Review Film Makmum The Movie Terbaru 2019, Bikin Jadi Takut Sholat?

Jadi Takut Sholat Setelah Menonton Film Horor Indonesia Terbaru Satu Ini? Merinding Sih! Yuk, Simak Review Film Makmum The Movie Berikut Ini!

Review Film Makmum Terbaru 2019

Apa yang ada dalam pikiranmu saat melihat tayangan gambar di atas?

Ya, Makmum The Movie, salah satu film horor Indonesia terbaru yang akhir-akhir ini sudah mencuri banyak perhatian masyarakat. Diangkat dari film pendek yang berhasil dimenangkan pada tahun 2016 lalu oleh penulisnya yaitu Reza Pahlevi. Film pendek dengan judul yang sama dan sudah disaksikan lebih dari 19 juta kali di Youtube ini telah mendapatkan penghargaan Best Horror di HelloFest, Direction Special Mention dalam The Crappy International Movies in Sueca di Spanyol. Tidak hanya itu, pada tahun 2017 film ini bahkan juga memperoleh penghargaan Best Ideas Film and Audience’s Favorit di Salatiga Film Festival dan sederet penghargaan lainnya.

Pada tahun 2019 ini, film pendek Makmum tersebut sudah dikembangkan menjadi sebuah film layar lebar yang banyak mendapat respon dari masyarakat. Beberapa pemikiran ada yang berpendapat, apakah film bioskop Makmum tersebut hanya akan membuat jalan cerita yang bertele-tele demi untuk memanjang-manjangkan film pendek yang telah dibuat dalam durasi sekitar 7 menit. Namun, Hadrah Daeng Ratu, sang sutradara dari film ini nampaknya berhasil menumpas pemikiran tersebut. Bahkan, ia berhasil membawa Titi Kamal untuk pertama kalinya bermain dalam film horor. Jadi, yuk simak Review Film Makmum berikut ini.

Lihat film pendek Makmum 2016 di sini!

Review Film Makmum The Movie Terbaru 2019

Review Film Makmum Terbaru 2019

“MAKMUM MOVIE”

Pemain: Titi Kamal, Ali Syakieb, Tissa Biani, Adila Fitri, Bianca Hello, Jajang C. Noer, Renny Yuliana, Arief Didu
Produser: Dheeraj Kalwani
Sutradara: Hadrah Daeng Ratu
Penulis: Alim Sudio, Vidya Talisa Ariestya
Produksi: Dee Company, Blue Water Films
Durasi: 95 menit

Review Film Makmum – Makmum merupakan sebutan untuk mereka yang melaksanakan sholat secara berjama’ah dan bertindak sebagai anggota (yang dipimpin). Begitu pun penampilan hantu yang diberikan dalam film ini. Sebuah kisah kehidupan anak-anak gadis remaja yang tinggal bersama di suatu Asrama Putri Citra, namun mendapatkan perlakuan yang tidak layak oleh kepala yayasan serta selalu diganggu oleh makhluk halus yang mereka beri nama hantu makmum karena selalu mengganggu di setiap kali mereka sholat. Bahkan, teror dari hantu tersebut selalu muncul kapan saja, baik di siang dan malam hari.

Ketika itu, Nurul (Tissa Bianni) sedang menjalankan sholat malam, namun ia merasa ada yang mengikutinya sebagai makmum di belakang. Anehnya, ia tidak menemukan siapapun di belakangnya, justru malah melihat Putri (Adila Fitri), teman sekamarnya yang sedang kesurupan. Bukan sekali, dua kali, Putri mengalami kesurupan. Sejak kehadirannya di Asrama tersebut, ia selalu saja dirasuki oleh makhluk tersebut. Sayangnya, keanehan yang selalu dialami tiga gadis remaja ini tidak pernah dipercayai oleh Rossa (Renny Yuliana) si kepala yayasan. Bu Kinanti (Jajang C. Noer) dan Pak Slamet (Arief Didu) yang sudah lama mengurusi yayasan ini sebenarnya sudah ingin menceritakan rahasia asrama ke Rossa, namun Rossa terlalu egois selama memimpin asrama.

Suasana berubah sejak kehadiran Rini (Titi Kamal) yang merupakan alumni dari Asrama tersebut. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Rini-lah pemain utama dari film ini, namun tidak lama dari kehadirannya, sebenarnya penonton sudah bisa menebak siapa yang menjadi hantu makmum tersebut, meski belum terungkap. Kehadirannya sangat membantu ketiga gadis remaja tersebut dan bersama mereka menghadapi ketakutan yang mereka alami. Belum lagi, Rini sebelumnya bekerja sebagai pengurus jenazah. Selain itu, Bu Kinanti ternyata juga sudah lama mencarinya selama ini.

Perlu diakui, berbeda dari film horor Indonesia biasanya, Makmum layak dijadikan salah satu film horor Indonesia terbaik yang membawa suasana menyeramkan sangat mencekam. Bahkan, dalam film tersebut, kami mendapati tiga adegan super horor yang berhasil bikin penonton loncat dari bangku bioskop hingga merinding ketakutan. Tiga adegan tersebut diantaranya yang berhubungan dengan lemari, kejadian Nisa saat di dalam kamar mandi, serta Ustad Ganda (Ali Syakieb) yang menceritakan pengalamannya saat sholat. Dari ketiga adegan itu, nampaknya kejadian di lemari paling memorable.

Berhasil Menciptakan Suasana Yang Mencekam

Film yang hanya berdurasi 95 menit tersebut, benar-benar dikemas secara maksimal dan berkesan. Namun, cukup disayangkan karena penampilan Titi Kamal sebagai peran utama kurang menonjol. Bahkan, bisa dilihat sepanjang film, ia tidak terlihat begitu takut. Untungnya, meski dengan peran minor, Jajang C. Noer bisa total menggambarkan ketakutan dan kekhawatirannya, bahkan tanpa mengeluarkan suara. Permainan mimik muka ini yang sayangnya tidak terlihat dari Titi Kamal dan Ali Syakieb. Justru para aktris muda seperti Tissa Biani, Bianca Hello, dan Adila Fitri-lah yang berhasil menghidupkan cerita dan suasana film dengan baik.

Sepanjang film, penonton akan berkali-kali mendengarkan teriakan hantu yang sangat mengerikan. Ditambah saat mengikuti orang yang sedang sholat, perasaan merinding dan terkejut dapat datang begitu saja membayangkannya. Komplit dengan efek suara yang pas. Tempat yang digunakan untuk syuting pun ternyata merupakan bekas rumah sakit dan ruangan tempat Ustad Ganda menjalankan shalat adalah bekas ruang jenazah. Selain perasaan mencekam, penonton juga dapat mengambil nilai-nilai agama yang baik dari film ini.

Jalan Cerita Umum dan Mudah Ditebak

Bukan hal biasa jika sebuah film horor berisikan tentang dendam, kecelakaan di masa lalu, dan berbagai penyebab lainnya yang membuat hantu muncul dan mengganggu kehidupan manusia. Begitu pun jalan cerita dalam film Makmum. Jika kamu dapat menyaksikan film ini dengan jeli, kamu dapat meringkas ceritanya sendiri tanpa harus menunggu sampai akhir. Beberapa kode jelas ditunjukkan melalui kata-kata atau visual yang disampaikan. Mulai dari hilangnya seorang tokoh dan penampilan Titi Kamal yang sulit dijelaskan di awal, seolah dirahasiakan. Nampaknya semua hal itu memang ingin dijelaskan saat menuju masa klimaks.

Beberapa kejanggalan dalam film ini juga tidak bisa diabaikan. Mulai dari asal usulnya pertemuan Rini dengan Pak Slamet, pintu terkunci yang mudah dibuka saat Putri kerasukan, dan yang membuat penonton bertanya-tanya, kenapa Rossa tidak pernah diganggu dari awal. Klimaks yang disajikan pun cukup klise. Sebagai penonton, kamu pasti berharap lebih dari apa yang ditayangkan. Karena cara menyelesaikan masalah yang tidak berbeda dari film horor biasanya.

Baca juga: Channel Youtube Horor Indonesia 3 Terbaik Ala Alfacart, Paling Merinding!

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

1 COMMENT

  1. […] Baca juga: Review Film Makmum The Movie Terbaru 2019, Bikin Jadi Takut Sholat? […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here