Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Kulkas

Sudah menjadi hal yang biasa jika Anda sering menyimpan ikan dan bahan makanan lainnya di dalam kulkas bukan? Ikan biasanya meninggalkan bau amis yang membuat kulkas Anda menjadi bau. Selain itu bau amis tersebut juga bisa ‘menular’ ke bahan makanan lainnya. Sehingga setelah selesai memasak si ikan, Anda harus siap untuk menyisihkan waktu dan membersihkan kulkas dari bau amis.

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Kulkas

Bagi anda sulit menghilangkan bau amis pada kulkas, jangan panik! Berikut ini ada cara menghilangkan bau amis di dalam kulkas yang bisa Anda coba di rumah.

Step 1 : Cabut kabel power kulkas terlebih dahulu, setelah itu kosongkan kulkas. Keluarkan semua barang dan bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas Anda yang bau amis. Keluarkan juga rak yang ada di dalam kulkas.

Step 2 : Sediakan mangkuk, isi dengan air hangat dan campurkan baking soda ditambah cairan pencuci piring. Anda bisa gunakan Sunlight Plus Anti Bau yang dikombinasikan dari kekuatan pembersih lemak jeruk nipis dan kandungan teh hijau yang mampu menghilangkan 5 bau tidak sedap seperti bau ikan, udang, bawang, terasi dan gulai, lebih baik dari pencuci piring biasa.

Step 3 : Gunakan spons, lalu celupkan ke dalam larutan yang sudah dibuat tadi dan usapkan ke seluruh permukaan kulkas, termasuk bagian dalam dan juga bagian pintu kulkas. Gunakan lap kering untuk mengeringkan bagian kulkas yang sudah diberi cairan pembersih tadi hingga kering.

Step 4 : Ambil sedikit vanilla dan taburkan ke atas kain lap kering, lalu lap lagi bagian dalam kulkas. Bisa juga dengan meletakkan arang yang dialasi oleh kertas koran dan letakkan di dalam kulkas selama satu harian (semakin lama semakin baik) atau sampai baunya hilang.

Step 5 : Selain itu, ada satu lagi penghilang bau amis yang bisa Anda letakkan untuk menyerap bau tak sedap di dalam kulkas, yaitu kantung teh bekas. Letakkan saja kantung teh bekas dalam piring atau mangkuk, lalu masukkan ke kulkas dan biarkan hingga semua bau tadi diserap oleh si kantong teh bekas. Tutup pintu kulkas untuk beberapa saat sampai kering dengan sempurna.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Kulkas

Nah, setelah Anda sudah mengetahui cara menghilangkan bau pada kulkas ataupun menghindarkan bau amis dari kulkas Anda, kini saatnya kenalan dengan 7 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada kulkas Anda. Apa saja ya?

  1. Baking soda

Selain digunakan untuk memasak, baking soda juga berkhasiat untuk membersihkan peralatan dapur Anda, misalnya membersihkan kerak pada panci ataupun wajan Anda. Ternyata, baking soda punya khasiat lain, yaitu menghilangkan bau pada kulkas Anda, lho! Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan baking soda ke dalam mangkok atau baskom, kemudian letakkan di dalam kulkas. Tutup kulkas, dan dalam beberapa waktu, bau tidak sedap pada kulkas Anda akan hilang.

  1. Vanili

Selain baking soda, satu bahan masakan lagi yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas Anda adalah vanili. Bagaimana cara menghilangkan bau kulkas menggunakan vanili? Mudah saja, Anda hanya perlu membasahi kapas bersih dengan cairan vanili, kemudian meletakannya di kulkas. Dalam waktu 12-24 jam, kulkas Anda akan terbebas dari bau tidak sedap.

  1. Lemon

Buah citrus yang satu ini memang terkenal sebagai buah yang memiliki aroma segar. Selain dinikmati sebagai makanan maupun minuman, buah lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur, lho! Apalagi jika kita menggunakan buah lemon untuk menghilangkan bau amis, wah, ampuh sekali. Buah lemon juga bisa digunakan untuk menyegarkan aroma kulkas Anda. Caranya adalah dengan memasukkan air perasan lemon yang telah diberi wadah ke dalam kulkas, kemudian tutup pintu kulkas dan diamkan selama 30-45 menit. Setelah dibuka, kulkas Anda akan berbau lebih wangi dan segar. Bau tidak sedap pun hilang!

  1. Cuka

Cuka juga berkhasiat untuk menghilangkan bau tidak sedap. Kali ini Anda bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan cuka dengan air hangat. Taruhlah di dalam baskom. Setelah itu, lap bagian dalam dan luar kulkas Anda dengan campuran tersebut menggunakan lap yang bersih. Niscaya, kulkas Anda akan terhindar dari bau tidak sedap.

  1. Bubuk Kopi

Kopi telah dikenal sebagai netralisir bau/aroma. Kopi adalah penyerap bau yang efektif. Ketika Anda pergi ke mal dan ingin mencoba wangi parfum, Anda akan diberi semangkuk kecil bubuk kopi untuk menetralisir bau sebelum Anda mencoba wangi parfum lainnya. Sifat bubuk kopi untuk menyerap bau ini bisa kita aplikasikan untuk cara menghilangkan bau pada kulkas. Caraya mudah, Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di atas sebuah piring kecil, kemudian meletakkannya di dalam kulkas Anda. Biarkan selama 24 jam, maka kulkas Anda akan terhindari dari bau tidak sedap.

Selain memanfaatkan bahan-bahan masakan yang ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari lemari, Anda juga harus memastikan bahwa kebersihan kulkas selalu terjaga. Meskipun kulkas memiliki mekanisme penghilang bau, menjaga kebersihan kulkas tetap penting. Lakukan pembersihan setiap 2 minggu sekali, dan keluarkan semua makanan yang ada di dalam kulkas, agar Anda bisa membersihkan kulkas dengan lebih baik. Pastikan pula suhu kulkas selalu terjaga, dan periksa makanan yang ada di dalam kulkas secara berkala, agar tidak menimbulkan bau busuk di dalam kulkas Anda.

Jika sudah selesai, biasanya si bau amis sudah hilang dan Anda pun bisa kembali menata rak dan meletakkan bahan makanan di dalam kulkas lagi. Cukup mudah dan sederhana untuk menghilangkan bau amis dari dalam kulkas. Jadi, jika kulkas Anda berbau amis gara-gara ikan yang disimpan di dalamnya, coba pakai cara diatas sebagai penghilang bau amis. Selamat mencoba!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here