TikTok Viral: Kumpulan Video 15-Minutes Oil Cleansing Challenge & Faktanya

Video TikTok yang viral selalu menarik untuk dibahas. Kali ini, giliran video 15-Minutes Oil Cleansing dari akun Opulentjade yang sedang ramai di media sosial. Bagaimana cara melakukannya & ada fakta apa saja dibaliknya? Benarkah challenge ini aman untuk kulit? Yuk simak artikelnya sampai habis!

TikTok Viral 15-Minutes Oil Cleansing Challenge
Sumber: The Golden Rx

Apa Itu 15-Minutes Oil Cleansing Challenge?

Challenge yang sedang viral di TikTok ini berawal saat akun Opulentjade membagikan pengalamannya mengangkat komedo menggunakan cleansing oil. Bagian video yang paling membuat heboh warganet adalah saat Adrika (@Opulentjade) menunjukkan kumpulan “oil plugs” yang keluar dari pori-pori wajahnya setelah melakukan cleansing selama 15 menit. ‘Oil plugs’ tersebut tampak lunak, berminyak, dan berwarna kehitaman.

TikTok Viral 15-Minutes Oil Cleansing Challenge
Sumber: Opulentjade

Ternyata, cara mengangkat komedo yang dilakukan Adrika terinspirasi dari sebuah video Youtube berjudul ‘ESTHETICIAN APPROVED: OIL CLEANSING GUIDE FOR ALL SKIN TYPES | ACNE, OILY, DRY, COMBO’ yang diunggah oleh Nayamka Roberts-Smith, seorang aesthetician atau ahli kecantikan dari Amerika. Nayamka menjelaskan di videonya bahwa teknik yang dilakukan oleh Adrika disebut dengan teknik gritting. Dasar teknik tersebut adalah kemampuan minyak dalam melarutkan minyak. Berkat kemampuan tersebut, pembersih wajah berbahan dasar minyak dapat menarik lipid keluar dari dalam pori menuju permukaan kulit. ‘Oil plugs’ yang disebut-sebut Adrika sebenarnya merupakan filamen sebasea atau sebaceous filament yang merupakan salah satu bentuk dari lipid.

Baca Juga: Swatches & Review Emina Magic Potion 02 Sunglow & 04 Sienna, Murah Tapi Mewah!

Jenis Oil Cleanser

Ada 3 jenis oil cleanser yang disebutkan oleh Nayamka, yaitu:

  1. Cleansing Balm
  2. Cleansing Oil
  3. Natural Oil

Ketiga jenis oil cleanser tersebut aman digunakan untuk kulit wajah. Namun hal yang harus diperhatikan adalah cara membersihkannya. Untuk membersihkan Cleansing Balm dan Cleansing Oil, gunakan facial foam atau sabun wajah. Sementara untuk membersihkan Natural Oil, cukup gunakan handuk basah yang sudah diperas. Cara membersihkan oil cleanser yang salah bisa memicu masalah kulit yang lain kedepannya, seperti jerawat atau peradangan.

Beli Cleansing Balm yang Cocok Untuk Kulitmu di Sini

Tidak Boleh Asal Memilih Minyak untuk Oil Cleansing

TikTok Viral 15-Minutes Oil Cleansing Challenge
Sumber: The Golden Rx

Lebih jauh di videonya, Nayamka juga mengingatkan untuk tidak sembarangan menggunakan minyak untuk wajah. Pilihlah minyak yang sesuai dengan tipe jenis kulit. Tipe kulit wajah yang kering cocok menggunakan minyak yang mengandung lebih banyak asam oleat, seperti Avocado Oil, Olive Oil, Sweet Almond Oil, Marula Oil, Argan Oil, Sesame Seed Oil, dan Apricot Oil. Sebaliknya, tipe kulit wajah berminyak lebih cocok menggunakan minyak yang mengandung lebih banyak asam linoleat, seperti Sunflower Oil, Hemp Seed Oil, Evening Primrose Oil, Sea Buckthorn Oil, Grapeseed Oil, Rosehip Oil, dan Black Cumin Seed Oil.

Baca Juga: TORABIKA Gilus Mix Kopi Hitam Anak Muda, Ampasnya Ganggu Gak?

TikTok Viral 15-Minutes Oil Cleansing Challenge
Sumber: The Golden Rx

Tips Menggunakan Oil Cleanser

Last but not least, Nayamka juga kasih 3 tips penggunaan oil cleanser:

  1. Agar oil cleanser bekerja maksimal, gunakan saat kondisi kulit tidak basah.
  2. Pilih oil cleanser yang sesuai dengan jenis kulit.
  3. Lebih baik lakukan oil cleansing pada malam hari.
  4. Jangan terlalu sering! Cukup lakukan 1x/minggu.

Dapatkan Cleansing Oil Favoritmu di Sini

Video Terpopuler 15-Minutes Oil Cleansing Challenge

@opulentjade

@astariririaja
@ainnrauf

Sayangnya, ternyata nggak semua orang cocok dengan challenge viral TikTok ini. Banyak juga warga TikTok yang mencoba dan hasilnya malah memperburuk kondisi kulit. Berikut diantaranya:

@_amels_
@buckleybeth
@tulangrusuqmu
@_dayanafw

Nah, setelah mengetahui fakta di balik tips angkat komedo dengan cleansing oil yang sedang viral di TikTok ini, apakah Kamu masih tertarik untuk mencobanya? Atau justru jadi mikir ulang nih? Share opini dan pengalaman kamu di kolom komentar ya! We want to hear your story 😉

BELANJA ONLINE #DARIRUMAHAJA BERSAMA ALFACART.COM! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here