi-bunyian tadi.

Tips Penting untuk Bunda ketika Memasuki Masa Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Pertama

Memasuki masa perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan, Bunda sudah bisa melatih keberanian dan kemandiriannya dengan membiasakannya tidur di kamarnya sendiri. Hal ini juga bisa membuat si kecil tidak manja, sekaligus memberikan waktu yang lebih banyak untuk Ayah dan Bunda.

Bunda bisa menata kamar si kecil dengan warna-warna yang terang, tapi lembut dan menghadirkan suasana nyaman untuk si kecil. Bunda juga bisa memasang dua lampu di kamar si kecil, lampu terang untuk si kecil bermain dan lampu temaram untuk si kecil beristirahat.

Memang, bukan hal mudah melatih si kecil untuk bisamandiri. Namun, Bunda tak perlu buru-buru. Bunda hanya perlu terus membiasakannya setiaphari. Jika si kecil masih saja menangis ketika Bunda menaruhnya di boks bayi setelah di gendong, Bunda bisa mengusap-usap kepalanya sembari menanyikan lagu. Kesabaran dan ketelatenan memang menjadi kunci utama untuk bisa membentuk tumbuh kembang anak yang sempurna.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here