Bijak Update Kata-kata Positif di Status Media Sosial

Saatnya untuk menjadi bijak saat ingin update status di media sosial dengan kata-kata positif!

Bijak Membuat Kata-kata Saat Update Status di Aplikasi Media Sosial – Teknologi semakin canggih, perubahan bentuk kehidupan masyarakat pun semakin mengikuti. Terutama dalam hal berkomunikasi. Di zaman saat ini, siapa yang belum pernah mendengar kalimat “Yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh”. Sepenggal kalimat ini seringkali terdengung efek melihat perubahan gaya hidup manusia di zaman milenial saat ini yang terlihat mulai lebih sering memperhatikan ponsel mereka dibandingkan orang-orang yang sedang berkumpul dengan mereka.

Perkembangan dalam dunia komunikasi yang sangat membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari ternyata tetap memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Menguntungkan untuk menciptakan peluang yang memberi dampak positif maupun juga dapat merugikan dan membuat masalah bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya jika memang tidak digunakan secara bijaksana. Penggunaan media sosial atau yang biasa disebut sosmed dalam sebutan sehari-hari dan beragam aplikasi terbaru yang sedang update di tahun 2018 ini sangat mudah dijadikan media untuk menyampaikan berita maupun aspirasi masyarakat yang dilakukan secara terbuka, global, dan mudah viral.

Menurut Wikipedia, media sosial sendiri memiliki pengertian, yakni sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Kemudahan tersebut tentu saja dibutuhkan kebijaksanaan pengguna aplikasi sosmed dalam memperhatikan setiap posting atau update status dalam bentuk kata-kata, musik, gambar, ataupun video yang dapat memberikan peluang dan dampak positif bagi setiap penerima pesan yang mereka ciptakan. Adapun aplikasi sosial media terbaru tahun 2018 ini dan viral di kalangan masyarakat indonesia, diantaranya instagram, facebook, path, WhatsApp, dan BBM.

Agar media sosial kita dapat menciptakan peluang dan dampak yang positif bagi banyak penerima, yuk kita simak tipsnya di bawah ini dan mau menjadi bijak membuat kata-kata saat update status di aplikasi media sosial.

  • Bedakan urusan personal dengan urusan profesional. Coba tanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi motivasi anda saat mengetik kata-kata pada kolom status media sosial anda? Karena menjadi bijak adalah menjadi orang yang mampu membedakan mana hal yang perlu diketahui banyak orang dan tidak. Jika memang ada hal personal yang justru bisa menjadi bumerang tidak baik setelah anda update status, segera hentikan karena dapat merepotkan anda sendiri juga.
  • Update status sesuai fakta. Penting banget nih untuk memberikan info yang sesuai dengan fakta yang telah teruji kebenarannya karena dapat menjadi pengetahuan bagi mereka yang membaca status media sosial anda. Selain mereka yang merasa senang karena mendapatkan pengetahuan baru, seharusnya anda juga senang karena memberikan pengaruh yang baik dan membangun bagi orang lain, bahkan yang tidak anda kenal. Cari informasi sebanyak-banyaknya, saring dan uji, hingga anda tahu itu benar dan layak dibagikan. Anda juga perlu menyantumkan sumber informasi yang anda dapatkan.
  • Tidak menggunakan kata-kata yang mengandung unsur provokasi. “Damai itu indah”, sungguh menyayangkan jika tiga kata ini hanya indah sebagai tulisan dan tidak diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Menjaga kedamaian adalah tanggung jawab setiap orang untuk menciptakan kelompok yang penuh dengan rasa peduli satu sama lain dan mau menghargai perbedaan yang seringkali menjadi pemicu suatu masalah terjadi. Maka dari itu, menjadi bijak membuat kata-kata saat update status di aplikasi media sosial perlu diperhatikan.

Jadi, mari menjadi bijak membuat kata-kata saat update status di aplikasi media sosial! Anda bisa mulai menyalin kata-kata mutiara para penulis terkenal atau berita yang benar agar menciptakan peluang atau dampak yang positif bagi banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here