Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus: Spesifikasi, Fitur, dan Harga Resminya di Indonesia

Samsung Galaxy S8 segera hadir di Indonesia, Alcartian! Pada 29 Maret 2017 lalu Samsung telah melakukan launching Galaxy S8, tepatnya di launch event Galaxy Unpacked 2017 “Unbox Your Phone” yang disiarkan langsung di David Geffen Hall – Lincoln Center kota New York, Amerika Serikat. Penasaran dengan fitur, spesifikasi, dan harga Samsung Galaxy S8? Simak ulasannya di bawah ini.

Presentasi DJ Koh

Smartphone Misterius Itu bernama S8 dan S8 Plus

S8 dan S8+ pun di-unpacked oleh DJ Koh, selaku presiden Samsung Mobile. Mungkin beberapa gadget-addict dan fans Samsung sudah bisa menebaknya dari rumor dan bocoran-bocoran yang beredar di internet. Acara ini juga sudah menjadi “pola” pemasaran Samsung tiap tahunnya dalam meluncurkan smartphone flagship mereka.

Suksesor dari Samsung Galaxy S7 dan S7 edge

“Suksesor” haruslah memiliki inovasi dan memiliki kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya, bukan begitu? Dalam hal ini Samsung telah melakukan perubahan pada penamaan yang dipakai pada produknya: mengganti “edge” dengan “plus”, memiliki spesifikasi yang “lebih”, fitur dan aksesoris “baru”, serta desain yang terlihat “luas” (akan dibahas lebih lanjut di bawah).

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Samsung Galaxy S7 atau S7 Edge

Infinity Display: layar luas, lebih puas!

Pertama-tama: S8 dan S8+ adalah smartphone (non-tablet) flagship “terbesar” Samsung. Dengan layar 5,8″ pada S8 serta 6,2″ pada S8+, Samsung mengklaim meskipun lebih besar dibanding seri-seri sebelumnya (bahkan lebih “besar” dari seri Galaxy Note), S8 dan S8+ akan tetap nyaman digenggam oleh penggunanya.

Ukuran LayarKedua versi S8 juga telah dibekali layar melengkung seperti pada seri “edge” sebelumnya. Ini juga merupakan alasan kenapa Samsung menggunakan nama “plus” untuk versi lebih jumbonya, bukan “edge”.

Infinity DisplayKemudian seperti biasa Samsung juga memberikan video “perjalanan” produknya itu. Yang pada akhirnya kita bisa lihat desain terbarunya, dengan bezel atau pinggiran yang semakin tipis, sehingga menampilkan layar yang lebih “luas”. Samsung menyebutnya “Infinity Display”.

Layar Gorilla Glass 5 ini diklaim menampilkan warna yang lebih cerah dan memiliki sertifikasi Mobile HDR Premium, sehingga menonton konten/video HDR akan lebih memuaskan. Teknologi layar andalan Super AMOLED ala Samsung juga telah terbukti membuatnya lebih tajam dan hemat energi. Menariknya, layar pada S8 dan S8+ juga akan digunakan sebagai pengganti tombol navigasi yang biasanya terletak di bawah layar. Samsung menyebut teknologi terbarunya ini “invisible home button”.

5 Warna Galaxy S8Ada 5 warna yang tersedia

Ada 5 warna yang tersedia saat ini: midnight black, arctic silver, maple gold, coral blue, dan orchid gray. Di Amerika, hanya akan ada 3 warna yang dijual di pasaran. Begitu pun di Indonesia. Warna favorit kamu yang mana, Alcartian? 🙂

Yang baru di hardware

Kamera depan mendapatkan upgrade 8 megapiksel dan dilengkapi dengan sensor auto-focus dan deteksi wajah. Multi-frame processor terbaru yang disematkannya juga membantu untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam.

Iris ScannerUrusan keamanan, Samsung tetap akan menggunakan sensor sidik jari atau fingerprint – namun kali ini diletakkan di bagian belakang. Karena, pada bagian depan telah dipasang sensor iris scanner: buka kunci smartphone-mu cukup dengan mata! Canggih banget kan?

Di sisi performa, terdapat peningkatan 10% pada CPU dan 21% pada GPU atau performa grafis. Nge-game makin enteng!

Fungsi BixbyKenalin Bixby: asisten canggih di HP Samsung

Bixby adalah Artificial Intelligence  (AI) atau Kecerdasan Buatan Samsung. Bixby pertama kali disematkan pada smartphone flagship terbarunya ini. Bixby akan membantu pengguna dalam menggunakan smartphonenya sehari-hari seperti saat melakukan pencarian dan melakukan otomatisasi. Singkatnya, mirip Siri milik Apple dan Google Assistant!

Samsung DeXSamsung DeX: ubah smartphone kamu jadi komputer!

Ini juga fitur yang keren. Fitur Samsung Dex memungkinkan handphone S8 dan S8+ kamu menjadi komputer! Cukup sambungkan smartphone kamu ke perangkat eksternal seperti TV atau monitor; kamu bisa buka dan tulis email, copy paste file, upload dan download file, dan browsing internet seperti saat menggunakan komputer. Jangan lupa sertakan keyboard dan mouse untuk melengkapi pengalaman kamu menggunakan fitur ini.

Teknologi Virtual Reality dan 360 terbaru

Salah satu misi Samsung adalah memberikan pengalaman VR untuk semua orang; yang lebih terjangkau. Maka dari itu Samsung memperkenalkan Gear VR atau perangkat Virtual Reality terbarunya. kini, perangkat tersebut hadir dengan controller yang dapat membaca gerakan pengguna! Gear VR terbaru ini pun mendukung lebih banyak konten seperti game-game terbaru yang mewajibkan pengguna menggunakan controller saat bermain VR.

Aksesoris Gear VR dan Gear 360 terbaru

Perangkat video 360-nya; Gear 360 juga diupgrade dan telah mendukung video 4K. Gear 360 terbarunya ini juga dapat melakukan live streaming di media sosial dengan HP atau komputer kamu. Biar makin eksis!

Gear VR dan Gear 360 terbarunya ini juga akan launch segera…

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

Spesifikasi S8 S8 Plus
Layar 5,8″ Super AMOLED Infinity Display, 570ppi, 2960×1440 6,2″ Super AMOLED Infinity Display, 529ppi, 2960×1440
Dimensi 14,89 x 6,81 x 0,8 cm, 155g 15,95 x 7,34 x 0,81 cm, 173g
Prosesor Exynos Octa Core 2.35 GHz + 1.9 GHz Quad Exynos Octa Core 2.35 GHz + 1.9 GHz Quad
RAM 4GB 4GB
Memori Internal 64GB, Eksternal hingga 256GB Internal 64GB, Eksternal hingga 256GB
Kamera Belakang 12MP, OIS, F1.7, Depan 8MP, auto focus, F1.7 Belakang 12MP, OIS, F1.7, Depan 8MP, auto focus, F1.7
Baterai 3.000mAh non-removeable 3.500mAh non-removeable
Koneksi 4G LTE Cat. 16, Bluetooth 5.0, WLAN WiFi a/b/g/n/ac, USB type-C, port audio 3.5mm 4G LTE Cat. 16, Bluetooth 5.0, WLAN WiFi a/b/g/n/ac, USB type-C, port audio 3.5mm
Proteksi Gorilla Glass 5, IP68 (tahan air & debu) Gorilla Glass 5, IP68 (tahan air & debu)
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat Android 7.0 Nougat
Sensor & Fitur Lainnya Wireless charging, NFC, MST, sensor sidik jari/fingerprint, iris scanner, gyroscope, proximity, accelerometer, barometer, compass, SpO2 & heart rate sensor Wireless charging, NFC, MST, sensor sidik jari/fingerprint, iris scanner, gyroscope, proximity, accelerometer, barometer, compass, SpO2 & heart rate sensor

Saran kami, kamu nggak usah pusing pilih antara S8 dengan S8+, karena spesifikasi dan fitur keduanya hampir sama. Ya, perbedaan S8 dengan S8+ hanya terdapat pada ukuran layar dan baterai! Baterai yang lebih besar pada S8+ adalah penyesuaian dari daya dan ukuran layarnya yang lebih besar juga. Jadi dalam hal performa, harusnya hampir sama ya.

Baca juga: Tonton Live Streaming Samsung Galaxy Unpacked 2017 di Sini!

Kapan S8 release di Indonesia?

Pada acara Samsung Galaxy Unpacked 2017 disebutkan tanggal rilis 21 April, 2017 di Amerika Serikat. Tapi tunggu dulu…

Launch S8 release

Di Indonesia sendiri, pre-order S8 dan S8+ akan dilakukan lebih awal, tepatnya pada awal bulan April 2017! Tunggu tanggal mainnya sebentar lagi, Alcartian. 🙂

Harga S8 dan S8 Plus

Sedikit bocoran: Samsung Galaxy S8 akan masuk resmi dan dijual di Indonesia – khususnya di Alfacart.com, dengan harga 10 jutaan dan S8+ dengan harga sedikit di atasnya. Harga yang nyaris sama saat Samsung Galaxy S7 launching di Indonesia!

Kesimpulan kami saat ini…

Seperti yang kita semua duga; di atas kertas – Samsung Galaxy S8 dan S8+ memiliki kombinasi-spesifikasi terbaik di dunia “persilatan” HP Android saat ini. Harganya juga tidak jauh beda dari seri S7 dan bisa dibilang masih sangat masuk akal di kategori smartphone flagship. Plus, fitur-fitur dan inovasi canggih yang “berani” diberikan Samsung – tentunya, membuat Galaxy S8 menjadi rival terberat iPhone 7!

Bagaimana menurut Alcartian? Tertarik beli Samsung Galaxy S8 atau S8 Plus? Nantikan ya awal bulan April 2017; info harga, promo, dan tanggal pre-ordernya di Alfacart.com selaku Official Online Partner Samsung Indonesia. Stay tuned!

Selengkapnya di Live Streaming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here