Review Film Danur 3: Sunyaruri, Layakkah jadi Kisah Penutup Risa Saraswati?

Review film Danur 3: Sunyaruri, Lanjutan film Danur: I Can See Ghosts dan Danur 2: Maddah. Layakkah jadi kisah penutup Risa Saraswati?

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Penggemar film yang diangkat dari novel kisah Risa Saraswati, tentu antusias dengan kehadiran film Danur 3: Sunyaruri. Lanjutan dari film Danur: I Can See Ghosts dan Danur 2: Maddah ini masih menceritakan kisah indigo Risa Saraswati bersama dengan teman-teman hantu ciliknya. Film ketiga produksi dari MD Pictures ini juga masih berasal dari novel Danur Risa Saraswati berjudul sama. Film ini mulai tayang serentak di bioskop-bioskop Indonesia pada Kamis 26 September 2019.

Film Danur: I Can See Ghosts dan Danur 2: Maddah, berhasil meraup sukses masing-masing 2,7 juta penonton dan 2,5 juta penonton. Meski belum terkonfirmasi secara langsung, namun banyak pihak menyebut film yang diangkat dari novel Sunyaruri ini akan menjadi akhir dan penutup film dari kisah indigo Risa Saraswati. Penasaran bagaimana akhir kisah Risa Saraswati? Simak review film Danur 3: Sunyaruri berikut ini.

Review Film Danur 3: Sunyaruri

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Prilly Latuconsina masih dipercaya memerankan tokoh Risa Saraswati untuk ketiga kalinya di film ini. Pemeran adik Risa, yakni Riri juga masih diperankan oleh Michelle Sandrina. Jika di dua film sebelumnya, Risa dihadapkan dengan hantu Asih dan Elizabeth, bagaimana dengan di film ketiga ini?

Improvisasi yang Membuat Alur Cerita Tak Tertebak

Meski ketiga film Danur ini sama-sama berasal dari novel karya Risa Saraswati, namun hal berbeda dirasakan untuk film ketiga ini. Kisah Risa Sarasawati bersama sosok hantu Asih dan kisah pamannya yang ditaksir oleh hantu Belanda cantik sudah cukup banyak melekat, sehingga saat dituangkan dalam bentuk film, tak banyak perubahan yang signifikan.

Untuk novel ketiganya sendiri, sebenarnya ada cukup banyak tokoh hantu yang diceritakan oleh Risa, mulai dari Elsja, Toro, hingga sosok Kartika. Namun, hanya sosok Kartika yang dimunculkan dan sekelibat sosok Canting yang dimunculkan di awal-awal cerita. Siapa sosok Kartika dan bagaimana cerita hidupnya tak kita temukan di film Danur 3: Sunyaruri ini. Tapi, akan ada kejutan lain mengenai alur cerita yang cenderung tak terduga.

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Jump Scare & Sosok Hantu yang “Disembunyikan”

Sebenarnya sosok Kartika sendiri sudah cukup sering disebut dalam tayangan Vlog Jurnal Risa. Tapi, seperti apa gambaran sosoknya, tak banyak kita jumpai. Melalui official trailer & poster Danur 3, sosok hantu Kartika sendiri tak banyak muncul. Sekalinya pun muncul hanya dari sisi belakang ataupun di saat yang sedang gelap, sehingga tak terlalu terlihat. Hasilnya, sosok Kartika berhasil menjadi ‘surprise’ tersendiri dalam film ini.

Dari segi jump scare, rasanya yang satu ini memang selalu melekat di film horor Indonesia. Begitu pun di film Danur ketiga ini. Di bagian awal, banyak adegan-adegan yang seolah memberikan clue kepada penonton akan kehadiran jump scare, namun ternyata tidak. Hasilnya, kita akan dihadirkan salah satu jump scare yang cukup oke di pertengahan film. Penasaran jump scare apa? Clue-nya adegan ini berhubungan dengan air.

Baca juga: Review Film Makmum The Movie Terbaru 2019, Bikin Jadi Takut Sholat?

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Scoring & Visual yang Naik Kelas

Dibandingkan dengan kedua film sebelumnya, dari segi scoring, visual, efek suara, dan sinematografi bisa dibilang film Danur 3 ini naik kelas. Film Danur Sunyaruri ini jauh lebih mencekam dibandingkan dengan dua film sebelumnya. Banyak adegan-adegan yang dibungkus dengan oke, sehingga cukup melekat dan membuat penonton terbayang-bayang. Satu kekurangannya, kita akan menemukan snap ala Thanos pada film ini yang akan membuat kita cukup mengernyitkan dahi.

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Sisi Lain Risa Saraswati Terkuak, namun Endingnya…

Punya kelebihan melihat hantu itu ternyata tak “seseru” bayangan orang-orang. Sering dianggap aneh, hingga dijauhi orang-orang, menjadi alasan Risa Saraswati ingin menutup gerbang dialog Danur dan hidup normal layaknya manusia biasa. Sisi personal Risa ini yang mungkin menjadi salah satu poin spesial di film Danur 3 ini, yang tak kita temukan banyak pada film dan novel sebelumnya. Belum lagi adanya kisah cinta Risa dengan Dimas hadir sebagai pemanis di film ini.

Digadang-gadang menjadi seri penutup film Danur, sayangnya ending dari film ini terkesan kurang klimaks dan kurang greget. Adegan akhirnya cenderung membuat kita berpikir, “oh, semudah itu selesainya?”. Keseruan alur cerita dari awal hingga tengah cerita, sayangnya tak diimbangi pada bagian tengah hingga akhirnya. Banyaknya konflik di awal, seakan diselesaikan begitu saja dengan cepat di bagian akhir karena durasi. Jika benar Danur 3 ini menjadi penutup, sayang sekali bagian akhirnya tak meninggalkan kesan memorable.

Review Film Danur 3
Sumber: Youtube MD Pictures

Itu tadi review film Danur 3: Sunyaruri yang saat ini sudah tayang di seluruh bioskop Indonesia. Untuk kalian yang penasaran langsung aja datang ke bioskop kesayangan kalian. Supaya nggak terlalu shock, ada baiknya kalian tonton dulu nih official trailer-nya, supaya kalian siap “bertemu” dengan sosok Kartika!

Baca juga: Channel Youtube Horor Indonesia 3 Terbaik Ala Alfacart, Paling Merinding!

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here