Resep Klepon Ketan Pandan & Sejarahnya | Viral Kue Klepon

Kue klepon saat ini sedang viral dan banyak dibicarakan di berbagai media sosial karena disebut-sebut “tidak islami”. Bagaimana sebenarnya asal mula, resep klepon, dan cara membuatnya? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

klepon pandan islami
Sumber: Cookpad

Sejarah Klepon

Belakangan ini, kue klepon ramai diperdebatkan di media sosial mengenai klepon islami dan klepon tidak islami. Hal tersebut bermula dari sebuah postingan yang menyebutkan “Kue klepon tidak islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami…”.

Padahal, “klepon tidak islami” adalah ungkapan yang tidak berdasar. Kue klepon adalah jajanan tradisional Indonesia yang memiliki kisah sejarah tersendiri. Menurut buku “Kue Basah & Jajan Pasar” karya Yuyun Alamsyah, kue klepon merupakan penganan yang dibagikan kepada kerabat yang menderita udunan  atau bisul agar segera sembuh.  Gula merah yang keluar saat menggigit klepon melambangkan bisul yang telah pecah. Unik ya?

Menilik lebih jauh lagi, menurut sejarawan Heri Priyatmoko dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, klepon ternyata sudah disebutkan di dalam catatan-catatan serat centhini. Hal tersebut membuktikan bahwa klepon sudah dikenal masyarakat Jawa sejak tahun 1814-1823. Dalam konsep Jawa, kue klepon sering disebut sebagai “adu wedang” atau teman untuk minuman hangat. Karena orang Jawa sering menjual klepon sebagai makanan ringan di pasar tradisional, akhirnya banyak perantau yang membawa klepon ke daerahnya. Kini, kue klepon pun bisa ditemukan dengan mudah di Sumatra, Sulawesi, dan Malaysia dengan nama onde-onde. Kue ini juga terkenal di Belanda berkat imigran Indonesia yang membawanya pada tahun 1950-an.

Baca Juga: TikTok Viral: Kumpulan Video 15-Minutes Oil Cleansing Challenge & Faktanya

Hingga kini, terdapat beragam jenis klepon yang tersebar di Indonesia. Jenis klepon tersebut dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Ada klepon ubi ungu, klepon ketan pandan, klepon singkong, klepon labu kuning, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis klepon yang paling mudah ditemukan adalah klepon ketan pandan. Jika kamu tertarik untuk membuat dan mencicipinya, simak resep klepon / cara membuat klepon berikut ini.

Resep Klepon Ketan Pandan

Bahan:

250 gr tepung ketan
10 gr tepung beras
1/4 sdt garam
secukupnya Air
Pasta pandan secukupnya/endapan jus pandan
1 lbr daun pandan simpulkan
Isian: gula merah iris tipis
Kelapa parut
14 sdt garam
1 lbr daun pandan

Beli Bahan-Bahan Klepon Di Sini

Cara Membuat:

  • Campur kelapa parut & garam ke dalam wadah, aduk rata.
  • Tambahkan daun pandan, lalu kukus selama 10 menit. Angkat dan sisihkan.
  • Siapkan wadah kedua. Campurkan tepung ketan dan tepung beras, lalu tambahkan pasta pandan dan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk dan diperoleh warna yang diinginkan.
  • Bentuk adonan tersebut menjadi bulat, lalu pipihkan dan isi dengan gula merah, kemudian bulatkan kembali. Ulangi terus sampai adonan habis.
  • Siapkan air mendidih dan daun pandan di dalam panci. Masukkan bola-bola klepon ke dalamnya dan masak hingga klepon mengapung.
  • Setelah klepon mengapung, angkat dan gulingkan ke dalam parutan kelapa yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Kue klepon siap disajikan.

(Sumber resep: Hanindya)

Setelah mengetahui sejarah kue klepon, semoga kita bisa lebih bijak dalam menyikapi isu yang ada, ya. Jangan lupa juga untuk mencoba resep klepon ketan pandan dan ceritakan hasilnya di kolom komen. We want to hear more from you! 😉

BELANJA ONLINE #DARIRUMAHAJA BERSAMA ALFACART.COM!   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here